Manfaat Kacang Hijau dan Ulasanya

Manfaat Kacang Hijau

Kacang hijau adalah tanaman yang tumbuh tegak tidak merambat. Tanaman ini berasal dari India, kemudian menyebar ke negara-negara yang beriklim tropis, termasuk Indonesia. Kacang hijau masuk ke negara Indonesia pada awal abad  17. Di Indonesia, kacang hijau juga termasuk sebagai tanaman sayur semusim

Kacang hijau atau  (Vigna radiata) berasal dari famili pabaceae alias polong-polongan,  kacang hijau dan kecambahnya banyak  manfaat bagi kesehatan. Kandungan proteinnya cukup tinggi dan merupakan sumber mineral  penting seperti kalsium dan foepor dan sangat diperlukan tubuh. Sementara itu kandungan lemaknya merupakan asam lemak  tak jenuh sehingga  aman  dikonsumsi oleh orang-orang dengan masalah obesitas.

Kandungan Nurtrisi

Kacang hijau memiliki kandungan gizi yang sangat tinggi. Salah satunya protein, sehingga cocok untuk vegetarian sebagai alternatif sumber protein. Nutrisi utama dalam kacang hijau lainnya adalah karbohidrat sebagai sumber energi pada tubuh, serat pangan yang bermanfaat untuk membantu pencernaan dan mencegah kolesterol jahat, zat besi untuk menambah darah, kalsium untuk kekuatan tulang, serta beberapa mineral dan vitamin yaitu B kompleks, A, C, K, tembaga, selenium, magnesium, pospor, kolin, mangan, kalium, dan folat. Keuntungan lainnya dari makanan ini adalah rendah lemak, dan mengenyangkan, sehingga sangat cocok dikonsumsi oleh orang yang menurunkan berat badan dengan diet sehat.

 

Manfaat Kacang Hijau

Mencegah Kanker

Kacang hijau merupakan salah satu bahan makanan yang sangat ampuh dalam mencegah terjadinya kanker. Dalam kacang hijau terdapat senyawa yang dapat memerangi infeksi virus kanker.

Selain itu, kandungan klorofil pada kacang hijau juga mampu memusnahkan efek karsiogenik yang menjadi salah satu pemicu terjadinya kanker.

Menjaga Kesehatan Jantung

Perlu kamu ketahui bahwa dengan mengonsumsi kacang hijau dengan rutin, itu artinya kesehatan jantung mu akan terjamin dan terhindar dari berbagai macam penyakit jantung lho. Pasalnya, terdapat kandungan serat pada kacang hijau yang mana mampu menyerap lemak dan mencegah plak di pembuluh darah.

Sehingga, dengan tidak adanya plak di pembuluh darah, otomatis risiko kamu terkena penyakit jantung dan stroke akan semakin kecil.

Baik untuk Ibu Hamil

Buat kamu yang sedang mengandung sangat disarankan buat mengonsumsi kacang hijau. Terdapat kandungan seperti vitamin B1, B2, asam folat, kalsium, fosfor, lemak tak jenuh, dan protein yang mana semua kandungan tersebut sangatlah dibutuhkan untuk ibu hamil dan dapat membantu menjaga kesehatan janin juga.

Membantu menjaga kesehatan kulit

Buat kamu yang ingin memiliki kulit yang indah dan sehat, yuk mulai sekarang rajin konsumsi kacang hijau! Sebab kacang hijau mengandung phytoestrogen yang mana dapat membantu memproduksi kolagen dan menjaga kulit agar tetap elastis, lembut, serta mencegah terjadinya penuaan dini pada kulit.

Membantu menurunkan berat badan

Kacang hijau juga bermanfaat dalam membantu menurunkan berat badan. Kandungan serat yang amat tinggi dalam kacang hijau dapat memberikan rasa kenyang lebih lama dan memiliki sedikit kalori. Sehingga, kacang hijau sangat cocok buat kamu jadikan menu makanan selama menjalankan program diet.

Sumber Energi

Terdapat kandungan karbohidrat yang tinggi dalam kacang hijau. Karbohidrat merupakan sumber energi bagi tubuh. Karena itu, dengan mengonsumsi kacang hijau, energi dalam tubuh akan tetap terjaga, Moms.

Mencegah Anemia

Anemia saat masa kehamilan sangat berbahaya karena berisiko memicu pendarahan saat persalinan dan keguguran. Kacang hijau mengandung zat besi yang membantu proses pembentukan hemoglobin dalam darah, sehingga dengan mengonsumsi makanan ini, bumil bisa terhindar dari anemia.

Menjaga Produksi Sel dan Cairan Tubuh

Kandungan kalium dalam kacang hijau akan membantu tubuh Anda untuk mempertahankan produksi sel dan menjaga cairan tubuh

Mengurangi Morning Sickness

Pada kacang hijau juga terdapat kandungan vitamin B yang bisa membantu mengatasi masalah pencernaan dan mengurangi mual dan muntah yang sering dialami oleh ibu hamil di masa-masa awal kehamilan. Selain itu, vitamin B juga memiliki banyak manfaat untuk janin, misalnya mengoptimalkan perkembangan otak, sistem saraf, dan jantung.

Membantu Tubuh Tetap Bugar

Mineral mangan yang terkandung dalam kacang hijau juga punya peran besar membantu dalam melawan radikal bebas. Karena itu, dengan mengonsumsi kacang hijau, tubuh Anda akan tetap bisa bugar dan sehat selama masa kehamilan.

Melindungi organ hati

Kandungan protein nabati yang tinggi dimiliki oleh kacang hijau. Ini menjadikan kacang hijau sebagai makanan yang baik untuk melindungi kesehatan hati. Sebab protein yang dikandung oleh kacang hijau memastikan bilirubin dan biliverdin dalam organ hati bekerja dengan optimal.

Kinerja optimal dua komponen kimiawi tersebut dapat mencegah terjadinya penyakit diakibatkan malfungsi organ hati, seperti penyakit kuning.

Meningkatkan kesehatan dan keindahan rambut

Moms mungkin merasa bingung, produk perawatan rambut apa yang dapat menyehatkan rambut sekaligus mempercantiknya. Jawabannya ternyata adalah kacang hijau. Tembaga yang dikandung oleh varian kacang-kacangan ini dapat menyehatkan kulit kepala.

Tentunya kulit kepala yang sehat penting untuk rambut. Kulit kepala yang sehat dapat membuat menumbuhkan rambut yang kuat, berkilau, dan tebal. Tidak perlu tonik atau aneka vitamin eksternal, cukup memanfaatkan kacang hijau.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Fitonutrien yang terkandung dalam biji kacang hijau mampu bekerja sebagai anti-pembengkakan serta dapat membantu meningkatkan imun dan menetralkan bakteri berbahaya, virus, iritasi, dan lain sebagainya.

Mengurangi efek PMS (sindrom pramenstruasi)

Kacang hijau dapat membantu mengendalikan fluktuasi hormon yang dapat memicu gejala-gejala PMS (sindrom pramenstruasi). Di karenakan kacang hijau mengandung folat, vitamin B, dan vitamin B6.

Melancarkan pencernaan

Orang India mengonsumsi kacang hijau untuk menambah rasa serta mengurangi rasa nyeri di perut. Hal tersebut dikarenakan kacang hijau kaya akan serat, sehingga mempermudah proses pencernaan dan pembersihan racun dalam tubuh.

Berikut Resep Cara Mengolah Kacang Hijau

Resep Bubur Kacang Ijo tanpa Santan

Bahan cara membuat bubur kacang hijau

  • 250 gram kacang hijau
  • 1 sdm tepung maizena
  • 2 lembar daun pandan
  • 1 cm jahe, memarkan
  • 2 sdm gula pasir
  • 1 sdt garam
  • 5 sdm susu kental manis vanila
  • 1 L air

Cara membuat bubur kacang hijau tanpa santan:

  1.  Rendam kacang hijau selama 2 jam.
  2. Rebus kacang hijau dengan 1 L air. Masukkan jahe yang sudah dimemarkan, daun pandan, gula pasir, dan garam. Aduk hingga rata.
  3. Larutkan tepung maizena dengan 2 sdm air lalu masukkan dalam rebusan kacang.
  4. Masukkan susu kental manis ke dalam lalu aduk hingga rata. Aduk hingga mendidih
  5. Bubur kacang hijau tanpa santan siap disajikan selagi hangat.

Bubur kacang Ijo Pisang

Bahan

  • 250 gram Kacang hijau, di cuci bersih dan rendam dalam air hangat
  • 4 buah Pisang kepok
  • 2 lembar daun pandan
  • 1 liter Air
  • 500 ml air
  • 250 gram susu full cream
  • 200 ml susu UHT
  • 150 gram gula pasir
  • ½ sdt garam

Cara Membuat

  1. Pertama, didihkan air dalam api besar, kemudian masukkan kacang hijau. Masak hingga kacang hijau merekah.
  2. Setelah itu, masukan daun pandan, dan masak kembali hingga benar-benar matang. Sesekali Anda bisa mengaduknya agar kacang hijau cepat masak.
  3. Masukan pisang, gula pasir, susu full cream, susu UHT dan garam. Masak hingga benar-benar matang, dan angkat.
  4. Sajikan selagi panas.

Bubur Kacang Ijo dengan Sagu Mutiara

Bahan-Bahan:

  • 220 gram kacang ijo, rendam dulu selama 2 jam
  • 135 gram gula merah
  • 1,5 liter air
  • 2 lembar daun pandan
  • 40 gram sagu mutiara, rendam selama 10 menit
  • 240 cc santan kelapa
  • 1/4 sdt garam

Cara Membuat :

  1. Siapkan panci, masukkan air, kacang ijo, gula merah, dan daun pandan. Masak hingga kacang ijo empuk dan terbelah.
  2. Masukkan sagu mutiara dan santan kelapa. Aduk hingga larut. Tambahkan garam.
  3. Hidangkan selagi hangat.

Bubur kacang Ijo Jahe

Bahan :

  • 250 gr kacang hijau .
  • Air secukupnya.
  • 2 buah gula jawa/gula malaka, iris halus .
  • Gula pasir sesuai selera .
  • 2 cm jahe, iris2 .
  • 200 ml santan (1 dus kecil santan kara).
  • 4 helai daun pandan .
  • 1/2 sdt garam.

Cara Membuat Bubur Kacang Hijau Jahe :

  1. Rebus kacang hijau sampai empuk.
  2. Masukan gula jawa yang telah diiris halus.
  3. Tambahkan irisan jahe.
  4. Masukan 2helai daun pandan.
  5. Tambah dengan gula pasir jika terasa belum manis.
  6. Aduk sebentar sampai rata.
  7. Masukan santan (bisa juga santan dimasak terpisah, dan baru dicampur saat dihidangkan).
  8. Masak hingga mendidih.