Ingin Tahu Pembuatan Kerupuk Sagu? Simak Resep Ini…….

Pembuatan Kerupuk Sagu – Kerupuk umumnya dibuat dari bahan tapioka sebagai sumber pati, air, udang dan bumbu-bumbu. Modifikasi dapat dilakukan pada pembuatan kerupuk sagu dengan menggunakan tepung sagu molat sebagai alternatif pengganti tapioka.

 Pembuatan Kerupuk Sagu

Bahan Pembuatan Kerupuk Sagu

  1. Tepung Sagu.
  2. Udang saih kering.
  3. Bawang Putih.
  4. Garam
  5. Minyak goreng.

Alat Pembuatan Kerupuk Sagu

  1. Panci.
  2. Pisau dan landasan iris.
  3. Penggiling udang.

Pembuatan Kerupuk Sagu

Siapkan Bumbu

Komposisi Bumbu, mulanya sediakan bumbu dengan jumlah sebagai berikut : bawang putih, udang saih kering (sesuai selera), dan garam untuk 1 kg (20 gr) tepung sagu.

  • Bawang putih digiling harus bersama garam.
  • Udang saih kering dijemur atau dikeringkan sampai benar-benar kering (kadar air (6%). Udang dapat juga disangrai sampai kering. Udang yang telah kering tersebut digiling sampai halus berupa tepung udang.
  • Tepung udang dicampur dengan bawang putih. Aduk sampai rata. Campuran adalah bumbu kerupuk.

Pembuatan Biang Kerupuk

  • Pencampuran dengan bumbu kerupuk. Tepung sagu dibagi dua, yaitu 1/3 bagian dan 2/3 bagian. Bagian 1/3 dicampur dengan air dan bumbu kerupuk. Setiap 1 kg tepung sagu dicampur dengan 1,7 liter air. Campuran tersebut diaduk sampai rata.
  • Pemasakan. Campuran di atas dimasak sambil diaduk sampai menjadi lem kental. Hasil pemasakan ini disebut dengan biang kerupuk.

Pembuatan Adonan

  • Pembuatan adonan. Campur biang kerupuk sedikit-sedikit dengan tepung sagu 2/3 bagian, lalu aduk hingga rata sambil diulen sampai jadi adonan yang tidak lengket ditangan.
  • Pembentukan adonan, dibentuk silinder atau seperti dodol.

Pengukusan Dodolan

Dodolan dikukus selama 1-2 jam sampai bagian dalamnya matang. Hasil yang diperoleh disebut dengan dodolan matang.

Pendinginan Dodolan

Pendinginan dodolan, biarkan dodolan 24 jam di suhu ruang atau bisa dimasukan didalam freezer agar dodol mengeras dan mudah dipotong.

Pengirisan dan Pengeringan Kerupuk Basah

  • Dodolan matang keras diiris tipis-tipis (ketebalan 2 mm) dengan pisau atau dengan mesin pengiris sehingga diperoleh kerupuk basah.
  • Anginkan kerupuk basah selama kurang lebih 12 jam, lalu keringkan sampai kadar air berkurang 9-10 liter.

Penyimpanan

Kerupuk kering dapat dikemas di dalam kantong plastik, kotak plastik atau kotak kaleng.

Penggorengan

Kerupuk mentah jadi, dan siap digoreng di minyak panas selama 20 detik. Ingat, hati-hati dalam proses penggorengan, jangan sampai kerupuk gosong. Aturlah suhu panas kompor, usahakan api jangan terlalu menyala besar dan jangan terlalu kecil juga, agar kerupuk matang sempurna.

Baca Juga : Pembuatan Kerupuk Sagu, Usaha Kerupuk Sagu