Pemeliharaan AC Ruangan Agar Awet

Pemeliharaan AC Ruangan – Air Conditioner (AC) adalah sebuah benda atau alat yang berfungsi untuk mengondisikan udara. Bisa dikatakan AC alat yang dipergunakan untuk menyejukan udara. Penggunaan AC dimaksutkan untuk mendapatkan temperature udara yang diinginkan (sejuk atau dingin).
Tidak hanya membuat udara lebih sejuk, AC juga dapat meningkatkan kualitas udara dan dapat mengurangi gejala asma. AC bisa digolongkan sebagai barang yang mewah karena harganya yang cukup mahal dan daya listrik yang dibutuhkan juga besar.
Namun, untuk sebagian besar orang hal ini sudah tidak tergolong sebagai barang yang mewah karena manfaatnya untuk mengatur siklus dan temperatur udara yang memberi efek kenyamanan pada tubuh. Jika ac anda mengalami masalah silahkan kunjungi jasa service ac jogja.

Pemeliharaan AC Sendiri Agar Tetap Awet

AC mempunyai banyak pilihan dari harga dan segi desainya. Sebagai orang yang mandiri anda harus memilih AC dengan desain bagus, efektif dan mudah perawatanya. Terus bagaimana cara merawat AC sendiri? Caranya sangat mudah sekali, mari kita simak langkah-langkah dibawah ini!

1. Bersihkan Saringan Udara

Dalam AC, saringan udara berfungsi untuk menyaring debu supaya tidak menempel dan menyumbat di permukaan evaporator.
Jika debu yang menempel pada saringan udara dan tidak dibersihkan, maka debu tersebut akan menyumbat sehingga udara yang bisa melewati saringan menjadi berkurang dan akhirnya menyebabkan AC menjadi tidak dingin.
Kondisi AC yang kotor dapat membuat sebagian debu masuk dan tersedit kedalam evaporator, kemudian akan menyumbat celah evaporator, menutup permukaan evaporator, dan akhirnya menempel pada kipas pendingin.
Hal ini pasti akan menambah beban kerja dari AC. Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk sering membersihkan saringan udara. Anda tidak perlu menunggu sampai satu bulan sekali, atau bahkan menunggu sampai rusak. Paling tidak, bersihkan setiap 1 atau 2 minggu sekali.

2. Membersihkan Evaparator

Untuk membersihkan evaporator, maka anda harus menguunakan mesin penyedot debu portable. Jika membersihkanya, usahakan jangan menekan mesin sirip evaporator.
Anda cukup mengarahkan vacuum cleaner ke arah evaporator, lalu bersihkan secara bolak balik untuk menyedot debu-debu yang masuk pada celah evaporator.

3. Membersihkan Kipas

Kipas pada AC juga harus sering Anda bersihkan dari debu-debu yang menempel. Hal tersebut akan membuat sirkulasi udara menjadi lebih baik dan kerja AC pun akan menjadi lebih ringan, AC awet dan tetap dingin.
Selain itu akan membuat kinerja kipas pada AC akan menjadi maksimal karena tidak ada kotoran dan debu yang menempel.

4. Menutup Pintu, Jendela dan Ventilasi Saat Menyalakan AC

Jika anda mempunyai kebiasaan membuka pintu dan jendela saat menyalakan AC, waspadalah kebiasaan tersebut hanya akan membuat kompresor AC bekerja lebih ekstra sehingga dapat mengalami kerusakan.
Usahan untuk menutup rapat segala ruangan yang menggunakan AC. Tujuanya adalah supaya AC hanya terfokus untuk mendinginkan ruangan tersebut dan waktu yang dibutuhkan untuk mesin compressor untuk mengkondisikan ruangan tidak terlalu lama.
Cara ini akan meringankan tugas compressor dengan tidak terlalu lama bekerja. Dengan demikian, cara ini dapat mencegah kerusakan dini pada kompresor AC.

5. Hindari Merokok Diruangan Ber-AC

Asap yang dikeluarkan rokok dapat meningkatkan kerusakan pada AC. Jadi cara merawat AC dengan benar adalah dengan tidak merokok diruangan ber-AC.
Asap rokok dapat membuat bagian dalam AC akan lebih kotor dan akan membuat body lebih dekil. Parahnya lagi, kandungan nikotin di dalam rokok dapat mengendap di evaporator sehingga udara yang dikeluarkan dari AC menjadi pengap dan kurang dingin.

6. Gunakan AC Sesuai Kebutuhan

Waktu ideal dalam menggunakan AC adalah 5 jam. Setelah 5 jam digunakan AC sebaiknya dimatikan agar bisa beristirahat. Akan tetapi ada sebagian orang yang menggunakan AC lebih dari 5 jam.
Cara merawat AC yang dipakai lebih dari 5 jam sehari adalah pasang fitur otomatis, fitur yang memungkinkan AC untuk berhenti sejenak dan menyala kembali secara otomatis.D
Demikian adalah informasi tentang pemeliharaan AC ruangan sendiri dengan mudah. Jika AC anda sendang dalam masalah silahkan kunjungi service ac jogja.