Inilah Nama Nama Alat Penyimpanan Uang Yang Sering Anda Gunakan

Nama Nama Alat Penyimpanan Uang – Uang merupakan suatu benda yang secara umum diterima oleh masyarakat sebagai alat untuk mengukur nilai, menukar, dan melakukan pembayaran atas pembelian barang dan jasa, dan pada waktu yang bersamaan bertindak sebagai alat penimbun kekayaan.

Dengan adanya uang, dapat menyediakan sebuah solusi yang lebih mudah dari pada dengan barter  yang tidak efisien, dan tidak cocok digunakan dalam sistem ekonomi modern karena harus membutuhkan 2 orang atau lebih yang memiliki keinginan yang sama untuk melakukan pertukaran dan juga kesulitan dalam penentuan nilai.

Baca juga : 7 Tempat Menyimpan Uang yang Aman yang Perlu Anda Ketahui

Inilah Nama Nama Alat Penyimpanan Uang Yang Sering Anda Gunakan

  1. Celengan

Merupakan nama umum untuk kotak akumulasi atau penabungan koin. Umumnya, celengan digunakan oleh anak-anak. Celengan biasanya terbuat dari plastik, keramik atau porselen. Celengan dibuat dengan tujuan untuk mengajarkan kepada anak untuk menabung.

Nama Nama Alat Penyimpanan Uang
Nama Nama Alat Penyimpanan Uang

Uang dapat dengan mudah dimasukkan, pada celengan tradisional, namun harus memecahkan celengan tersebut jika ingin mengambil uangnya. Tapi celengan modern memiliki lubang karet pada bagian bawahnya, untuk memudahkan dalam mengambil uang yang disimpan dalam celengan tersebut.

  1. ATM

Asynchronous Transfer Mode atau Mode Transfer Asinkron mungkin lebih dikenal dengan ATM adalah nama sebuah jaringan khusus. ATM merupakan sebuah teknologi lapisan 2, yang dapat digunakan oleh siapa saja, namun sekaligus merupakan sebuah jaringan publik sebagaimana halnya internet,dengan sistem pengalamatan yang dikelola secara rapi, sehingga setiap perangkat dapat memiliki sebuah identitas yang unik di dalam sebuah jaringan .

  1. Dompet

Dompet adalah sejenis tas berukuran kecil yang lazim untuk digunakan sebagai alat penyimpan uang, kartu kredit, kartu identitas, dokumen-dokumen penting, foto, kartu nama, dan barang-barang pribadi lainnya.

biasanya dompet terbuat dari kain atau kulit, sehingga lebih tahan lama dalam kurun waktu tahunan. Hampir semua dompet bisa dilipat dan bisa dikatakan sangat unik apabila kita menemukan sebuah dompet yang tidak bisa dilipat. Meskipun ukurannya sangat beragam, tetapi biasanya dompet memiliki ukuran sesuai untuk dimasukkan dalam kantong saku.

Kebanyakan setiap orang membutuhkan dompet, terutama karena kemudahan yang ditawarkan untuk menyimpan semua barang-barang pribadi yang penting sehingga mudah dibawa kemana pun selama bepergian. Begitu pentingnya fungsi barang ini sehingga salah satu yang dibawa oleh setiap orang pada saat bepergian adalah dompet.

  1. Cash Box

Cash box juga dapat diartikan sebagai brankas. Namun, ukuran cash box lebih kecil dan bisa dibawa-bawa. Mudahnya, cash box adalah brankas portabel. Di Indonesia sendiri, cash box juga dikenal dengan kotak uang. Bahkan, masih banyak juga orang yang menyebut dengan brankas.

Kunci pengamanan cash box pada umumnya memiliki 2 jenis, yaitu keamanan secara digital dan Analog. Bahkan, bisa juga kombinasi antara keduanya. Sistem keamanan digital yang dimaksud, yaitu sistem keamanan yang membutuhkan seri nomor tertentu untuk dapat membukanya. Nomor akan terdiri dari beberapa digit angka. Sedangkan cash box dengan sistem manual, yaitu pengamanan yang memerlukan kunci tambahan.

Biasanya cash box yang bagus dan memenuhi standar keamanan, haruslah dengan klasifikasi tahan api dan kuat. Jika kamu ingin membeli cash box, kamu bisa memilih cash box dengan merek ELM. Selain sudah memenuhi kualifikasi, juga telah banyak orang yang menggunakan ELM.

  1. Brankas

Brankas adalah lemari atau kotak besi  tahan api yang biasa dipergunakan untuk melindungi barang-barang berharga dari bahaya kebakaran dan pencurian/pembongkaran (seperti uang, surat-surat berharga, perhiasan, dll). Pada umumnya brankas berbentuk kubus/balok atau silinder. Jenis-jenis brankas ada dari yang kecil dan portabel, brankas yang dipasang di dinding, maupun brankas besar berbentuk ruangan.

Demikian lah nama-nama alat penyimpan uang yang sering anda gunakan.

Baca juga : 10 Cara Menghemat Uang Belanja Bulanan di Jamin Efektif