5 Peluang Bisnis Rumahan Modal Kecil, Untung Gede

Peluang Bisnis Rumahan – Bisnis rumahan merupakan salah satu bisnis yang cocok dijalani ibu-ibu rumah tangga, terutama ibu muda di zaman now. Ini merupakan peluang terbesar memulai bisnis baru dengan modal yang sedikit tetapi mendapatkan untung yang banyak.

5 Peluang Bisnis Rumahan Modal Kecil

Ingin tau peluang bisnis rumahan modal kecil, tapi untung gede? Simaklah artikel dibawah ini, 5 peluang bisnis rumahan yang wajib anda ketahui :

1. Bisnis Kuliner: Katering Masakan Rumah

Bisnis yang satu ini cukup menjanjikan karena makanan merupakan kebutuhan pokok sehari-hari, sementara tingkat kesibukan yang tinggi membuat sebagian orang tidak sempat memasak di rumah.

Variasi masakan yang bisa dipilih cukup beragam, mulai dari menu klasik yang sering kita temukan di warung nasi, masakan khas daerah, hingga paket katering dengan menu diet atau bento untuk bekal sekolah anak.

Modal awal yang dibutuhkan untuk membuat masakan rumahan dengan menu sederhana seperti nasi putih, satu jenis sayur tumis, satu jenis oseng-oseng, satu jenis olahan ayam atau ikan, buah, kerupuk, dan air mineral adalah sekitar Rp 500.000.

Dengan harga jual standar Rp 20.000 per porsi, keuntungan yang bisa diperoleh adalah sekitar Rp  500.000

2. Bisnis Fashion: Jasa Menjahit atau Butik Kecil

Orang membutuhkan pakaian tak sekedar untuk melindungi tubuh dari panas dan dingin, namun juga sebagai penunjang gaya hidup.

Bisnis fashion memiliki prospek yang cerah di Indonesia karena jumlah peminatnya tinggi, setengah populasi negara ini berusia dibawah 30 tahun.

Jika Anda memiliki kemampuan menjahit, Anda bisa membuka kios jahit atau butik di rumah. Ongkos standar untuk menjahit satu potong pakaian berkisar antara Rp 100.000-Rp 300.000, tidak termasuk biaya material.

Modal awal yang harus disediakan untuk memulai usaha ini adalah sekitar Rp 3 juta untuk membeli mesin jahit (seharga Rp 1,5 juta-Rp 2,5 juta), serta perlengkapan menjahit – benang, jarum, dan lain-lain (seharga Rp 50.000-Rp 100.000).

Jika diasumsikan dalam sebulan Anda bisa mengerjakan 10 potong pakaian dengan tarif rata-rata Rp 200.000, maka omzet per bulan yang bisa diperoleh adalah Rp 2 juta dan return on investment bisa tercapai dalam waktu sekitar 2 bulan.

Untuk bisa menjadi penjahit yang sukses, selalu ikuti perkembangan fashion terkini, baik dalam hal teknik menjahit maupun model yang sedang digandrungi, karena konsumen akan banyak meminta saran saat menggunakan jasa Anda.

3. Bisnis Jasa Pekerjaan Rumah: Laundry Kiloan

Salah satu bisnis rumahan yang saat ini sedang “naik daun” adalah laundry kiloan, terutama di kota-kota besar. Alasannya, banyak orang yang memanfaatkan jasa cuci setrika ini.

Misalnya keluarga yang tinggal di apartemen, mahasiswa, atau pegawai kantoran yang sibuk karena praktis dan meringankan pekerjaan rutin rumah tangga, serta harganya sangat terjangkau.

Modal awal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis rumahan ini berkisar antara Rp 8,5 juta-Rp 10 juta. Berikut adalah kalkulasi keuntungan yang bisa diperoleh beserta return on investment usaha laundry kiloan:

  • Produksi rata-rata dengan menggunakan 1 mesin cuci dan 1 mesin pengering per harinya adalah sekitar 10-20 kg
  • Harga pasaran Rp 5000-Rp 8000 per kg
  • Omzet per bulan berkisar antara Rp 1,5 juta-Rp 3,6 juta
  • Dengan persentase keuntungan bersih sebesar 20%-30%, return on investment bisa dicapai dalam waktu 4-6 bulan.

 

4. Bisnis Jasa Pekerjaan Rumah: Cuci Kendaraan Bermotor

Ada ribuan kendaraan bermotor berlalu-lalang di jalan setiap hari. Tentunya tidak semua pemilik mobil atau motor mau meluangkan waktu mereka untuk mencuci kendaraannya sendiri, kan?

Jika Anda memiliki lahan di depan rumah, manfaatkan saja peluang ini sebagai usaha sampingan. Jika lahan yang ada ukurannya terbatas, Anda bisa fokus menyediakan jasa cuci sepeda motor saja.Hal penting yang perlu dipikirkan adalah ketersediaan air sebagai bahan baku utama.

Modal awal yang dibutuhkan untuk membuka usaha ini sekitar Rp 5 juta–Rp 7 juta:

  • Kompresor dan alat steam seharga Rp 5 juta
  • Pembangunan tempat cuci dan penampung air seharga Rp 2 juta
  • Biaya operasional bulanan, seperti bahan bakar kompresor dan listrik per bulan seharga Rp 500.000

Jika ongkos cuci motor adalah sebesar Rp 6000 dan cuci mobil Rp 15.000, dan rata-rata kendaraan yang dicuci per hari sebanyak 10 buah motor dan 3 buah mobil, maka analisis keuntungan per bulannya adalah:

10 x @Rp 6000 x 30  = Rp 1.800.000
3 x @Rp 15.000 x 30 = Rp 1.350.000 +
Omzet per bulan        = Rp 3.150.000

Dengan persentase keuntungan bersih sebesar 20%–30% , return on investment bisa tercapai dalam waktu sekitar 6 bulan.

 

5. Bisnis Jasa Penitipan dan Perawatan Hewan

Tingkat kesibukan yang tinggi, rencana liburan, atau ketatnya aturan mengenai pemeliharaan hewan di tempat tinggal, memberikan peluang untuk menjalankan bisnis jasa penitipan hewan.

Hewan peliharaan yang biasanya dititipkan adalah kucing, anjing, kelinci, hamster atau beberapa jenis reptil. Layanan jasa yang ditawarkan bisa sangat beragam, mulai dari penitipan, perawatan seperti memandikan, merapikan bulu, memotong kuku, hingga pemeriksaan kesehatan oleh dokter hewan.

Modal awal yang dibutuhkan untuk membuka jasa penitipan dengan kapasitas 10-15 ekor hewan adalah sebesar Rp 5 juta-Rp 10 juta, yang dialokasikan untuk:

  • Penyewaan ruko atau tempat usaha
  • Kandang dan prasarana perawatan
  • Makanan dan vitamin

Omzet yang bisa diperoleh per bulan dengan perhitungan rata-rata 10 hewan titipan per minggu, dengan harga Rp 50.000 per hari adalah Rp 2 juta.

Angka tersebut belum termasuk pendapatan dari perawatan lain-lain. Omzet bersih per bulan untuk penitipan hewan yang sudah berjalan 6 bulan adalah sekitar Rp 4 juta per bulan.

Artinya, selama jangka waktu tersebut, biaya modal sudah bisa kembali. Untuk menghindari risiko kematian atau penularan penyakit, sebaiknya pisahkan ruangan untuk hewan yang terindikasi berpenyakit atau berkutu.

Setelah membaca artikel diatas yang sebenarnya masih banyak lagi peluang bisnis rumahan modal kecil lainnya, sudah yakinkah Anda untuk memulai satu dari 5 pilihan peluang bisnis rumahan?

Jangan lupa jika ingin memulai bisnis, terpenting ialah menyesuaikan budget kondisi keuangan Anda. Terimakasih, semoga bermanfaat!

Baca Juga : Peluang Bisnis Rumahan, Usaha Baju Modal 1 Juta