Olahan Telur Agar Tidak Bosan

Telur merupakan bahan makanan yang mempunyai nilai gizi yang tinggi dan juga rasanya yang enak dan mudah diolah, menjadikannya makanan yang praktis dan cepat disajikan. Telur juga menjadi salah satu bahan makanan hewani yang kita konsumsi selain halnya daging, ikan dan susu.

Pada umumnya telur yang kita konsumsi berasal dari jenis-jenis unggas, seperti ayam, bebek, dan angsa, akan tetapi telur-telur yang lebih kecil seperti telur ikan kadang juga digunakan sebagai campuran dalam masakan.

Telur cukup digoreng saja sudah bisa menjadi telur ceplok, ataupun menjadi telur dadar, sudah cukup enak apa lagi dinikmati bersama nasi hangat dan tambahan kecap. Namun, apabila telur hanya dimasak ceplok atau dadar saja kadang cukup membosankan.

.Kandungan Gizi Pada Telur

Berdasarkan data dari Food Data Central  Amerika, satu butir telur ayam rebus berukuran besar (50 gram) memiliki kandungan gizi sebagai berikut :

  • 78 kalori
  • 6 gram protein
  • 5 gram lemak
  • 147 mg kolin
  • 62 mg sodium
  • 0,6 gram karbohidrat
  • 0,5 gram gula
  • 0 gram serat

Putih dan kuning telur masing-masing memiliki kualitas gizi yang berbeda. Ada beberapa orang lebih suka putih dan kuning telur, sementara tidak sedikit juga yang bisa menikmati keduanya.

Kuning telur adalah bagian inti yang sangat bergizi dan mengandung nutrisi seperti asam lemak esensial, vitamin, protein, dan mineral. Kuning telur memiliki rasa yang khas dan sering juga digunakan dalam resep masakan untuk menambah rasa dan menyatukan bahan.

Putih telur selain memiliki fungsi melindungi kuning telur dari kerusakan, tetapi putih telur juga merupakan sumber nutrisi berkualitas tinggi.

– Protein pada telur sering dijadikan standar emas sebagai pembanding sumber protein lainnya. Karena kandungan asam aminonya, sekitar 6 gram protein dalam telur lebih gampang diserap dan dipergunakan tubuh secara efisien. Telur juga hanya mengandung 74 kalori.

– Kolin Kuning telur merupakan salah satu sumber nutrisi kolin. Nutrisi penting ini diperlukan untuk pertumbuhan otak janin dan juga fungsi otak pada orang dewasa.

– Lutein dan Zeaxanthin Kedua zat penting yang juga ditemukan dalam sayur kale dan bayam ini juga terdapat pada kuning telur. Fungsinya antara lain mencegah kerusakan mata, terutama katarak dan degenerasi makula. Meski kandungan lutein dan zeaxanthin dalam telur lebih sedikit daripada pada sayuran hijau, tapi fitokemikal ini lebih gampang diserap tubuh karena berada dalam lemak di kuning telur.

– Vitamin D Telur merupakan salah satu sumber alami vitamin D yang penting untuk tulang dang gigi. Vitamin D diperlukan untuk penyerapan kalsium dan menjaga kesehatan gigi dan susu.

 

Jenis-jenis Telur

Ada 5 jenis telur yang masyarakat ketahui :

  • Telur Ayam Negeri

Tentu kamu sudah familiar dengan telur ayam negeri. Dan juga harganya yang murah dan mudah diperoleh menyebabkan telur ini sangat sering dikonsumsi oleh masyarakat umum.

Tidak hanya itu telur ayam negeri memiliki beberapa kandungan gizi yang perlu anda ketahui. Dalam 80-100 gram telur ini mengandung 162 kal energi; 12.80 gram protein; 11.50 gram lemak; 0.70 gram karbohidrat; 54.00 mg kalsium; 180 mg fosfor; 3.00 mg zat besi; 900 IU vitamin A; dan 0.10 mg vitamin B.

  • Telur Ayam Kampung

Nah meskipun sama-sama dari telur ayam, akan tetapi telur ayam kampung memiliki kandungan nutrisi yang berbeda dengan telur ayam negeri. Di dalam 80 gram sampai 100 gram telur ayam kampung mengandung energi sebanyak 150 kalori, 13 gram protein, 10 gram lemak, dan 1,5 gram karbohidrat. Dan jika kita bandingkan, maka kandungan protein dan karbohidrat pada telur ayam kampung sedikit lebih banyak dari pada telur ayam negeri.

  • Telur Bebek

Telur bebek juga tidak kalah populer dengan telur ayam. Banyak orang memanfaatkan telur bebek sebagai teman minum jamu. Tapi, apakah benar kandungan gizi pada telur bebek lebih tinggi dari pada telur ayam?

Kandungan gizi pada telur bebek terdiri atas 189 kal energi; 13.10 gram protein; 14.30 gram lemak; 0.80 gram karbohidrat; 56.00 mg kalsium; 175 mg fosfor; 3.00 mg zat besi; 1230 IU vitamin A; dan 0.18 mg vitamin B.

Meskipun demikian kandungan fosfor pada telur bebek lebih rendah, tetapi secara umum telur bebek memiliki kandungan jumlah gizi yang lebih banyak dari telur ayam. Terlebih lagi jika telur bebek diolah dengan cara diasinkan, pengolahan ini dapat membuat kandungan gizi pada telur bebek menjadi bertambah.

Kandungan gizi telur bebek asin menjadi 195 kal energi; 13.60 gram protein; 13.60 gram lemak; 1.40 gram karbohidrat; 120.00 mg kalsium; 157 mg fosfor; 2.00 mg zat besi; 841 IU vitamin A; dan 0.28 mg vitamin B.

  • Telur Puyuh

Siapa yang tidak kenal dengan telur puyuh? Telur puyuh adalah telur burung puyuh yang kerap dijadikan bahan masakan diberbagai tradisi kuliner yang ada di dunia, termasuk di Asia, Eropa, dan Amerika. Telur puyuh ini biasanya kita diolah dengan bumbu kecap atau bacem yang disajikan seperti sate yang ditusuk.

Telur puyuh mengandung 168 kal energi; 12.30 gram protein; 12.70 gram lemak; 1.20 gram karbohidrat; 0.00 mg kalsium; 0.00 mg fosfor; 0.00 mg zat besi; 0.00 IU vitamin A; dan 0.00 mg vitamin B. Namun, hal yang harus diperhatikan adalah telur puyuh juga mengandung asam lemak jenuh yang tinggi yakni sekitar 32% dari jumlah kandungan lemak total.

  • Telur Ikan

Telur ikan kerap dikonsumsi pada beberapa olahan masakan Jepang. Tentu telur dari jenis ikan tertentu saja yang bisa kita konsumsi. Telur ikan mengandung 398 kal energi; 16.70 gram protein; 34.80 gram lemak; 4.50 gram karbohidrat; 235.00 mg kalsium; 544.00 mg fosfor; 25.20 mg zat besi; 0.00 IU vitamin A; dan 0.30 mg vitamin B.

Dari telur lainnya, telur ikan memiliki kandungan gizi yang paling tinggi. Namun, mengosumsi telur ini tidak boleh berlebihan karena, telur ikan mengandung kadar sodium yang sangat tinggi dan bisa memicu terjadinya tekanan darah tinggi, stroke, hingga penyakit jantung.

Beragam variasi olahan telur ini tidak kalah lezatnya dibanding masakan yang lainnya. Cara membuatnya pun cukup praktis dan simpel. Bumbu yang digunakan untuk membuat berbagai olahans telur cukup sederhana dan cukup mudah didapatkan di dapur atau warung sayur terdekat.

Nah, menu olahan telur agar tidak bosan sudah cukup enak jika dihidangkan ketika masih hangat, dan bisa menjadi menu andalan saat dimakan bersama nasi hangat. Nah berikut ini adalah olahan telur agar tidak bosan bisa Anda coba, misalnya telur balado, telur bacam, semur telur, telur krispi, dan telur bumbu rujak.

Resep Olahan Telur Agar Tidak Bosan

Berikut beberapa variasi resep olahan telur agar tidak bosan :

  • Resep Telur Balado

Olahan telur agar tidak bosan yang pertama merupakan masakan khas Minangkabau. Telur balado yang satu ini rasanya cukup pedas manis yang membuat lidah kita benar-benar bergoyag ketika disantap bersama nasi hangat.

Istimewanya Resep Telur Balado

Hampir semua masakan yang berprotein ada resep olahannya dimasakan Minang, dan telur ayam juga tidak ketinggalan tentunya. Telur balado sudah dikenal sebagai masakan Indonesia secara umum. Dari masakan rumahan, warteg, hingga restoran – ada saja yang menghidangkan masakan yang satu ini dalam menu sehari-harinya.

Sajian ini sering pun dipilih sebagai pendamping untuk sarapan nasi uduk ataupun nasi kuning di pagi hari. Tambahkan Kecap Manis pada sambal baladonya agar sajianmu semakin enak dan mantab.

Dan cara membuatnya cukup mudah dan praktis, dan juga rasanya yang sungguh menggoyang lidah saat kita memakannya. Yuk simak langkah dan cara membuatnya berikut ini :

Bahan :

  • 4 butir telur ayam, rebus, kupas, goreng hingga berkulit.
  • 75 gr cabai merah keriting.
  • 50 gr bawang merah.
  • 1 buah tomat, potong dadu.
  • 1 lembar daun jeruk.
  • 1/2 sdt gula.
  • 1 sdt kaldu jamur bubuk / penyedap rasa.
  • 3 sdm air.
  • 2 sdm minyak, untuk menumis.

Cara Membuat Telur Balado :

  1. Tumbuk kasar bawang merah dan cabai keriting, lalu sisihkan.
  2. Panaskan 2 sdm minyak goreng diatas wajan, lalu tumis bawang merah dan cabai keriting yang telah ditumbuk hingga harum dan matang.
  3. Tambahkan tomat, gula, kaldu jamur, daun jeruk dan air. Masak hingga keluar minyaknya, sambil diaduk sesekali.
  4. Masukkan telur yang telah direbus dan digoreng terlebih dahulu, aduk-aduk sampai rata. Koreksi rasa, apabila sudah pas, masak hingga bumbu meresap.
  5. Angkat dan sajikan.

Bagaimana, cukup praktis bukan resep telur balado ini. Menu ini bisa menjadi alternatif olahan telur agar tidak bosan.

 

  • Resep Telur Bacem

Salah satu olahan telur adalah telur bacem. Telur bacem ini rasanya cukup gurih, manis dan sangat menggugah selera disetiap gigitannya apalagi ketika di santap dengan nasi yang masih hangat.

Baceman yang dihadirkan pada warteg biasanya berupa baceman tempe, baceman tahu serta baceman telur. Selama ini baceman yang sering diolah adalah baceman tempe serta baceman tahu. Namun baceman telur juga menghadirkan sensasi masakan yang berbeda.

Baceman telur ini identik dengan warna cokelat kehitaman. Sebenarnya telur bacem ini adalah telur rebus yang diolah kembali dengan cara di bacem.

Tidak hanya karena rasanya yang enak tetapi juga warna serta tampilan-nya yang unik dan tidak biasa yang membuat seseorang penasaran. Telur bacem  menggunakan bumbu yang lengkap sehingga rasa telur rebus tidak lagi tawar tetapi mempunyai rasa yang manis, gurih dan lezat .

Coba saja, dijamin anda puas.

Bahan :

  • 20 butir telur ayam, rebus, kupas kulitnya.
  • 10 lembar daun salam.
  • 2 batang serai, geprak.
  • 400 gr gula jawa disisir, pilih yang warna pekat.
  • 2 sdt asam jawa.
  • 2 liter air.
  • Secukupnya garam.
Bumbu halus :
  • 15 buah bawang merah.
  • 10 siung bawang putih.
  • 8 butir kemiri.
  • 1 sdm ketumbar halus.
  • 1 sdt lada halus.
  • 2 cm lengkuas.
  • 2 cm jahe.

Cara Membuat Telur Bacem :

  1. Rebus telur ayam hingga matang, lalu kupas kulitnya.
  2. Haluskan bumbu halus menggunakan blender. Lalu rebus bumbu halus bersama bahan lainnya, kecuali telur, hingga gula merah larut. Matikan api.
  3. Susun telur menggunakan slow cooker, lalu tuang bumbu yang sudah direbus dan pastikan semua telur terendam bumbu. Set slow cooker kurang lebih 5-7 jam.
  4. Setelah slow cooker berhenti, rebus telur bersama dengan bumbu hingga bumbunya cukup mengental. Lalu matikan api.
  5. Angkat dan sajikan.

 

  • Resep Semur Telur

Yang menarik dari semur selain nutrisinya yang lengkap adalah asal-usulnya. Banyak yang mengatakan bahwa semur identik dengan masakan peninggalan Belanda yang bernama smoor. 

Padahal berabad-abad sebelumnya Indonesia sendiri sudah memiliki masakan serupa. Dengan  teknik memasaknya yang berbeda dan lebih bergaya Eropa pada zaman itu, sehingga telur semur ini memiliki khas rasa belanda karena semur telur ini  memiliki elemen rasa yang begitu kaya berkat kehadiran rempah-rempah.

Bahan : 
  • 6 butir telur rebus.
  • 2 cm lengkuas, geprek.
  • 2 lembar daun salam.
  • 1 batang sereh, geprek.
  • 50 gr gula merah, disisir.
  • 3 sdm kecap manis.
  • Secukupnya merica bubuk, garam dan kaldu jamur / penyedap.
  • 400 ml air.
Bumbu Halus :
  • 5 buah bawang Merah.
  • 3 siung bawang Putih.
  • 3 butir kemiri.

Cara Membuat Semur Telur :

  1. Haluskan bawang merah, bawang putih dan kemiri, lalu tumis hingga harum. Tambahkan lengkuas, sereh dan daun salam.
  2. Masukkan air, gula merah, kecap manis, merica bubuk, garam dan kaldu jamur. Aduk sampai rata dan masak hingga mendidih.
  3. Setelah mendidih, masukkan telur rebus, aduk sampai rata, koreksi rasa, apabila sudah pas, masak hingga bumbu meresap.
  4. Angkat dan sajikan.

 

  • Resep Telur Krispi

Penasaran dengan resep Telur Dadar Krispi ? Nah coba sajikan resep telur favorit yang unik dan rasanya enak ini untuk anda sekeluarga!  Telur krispi ini sangat mudah cara membuatnya karena hanya menggunakan Tepung Bumbu yang sudah jadi.

Bahan :⁣
  • 3 butir telur ayam.⁣
Adonan basah :⁣
  • 4 sdm tepung serbaguna beri air secukupnya, jgn encer ya⁣.
Adonan kering :⁣
  • 150 gr tepung serbaguna⁣.

Minyak yang banyak untuk menggoreng. Teknik Deep Fry.⁣

Cara Membuat Telur Krispi :⁣

  1. Kocok lepas telur dan bikin dadar, setelah matang, potong menjadi 6.
  2. Celupkan telur dadar ke bahan adonan basah, lalu balurkan ke bahan adonan kering, balur rata sambil ditepuk-tepuk.
  3. Goreng telur dalam minyak yang panas dan api kecil dengan teknik deep fry. Goreng hingga warna kuning kecoklatan. Tiriskan.
  4. Telur krispi siap disajikan bersama dengan nasi hangat dan saus sambal.

 

  • Resep Telur Bumbu Rujak

Rasa pedas dan gurih ada pada telur bumbu rujak kali ini. Telur bumbu rujak ini pas untuk melengkapi sajian sehari-hari, dan Anda juga dapat menyajikannya untuk hidangan lebaran atau ketika ada acara.

Bahan :⁣
  • 10 butir telur ayam kampung
  • 1 cm lengkuas, geprek⁣
  • 1 batang sereh, memarkan⁣
  • 3 lembar daun salam⁣
  • 1 sdm gula merah sisir⁣
  • 1 sdt garam
  • 100 ml air⁣
  • Secukupnya minyak goreng untuk menumis.
Bumbu halus :⁣

  • 10 butir bawang merah⁣.
  • 6 siung bawang putih⁣.
  • 4 butir kemiri⁣.
  • 7 bh cabe merah besar, buang biji⁣.
  • 1/2 sdt ketumbar⁣.
  • 1 cm kunyit⁣.

Cara Membuat Telur Bumbu Rujak :⁣

  1. Rebus telur ayam hingga matang, lalu kupas kulitnya dan goreng hingga berkulit. Sisihkan.
  2. Panaskan sedikit minyak, lalu tumis bumbu halus, lengkuas, sereh dan daun salam hingga harum. Lalu tambahkan air dan tunggu sampai mendidih.
  3. Tambahkan gula merah dan garam, aduk sampai rata, lalu tambahkan telur dan masak hingga air menyusut dan bumbu meresap. Jangan lupa koreksi rasa.
  4. Angkat dan sajikan dengan taburan bawang merah diatasnya.

Analisa keuangan usaha telur bacem

Asumsi yang digunakan :

  • Untuk penyusutan etalase selama 3 tahun
  • Untuk penyusutan meja kursi selama 2 tahun
  • Untuk penyusutan kompor selama 2 tahun
  • Untuk penyusutan perlengkapan lainnya selama 2 tahun
a. Biaya Investasi
Keterangan Nominal
etalase Rp963.000
meja kursi Rp293.000
kompor Rp178.000
LAIN – LAIN Rp706.000
Total Biaya Investasi Rp2.140.000
b. Biaya operasional
1. biaya tetap
penyusutan etalase 1/36 *963.000 Rp26.750
penyusutan meja kursi 1/24 *293.000 Rp12.208
penyusutan dan kompor 1/24 * 178.000 Rp7.417
penyusutan LAINNYA 1/24* 706.000 Rp29.417
uang kebersihan Rp1.000
upah karyawan Rp96.000
Total Biaya tetap Rp172.792
2. Biaya variabel
telor Rp50.000
daun salam Rp1.000
bawang putihbawang merah Rp5.000
lengkuas Rp3.000
ketumbar Rp1.500
LAIN – LAIN Rp20.000
Total Biaya variabel Rp42.000
Total baiya operasional Rp122.000
C. Penerimaan Per tabak
30 biji telur bacem X Rp 5.000 Rp150.000
D. Keuntungan per hari Rp28.000
Keuntungan dalam satu bulan Rp840.000
Pengembalian Modal 0,0025

Pengembalian modal usaha :

Biaya investasi : keuntungan penjualan

Rp 2.140.000 : Rp 840.000 = 0,0025

Jadi dari penjelasan pada tabel rincian estimasi biaya hingga asumsi pendapatan penjualan telur bacem dapat dijelasakan. Anda menggunakan sejumalah uang yang besarnya Rp 2.140.000 yang dialokasikan untuk investasi, dan untuk alokasi biaya tetap Rp 172.792 untuk biaya variable Rp 42.000 dan Rp 122.000 untuk total biaya operasional.

Dari usaha ini diasumsikan dalam satu hari totalnya penerimaan yang di dapat dari penjualan ayam bacem balut pandan adalah sebanyak 30 biji dengan harga Rp 5.000 per biji adalah Rp 150.000 . Dari penerimaan tersebut didapatkan keuntungan penjualan telur bacem dalam satu bulan adalah   Rp 840.000. Dari total keuntungan ini maka Anda akan mengalami pengembalian modal ,0025