Analisa Usaha Dan Peluang Usaha Warung Kopi Yang Menggiurkan

Analisa Usaha Dan Peluang Usaha Warung Kopi Yang Menggiurkan – Usaha warung kopi yang ada saat ini tidak bisa dimaksimalkan karena salah dalam persepsi bahwa warung kopi hanyalah menjual kopi di pinggir jalan saja, padahal warung kopi bisa saja di desain sedemikian rupa agar tidak kalah dengan café atau tempat minum kopi bagi kalangan atas.

Biasanya ketika orang mendengar usaha warung kopi, hanya warung kecil saja yang dipikirkan, padahal anda juga bisa membuat warung kopi yang berbeda dengan segudang manfaat dari kopi. Ada banyak jenis kopi yang bisa dijual, tetapi orang-orang kebanyakan hanya menjual kopi biasa saja.

Sebenarnya anda bisa memoles warung kopi menjadi tempat membaca atau tempat bersantai dengan kopi murni dan varian kopi lain nya. Itu adalah salah satu konsep warung kopi yang sebenarnya memiliki daya tarik tersendiri untuk dikunjungi.

Bukan hanya itu saja, ketika berbicara warung kopi tentunya anda tidak hanya bisa menjual kopi yang sudah jadi saja, anda juga bisa menjual kopi dalam bentuk kemasan dengan merk anda sendiri. Menjual kopi bermerk yang dibuat oleh anda sendiri dengan rasa yang khas tentu saja akan membuat pelanggan anda tidak bisa beralih ke kopi lain.

Jadi ketika konsumen ingin minum kopi yang sama seperti di tempat anda, mereka hanya tinggal membuatnya sendiri di rumah asalkan sudah membeli persediaan kopi di tempat anda tersebut.

Bagaimana, apakah anda tertarik untuk menjadi pengusaha kopi dan menjual aneka macam kopi buatan anda sendiri?. Baiklah, jika anda masih ragu untuk menjadi pengusaha kopi, berikut kami ulaskan bagaimana cara membangun usaha pembuatan kopi dan usaha warung kopi:

  1. Beli Kopi yang Berkualitas

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah membeli kopi yang berkualitas, bagaimana cara memilih biji kopi yang berkualitas? Anda pastinya harus mempelajari berbagai jenis kopi terlebih dahulu sebelum memilih kopi untuk usaha anda.

Ada banyak jenis kopi yang harus anda ketahui, seperti kopi luwak, kopi robusta dan lain sebagainya. Semua itu memiliki rasa yang berbeda, sehingga ketika anda memproduksi salah satu jenis kopi tersebut, maka anda perlu membedakan harga nya juga.

Kopi yang berkualitas biasanya bisa dilihat dari aroma nya yang harum meski belum di olah, warna nya sama atau kecoklatan, warna kulitnya merah, dan lain sebagainya.

  1. Beli Mesin Pengolah Kopi

Jika anda memproduksi kopi, tentu saja ada beberapa alat yang anda butuhkan untuk membuat itu semua, seperti mesin pengupas kopi, mesin penggiling biji kopi, dan beberapa mesin lain nya. Anda membutuhkan itu semua agar anda bisa memproduksi lebih banyak kopi setiap harinya.

  1. Cari Suplayer

Anda harus mencari suplayer yang mau menjadi penyuplai kopi di tempat anda, kecuali jika anda memiliki kebun kopi sendiri. Jangan lupa untuk mencari suplayer yang terpercaya dan memiliki biji kopi berkualitas karena saat ini kopi yang banyak dicari adalah kopi yang enak dan berkualitas.

Bandingkan juga harga antara satu suplayer dengan suplayer lain nya agar anda bisa memperoleh suplayer paling murah, lihat kualitas, lihat juga apakah suplayer tersebut amanah dan tidak suka telat atau tidak ketika harus kirim barang ke tempat anda.

Baca juga Peluang Usaha Daur Ulang Botol Plastik dan Analisa Usahanya

  1. Belajar Membuat Kopi

Anda juga harus belajar bagaimana cara membuat kopi sehingga anda bisa menjual kopi yang sudah di seduh secara langsung di warung kopi anda. semakin enak kopi di warung kopi anda, maka semakin banyak juga pelanggan yang akan datang.

  1. Tentukan Target Market

Anda juga harus menentukan siapa target market anda, apakah kalangan menengah ke bawah atau menengah ke atas. Tentu saja ini akan berhubungan dengan kualitas kopi dan harga kopi yang akan anda jual.

Ketika target market anda menengah ke atas, tentu saja anda hanya akan menjual kopi yang berkualitas saja dan harga nya tentu saja menyesuaikan. Berbeda ketika anda menjual kopi biasa saja, maka harganya juga relative murah.

Itu adalah bagaimana langkah-langkah yang harus anda ambil ketika ingin memulai peluang usaha warung kopi sekaligus usaha produksi kopi juga. Dan berikut merupakan analisa usaha untuk peluang usaha warung kopi:

Biaya Tetap Modal Awal Perinciannya Sebagai Berikut :
Peralatan :

Mesin sangrai kopi                 Rp. 12.500.000

Mesin penepung kopi             Rp. 6.500.000

Mesin kopi                             Rp. 6.500.000

Cup sealer                               Rp. 850.000

 

Total                                        Rp. 26.350.000

 

Setelah pemakaian 3 tahun, pengeluaran untuk Peralatan mengalami penurunan, sebagai berikut :

 

1/36 bulan x Rp. 26.350.000   = Rp. 731.944

 

Rincian Biaya Variable Dengan Mesin Rincian Nya Sebagai Berikut :


Sewa tempat                           Rp. 10.000.000

Kopi                                         Rp. 15.000.000

Gula                                         Rp. 800.000

Air mineral                              Rp. 200.000

Teh                                          Rp. 200.000

Plastik pengemas                    Rp. 950.000

Listrik dan PDAM                    Rp. 200.000

 

 

Total                                        Rp. 27.150.000

 

Total Biaya Operasional

 

= Total Biaya Tetap + Total Biaya Variable

= Rp. 731.944 + Rp. 27.150.000

= Rp. 27.881.994

 

Penerimaan Bisnis Peluang Usaha Warung Kopi Perbulanya

 

Penjualan Usaha warung kopi

 

= (100 x Rp. 4000/cup x 30 hari) + (7 kg x Rp. 90.000 x 30)

= Rp. 12.000.000 + Rp. 24.300.000

= Rp. 36.300.000


Keuntungan Bisnis Usaha warung kopi Perbulan

 

Keuntungan = Total Penerimaan – Total Biaya Operasional

= Rp. 36.300.000 – Rp. 27.881.994

= Rp. 8.418.006

 

Revenue Cost Ratio Bisnis Usaha warung kopi

 

R/C = Total Penerimaan : Total Biaya Operasional

R/C = Rp. 36.300.000 / Rp. 27.881.994

R/C = 1.3

 

Lama Balik Modal Bisnis Usaha warung kopi

 

= (Total Biaya Investasi : Keuntungan) x 1 Bulan

= (Rp. 26.350.000 : Rp. 8.418.006) x 1 bulan

= 3 bulan

 

Baca juga Peluang Usaha Bubuk Kopi Omset Ratusan Juta

Itulah Peluang Usaha Warung Kopi yang menggiurkan yang bisa anda lihat, semua analisa di atas bisa saja berubah tergantung dari berapa banyak modal dan produksi yang anda lakukan. Semakin banyak produksinya, maka semakin bagus untuk usaha anda. Terima kasih.