Ini Dia Manfaat Gula Aren Untuk Diabetes Yang Wajib Anda Ketahui

Ini dia manfaat gula aren untuk diabetes yang wajib Anda ketahui yaitu gula aren memiliki indeks glikemik sehingga cocok dikonsumsi bagi penderita diabetes.

Karen gula aren sudah dikenal sejak lama oleh masyarakat Indonesia, baik sebagai pemanis alami ataupun bumbu masakan. Lebih dari itu, gula aren juga dianggap lebih baik dikonsumsi oleh penderita diabetes dibandingkan gula putih.

Mungkin tak banyak orang yang megetahui bahwa gula aren berasal dari nira pohon kelapa aren ini memiliki banyak kandungan gizi yang baik bagi kesehatan, seperti zat besi, zinc, mineral, kalsium, polifenol, kalium, antioksidan, serta inulin.

Tak hanya kandungan gizi pada gula aren tersebut. Gula aren ini memiliki indeks glikemik yang rendah daripada pemanis lainnya. Sehingga wajar bila digunakan manfaat gula aren untuk diabetes.

Manfaat Gula Aren Untuk Diabtetes

Manfaat gula aren untuk diabetes ini memang aman dibandingkan gula putih, terlebih setelah diketahui mempunyai indeks glikemik yang relative rendah, yaitu sekitar 54.

Dalam indeks glikemik sendiri merupakan angka yang menggambarkan dampak makanan tertentu terhadap peningkatan kadar gula darah seseorang.

Nilai indeks glikemik tinggi berada di atas angka 70. Hal itu artinya, karbohidrat dalam makanan sangat cepat terurai dan melepaskan glukosa kedalam darah.

Oleh karena itu, penderita diabetes ini sangat baik untuk mengkonsumsi gula aren sebagai manfaat gula aren untuk diabetes.

Baca juga : Ini Dia Manfaat Gula Aren Yang Harus Anda Ketahui

Daftar Makanan Dengan Nilai Angka Indeks Glikemiks Tinggi, Antara Lain :

  • Roti putih.
  • Roti gandung utuh.
  • Nasi putih.
  • Bubur oat instan.
  • Bubur nasi.

Sementara itu, angka dengan nilai 55 dan dibawahnya mengindikasikan sebaliknya. Makanan dengan angka indeks glikemik rendah seperti pasat, gula aren, kacang merah, kacang keledai, jeruk, buncis, wortel, pisang, strawberry, manga, dan kurma.

Sedangkan sukrosa atau gula putih tergolong ke dalam indeks glikemiks menengah sekitar angka indeks glikemik 56 sampai 69.

Manfaat gula aren untuk diabetes Anda harus membatasi dalam mengkonsumsinya, walaupun aman tetapi memiliki kandungan kalori pada gula aren yang hampir setara dengan gula putih, yaitu sekitar 4 gram karbohidrat dan 16 kalori pe sendok teh

Oleh karena itu, ketika ingin mengkonsumsi gula aren sebagai pemanis, kuncinya 1 yaitu mengonsumsi dalam jumlah terbatas. Jika mengkonsumsi secara berlebihan, tetap saja akan meningkatkan risiko terkenannya sindrom metabolit dan obesitas dalam diri kita.

Manfaat Gula Aren Untuk Diabetes

Meskipun gula aren  ini berasal dari apohon aren ini relative lbih aman daripada gula putih. Sebaiknya bagi Anda yang penderita diabetes harus tetap membatasi asupan gula aren dalam sehari.

Untuk mengkonsumsi, samakan takaran gula aren yang akan dimakan layaknya gula putih biasa. Jika lebih aman Anda bisa mengkonsultasikan dengan dokter batas menkonsumsi gula aren.

Ingat bahwa kndungan dalam gula aren tak hanya ditemukan dalam produk pemamanis seperti gula, tetapi juga melalui roti, nasi, atau bahan pangan lainnya.

Oleh karena itu, Anda harus berhati-hati saat memilih makanan. Apalagi saat Anda sedang mengidap diabetes.

Daftar Makanan Yang Aman Untuk Penderita Diabetes :

  • Nasi merah.
  • Sayar bayam.
  • Pop corn tawar.
  • Daging tanpa lemak.
  • Ikan laut.

Kurang lebih itu artikel tentang manfaat gula aren untuk diabetes yang kami sampaikan semoga sangat bermanfaat sekali bagi Anda. selamat mecoba.

Baca juga : Panduan Timing Untuk Belajar Roasting Kopi (Pasti Bisa)

Sekian dan terimakasih.