Analisa Dan Peluang Usaha Bubuk Kopi Berkualitas

Analisa Dan Peluang Usaha Bubuk Kopi Berkualitas – Kopi adalah minuman yang paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat, hampir semua orang suka minum kopi karena rasa nya yang unik dan membuat orang ketagihan. Kopi cenderung memiliki warna hitam, tetapi saat ini kopi sudah mengalami perubahan ketika di sajikan.

Kopi biasanya dicampur dengan susu, krim, dan lain nya agar membuat kopi menjadi lebih enak rasa nya. Perpaduan kopi dengan campuran tersebut memang membuat banyak orang tidak bosan dengan rasa kopi.

Kopi sendiri sebenarnya memiliki rasa yang pahit, tetapi dengan tambahan gula membuatnya menjadi manis. Kopi juga tidak sebatas hanya sebagai minuman nikmat saja, kopi juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Ada beberapa jenis kopi yang harus anda ketahui, ada yang nama nya green coffee, kopi luwak, kopi robusta dan lain sebagainya. Semua jenis kopi tersebut memiliki fungsi dan manfaat tersendiri sehingga harga nya juga berbada.

Green coffee memiliki harga yang lebih mahal karena kopi jenis ini sebenarnya tidak disangrai sehingga warna nya tetap hijau, bisanya banyak dimanfaatkan untuk menurunkan berat badan sehingga kopi hijau ini banyak diburu oleh masyarakat.

Sedangkan kopi luwak dan lain nya memiliki harga yang berbeda karena proses pengolahan nya yang berbeda, serta rasa nya juga sangat berbeda sehingga anda juga perlu mempelajari bagaimana cara memilih biji kopi yang bagus, terutama biji kopi luwak karena harga kopi luwak jauh lebih tinggi banyak oknum yang mengganti  nama kopi biasa menjadi kopi luwak untuk mendapatkan keuntungan lebih.

Baca juga Ingin Dapat Ratusan Juta Perbulan? Ini Dia Usaha Daur Ulang Botol Plastik

Bagaimana cara memilih biji kopi yang berkualitas? Simak ulasan nya berikut ini:

  1. Cium Aroma nya

Aroma kopi yang enak dan berkualitas tentunya akan sangat menggugah selera, biasanya kopi berkualitas memiliki aroma yang harum, hal ini bisa anda bedakan ketika anda mencium antara 2 jenis kopi yang berbeda, kopi berkualitas lebih harum dibanding kopi biasa.

  1. Minta Sample Kopi yang Sudah Jadi

Biasanya toko tidak mau memberikan sample kopi yang sudah jadi, untuk itu memilih toko yang mau memberikan nya akan lebih aman dibandingkan anda membeli di tempat yang tidak mau memberikan sample nya.

Selain itu cobalah untuk meminta sample, apa alasan nya? Hal ini karena aroma, rasa dan tekstur nya bisa anda lihat dengan jelas ketika kopinya sudah jadi sehingga anda lebih mudah memilih biji kopi mana yang berkualitas.

  1. Cari Tahu Lebih Dalam Tentang Kopi

Ketika anda ingin memulai sebuah usaha bubuk kopi, tentu saja anda harus tahu semua hal tentang kopi terlebih dahulu karena anda harus menjaga kualitas kopi yang nantinya anda jual, apalagi ketika anda terjun dalam dunia bisnis akan ada banyak jenis kopi yang harus anda jual, serta anda harus memilih berbagai jenis biji kopi yang ingin anda olah sehingga butuh kejelian dalam memilihnya.

Cari tahu mulai dari harga kopi, jenis kopi, kualitas kopi, suplayer biji kopi, cara mengolah kopi agar enak dan lain sebagainya juga harus diperhatikan.

  1. Kunjungi Penjual Sebanyak-Banyaknya

Kunjungilah penjual sebanyak-banyak nya karena tidak semua penjual itu memiliki kualitas dan harga yang sama. Semakin banyak anda melihat jenis kopi dan harganya dari berbagai jenis penjual, maka semakin bagus untuk anda.

Catat semua jenis nya dan harganya, carilah penjual yang paling murah sebagai langganan anda agar anda mudah dalam melakukan produksi nantinya.

  1. Jangan Beli Terlalu Banyak

Untuk menjaga kualitas kopi sebaiknya jangan membeli terlalu banyak karena anda harus membuat sample terlebih dahulu sebelum memulai usaha bubuk kopi. Membeli terlalu banyak juga sangat beresiko karena anda perlu cek kualitas kopi nya terlebih dahulu. Kemudian anda juga tidak boleh menyimpan kopi terlalu lama.

Biaya Tetap Modal Awal Perinciannya Sebagai Berikut :
Peralatan :

 

Mesin grinder penepung kopi       Rp. 6.500.000

Mesin pengemas                            Rp. 650.000

Wadah                                            Rp. 950.000

 

Total                                               Rp. 8.100.000

 

Setelah pemakaian 3 tahun, pengeluaran untuk Peralatan mengalami penurunan, sebagai berikut :

 

1/36 bulan x Rp. 8.100.000     = Rp. 225.000

 

Rincian Biaya Variable Dengan Mesin Rincian Nya Sebagai Berikut :

 

Kopi                                         Rp. 15.000.000

Plastik pengemas                    Rp. 950.000

Listrik dan PDAM                    Rp. 200.000

 

 

Total                                        Rp. 16.150.000

 

Total Biaya Operasional

 

= Total Biaya Tetap + Total Biaya Variable

= Rp. 225.000 + Rp. 16.150.000

= Rp. 18.400.000

 

Penerimaan Bisnis Peluang Usaha Bubuk Kopi Perbulanya

 

Penjualan Usaha Bubuk Kopi

 

= (10 kg x Rp. 90.000/kg x 30 hari)

= Rp. 27.000.000


Keuntungan Bisnis Usaha Bubuk Kopi Perbulan

 

Keuntungan = Total Penerimaan – Total Biaya Operasional

= Rp. 27.000.000 – Rp. 18.400.000

= Rp. 8.600.000

 

Revenue Cost Ratio Bisnis Usaha Bubuk Kopi

 

R/C = Total Penerimaan : Total Biaya Operasional

R/C = Rp. 27.000.000 / Rp. 18.400.000

R/C = 1.4

 

Lama Balik Modal Bisnis Usaha Bubuk Kopi

 

= (Total Biaya Investasi : Keuntungan) x 1 Bulan

= (Rp. 8.100.000 : Rp. 8.600.000) x 1 bulan

= 0.9 bulan

 

Bagaimana, apakah anda tertarik untuk mengambil peluang usaha bubuk kopi sebagai sebuah bisnis yang bisa mendatangkan ratusan juta rupiah setiap bulan nya untuk anda? Itu adalah analisa dengan 10 kg setiap harinya, lalu bagaimana jika anda bisa memproduksi 100 kg perhari? Tentu saja keuntungan nya bisa berlipat ganda.

 

Tidak banyak orang yang tahu bahwa bubuk kopi adalah bisnis paling menguntungkan mengingat bubuk kopi bisa dijadikan berbagai macam produk dengan nilai jual tinggi dan banyak sekali dicari oleh masyarakat, misalnya saja masker kopi, minuman kopi dan lain sebagainya.

 

Itulah peluang usaha bubuk kopi yang bisa kami informasikan, semoga bisa bermanfaat dan membantu anda yang bingung memilih usaha apa, terima kasih.