Analisa Peluang Usaha Pakan Ternak Fermentasi

Analisa Peluang Usaha Pakan Ternak Fermentasi – Berbicara tentang dunia peternakan memang tidak akan lepas dari yang nama nya pakan, tanpa pakan ternak yang berkualitas, maka ternak tidak bisa gemuk dengan cepat sehingga hasil yang di dapatkan juga tidak maksimal.

Biasanya orang hanya tertarik untuk berternak saja, tetapi mereka tidak sadar bahwa bisnis lain yang berhubungan dengan ternak juga membawa banyak keuntungan. Misalnya saja membuat pakan ternak, lalu dijual pada pengusaha ternak, tentu saja keuntungan nya juga berkali lipat mengingat banyak juga pengusaha ternak yang tidak bisa membuat pakan fermentasi sendiri.

Salah satu mesin yang biasa digunakan untuk membuat pakan ternak fermentasi adalah mesin pencacah rumput yang juga bisa digunakan untuk membuat sampah organic sehingga selain membuat pakan ternak, anda juga bisa merangkap peluang usaha sampah organic.

Biasanya sampah organik bisa digunakan sebagai pupuk kompos dalam dunia pertanian juga sehingga anda tidak hanya mendapatkan keuntungan dari membuat pakan ternak fermentasi saja, melainkan pupuk kompos juga.

Baca juga Analisa Peluang Usaha Pakan Ternak Kambing Omset Ratusan Juta

Analisa Peluang Usaha Pakan Ternak Fermentasi

Jika anda ingin fokus dalam peluang usaha pakan ternak fermentasi, anda bisa mencoba nya dari awal. Apa sajakah langkah-langkah dalam membangun peluang usaha pakan ternak fermentasi? Simak ulasan nya berikut ini:

  1. Hal pertama yang harus anda lakukan untuk memulai usaha pakan ternak fermentasi adalah membeli semua peralatan yang anda butuhkan seperti mesin pencacah rumput, terpal plastic, dan lain sebagainya.
  2. Kedua, anda bisa mulai untuk belajar memproduksinya sendiri, dan langkah yang paling baik adalah anda membuat produk dengan menelitinya terlebih dahulu sehingga pakan ternak yang anda buat tersebut bisa lebih unggul dari produk lain nya.
  3. Cari informasi sebanyak mungkin tentang pengusaha ternak yang ada di sekitar anda atau target market anda sehingga anda bisa bekerja sama dengan para pengusaha tersebut dan menjadi suplayer nya.
  4. Jika anda sudah mengerti bagaimana cara membuat pakan ternak fermentasi, cobalah untuk membuat sample nya dan mengajukan kerja sama.
  5. Mulailah untuk memproduksi pakan ternak fermentasi tersebut dalam jumlah sedikit terlebih dahulu sebelum memproduksi nya dalam jumlah yang besar.
  6. Jika anda sudah mendapatkan banyak pelanggan, cobalah untuk menaikkan angka produksi yang anda lakukan.
  7. Jika memang anda membutuhkan sebuah toko atau gudang, anda bisa menggunakan rumah anda jika memang belum memiliki modal yang cukup, tetapi menggunakan gudang dan toko yang resmi akan membuat anda semakin dipercaya oleh pelanggan anda.
  8. Jangan lupa untuk mencari partner bisnis di berbagai daerah dan menjualnya secara online agar anda bisa menjangkau customer lebih luas.

Mungkin anda yang baru mengenal dunia peluang usaha pakan ternak masih ragu untuk memulainya, oleh karena itulah anda butuh sebuah analisis yang bisa meyakinkan anda bagaimana peluang bisnis yang satu ini bisa berhasil, berapa modal yang dibutuhkan dan berapa banyak keuntungan yang bisa anda dapatkan.

Baiklah, semuanya sudah kami rangkum dalam analisa peluang usaha pakan ternak fermentasi berikut ini, silahkan simak ulasan nya:

Analisa Peluang Usaha Pakan Ternak Fermentasi

Biaya Tetap Modal Awal Perinciannya Sebagai Berikut :
Peralatan :

 

Mesin pencacah rumput         Rp. 6.500.000

Terpal plastik                          Rp. 1.000.000

 

Total                                        Rp. 7.500.000

 

Setelah pemakaian 3 tahun, pengeluaran untuk Peralatan mengalami penurunan, sebagai berikut :

 

1/36 bulan x Rp. 7.500.000     = Rp. 208.400

 

Rincian Biaya Variable Dengan Mesin Rincian Nya Sebagai Berikut :


Probiotik                                  Rp. 2.250.000

Rumput                                   Rp. 2.000.000

Plastik pengemas                    Rp. 450.000

Listrik dan PDAM                    Rp. 200.000

Gas LPG                                   Rp. 510.000

 

 

Total                                        Rp. 5.410.000

 

Total Biaya Operasional

 

= Total Biaya Tetap + Total Biaya Variable

= Rp. 208.400 + Rp. 5.410.000

= Rp. 5.618.400

 

Penerimaan Bisnis Pakan ternak fermentasi Perbulanya

 

Penjualan Pakan ternak fermentasi

 

= (40 kg x Rp. 19.500  x 30 hari)

= Rp. 23.400.000


Keuntungan Bisnis Pakan ternak fermentasi Perbulan

 

Keuntungan = Total Penerimaan – Total Biaya Operasional

= Rp. 23.400.000 – Rp. 5.618.400

= Rp. 17.781.600

 

Revenue Cost Ratio Bisnis Pakan ternak fermentasi

 

R/C = Total Penerimaan : Total Biaya Operasional

R/C = Rp. 23.400.000 / Rp. 5.618.400

R/C = 4

 

Lama Balik Modal Bisnis Pakan ternak fermentasi

 

= (Total Biaya Investasi : Keuntungan) x 1 Bulan

= (Rp. 7.500.000 : Rp. 17.781.600) x 1 bulan

= 0.4 bulan

 

Itulah bagaimana langkah-langkah membangun usaha pakan ternak fermentasi, bukan hanya untuk dijual tetapi bisa juga untuk anda yang ingin memulai usaha ternak sapi itu sendiri karena anda bisa membuat pakan ternak nya sendiri tanpa harus membeli sehingga anda bisa lebih hemat pengeluaran nya. Terima kasih.