Manfaat dan cara membuat kopi hijau – Masyarakat Indonesia sudah tidak asing lagi dengan kopi. Hampir semua lapisan masyarakat terutama laki-laki tidak dapat lepas dari kopi ketika sedang ‘nongkrong’ ataupun sebagai minuman ketika santai. Tapi apakah orang orang tau Manfaat dan Cara Membuat Kopi Hijau yang begitu berkhasiat.

Manfaat dan Cara Membuat Kopi Hijau, Kopi lebih dulu populer di negara Arab di Laut Merah, namun kopi juga tumbuh subur di Indonesia.  Indonesia sebagai negara tropis sangat mendukung tumbuhnya tanaman kopi dan menghasilkan beberapa jenis kopi yang nikmat.

 

Kandungan Dalam Kopi Hijau

Manfaat dan Cara Membuat Kopi Hijau, Kandungan yang terdapat di dalam kopi hijau sebenarnya hampir sama dengan biji kopi bubuk pada umumnya dan Kandungan utama pada kopi adalah kafein.

Selain itu, kopi hijau juga mengandung kandungan lain seperti protein, asam amino, asam klorogenat, mineral, karbohidrat, lipid dan kandungan vitamin.

Yang sangat membedakan kandungan kopi hijau dengan kopi biasa yakni kadar asam klorogenat dari kedua jenis kopi ini. Kandungan asam pada kopi hijau juga lebih rendah, sehingga aman diminum tanpa efek samping pada lambung.

(BACA JUGA : ANALISA DAN BUDIDAYA KOPI ROBUSTA)

Manfaat dan Cara Membuat Kopi Hijau

Nama kopi hijau sendiri diambil dari warna biji kopi yang tetap masih hijau setelah proses roasting yang telah dilakukan. Kopi hijau dipercaya memiliki berbagai manfaat, diantaranya:

 

  1. Meningkatkan Metabolisme

Metabolisme dalam tubuh harus selalu dijaga dan ditingkatkan agar tubuh tetap terjaga kesehatannya. Menjaga dan meningkatkan metabolisme dapat dilakukan dengan terpenuhinya antioksidan dalam tubuh.

Antioksidan ini dapat diperoleh dari meminum kopi hijau. Kandungan asam chlorogenat pada kopi hijau mampu merangsang tubuh untuk memproduksi antioksidan secara alami.

Antioksidan yang didapat dari asam chlorogenat dalam kopi hijau, mampu membantu menjaga dan meningkatkan metabolisme dalam tubuh.

Dengan metabolisme yang terjaga dan meningkat, proses pembakaran dalam tubuh dapat terjaga, sehingga kesehatan tubuh juga dapat terjaga dan meningkat pula.

 

  1. Membantu Mengurangi Lemak Tubuh

Kopi hijau memiliki kandungan mineral dan vitamin di dalamnya. Kedua kandungan dalam kopi hijau ini juga dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Peningkatan metabolisme tubuh ini dapat membantu proses pembakaran lemak dalam tubuh.

Pembakaran lemak dengan mengkonsumsi kopi hijau lebih efektif dan lebih cepat dibandingkan jenis kopi lainnya. Membakar lemak dengan meminum kopi hijau secara rutin lebih ampuh dalam merunkan lemak.

Dengan pembakaran lemak yang lebih cepat dan lebih ampuh ini, berarti dapat membakar lemak lebih optimal. Pembakaran lemak yang berlangsung cepat dapat membantu mengurangi lemak dan menurunkan berat badan dengan cepat pula.

Meminum kopi hijau dengan diimbangi olahraga yang cukup, juga sangat baik untuk menjaga lemak dan berat badan tubuh agar lebih terkontrol.

 

  1. Mengurangi Kolesterol Jahat

Kolesterol merupakan musuh terbesar dalam tubuh Dan dapat masuk ke dalam aliran darah, dan mengganggu darah dalam aliran darah tersebut.

Dan juga dapat menyumbat pembuluh darah, sehingga aliran darah dapat terhenti dan mengakibatkan munculnya beberapa penyakit. Tersumbatnya aliran darah dapat menyebabkan stroke, jantung dan beberapa penyakit berbahaya lainya.

Aliran darah yang normal, juga akan membuat tubuh sehat dan normal. Untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubu, dapat dilakukan dengan menghindari makanan yang mengandung kolesterol dan memperbanyak minum air putih.

Sedangkan untuk mengurangi kolesterol ketika kadar kolesterol sudah terlanjur tinggi, dapat dilakukan dengan meminum kopi hijau. Menurut penelitian yang pernah dilakukan, meminum kopi hijau secara teratur dapat mengurangi kadar kolesterol dalam darah.

 

  1. Mengandung Antioksidan

Kopi hijau mengandung asam chlorogenat yang dapat merangsang pembentukan antioksidan alami dalam tubuh. Selain antioksidan hasil dari asam chlorogenat, kopi hijau sendiri juga memiliki kandungan antioksidan yang sangat kaya.

Antioksidan yang terkandung dalam kopi hijau dapat membantu tubuh dalam menggantikan sel tubuh yang rusak disebabkan oleh adanya radikal bebeas yang menyerang tubuh.

Selain itu, kandungan antioksidan dalam tubuh juga dapat membantu menurunkan dan menjaga kadar gula darah agar tidak terlampau tinggi atau terlalu rendah.

Secara umum, dengan adanya kandungan antioksidan yang tinggi dan antioksidan dalam tubuh terpenuhi, maka kesehatan tubuh akan tetap terjaga dan terhindar dari berbagai jenis penyakit, termasuk beberapa jenis penyakit yang berbahaya.

 

  1. Menyeimbangkan Tekanan Darah

Tekanan darah dalam tubuh harus diseimbangkan agar tidak terlalu rendah dan juga tidak terlampau tinggi. Tekanan yang terlampau tinggi dapat menyebabkan terjadinya hipertensi.

Apabila sudah terkena hipertensi, maka akan mudah terkena penyakit seperti stroke dan beberapa penyakit lainnya. Bahkan, tekanan darah yang sangat tinggi dapat membuat pembuluh darah menjadi pecah dan berujung pada kematian.

Untuk mencegah terjadinya hipertensi dapat dengan meminum kopi hijau secara rutin. Jika kopi hitam dapat meningkatkan teanan darah menjadi tinggi, kopi hijau sebaliknya, yakni dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

 

  1. Mengatasi Penyakit Alzheimer

Kopi hijau dipercaya efektif untuk mengatasi penyakit alzheimer. Penyakit alzheimer sendiri adalah penyakit kelainan mental bawaan maupun yang disebabkan karena rusaknya saraf otak.

Ada beberapa cara alternatif pengobatan yang dapat dilakukan untuk mengatasi alzheimer, salah satunya dengan meminum kopi hijau. Kandungan yang ada di dalam kopi hijau dipercaya dapat mengatasi penyakit alzheimer.

 

  1. Menangkal Radikal Bebas

Kopi hijau diolah dengan proses roasting, bukan disangrai. Pengolahan dengan proses roasting pada kopi dapat menjaga kadar asam chlorogent dalam biji kopi agar tidak hilang selama proses pengeringan biji kopi.

Kandungan asam chlorogent inilah yang dapat membantu tubuh dalam menangkal radikal bebas dengan efektif.  Jika tubuh terhindar dari radikal bebas, maka kesehatan kulit akan terjaga dan dari penuaan dini.

 

  1. Mengatasi Resistensi Insulin

Kekurangan insulin akan menyebabkan penyakit diabetes. Insulin tidak hanya akan menjaid masalah ketika produksinya berkurang, namun juga akan menjadi masalah ketika hormone yang diproduksi oleh kelenjar pankreas tersebut mengalami kerusakan atau biasa disebut dengan resistensi insulin.

Resistensi insulin dapat menyebabkan gangguan pada proses pengolahan energi dari gula. Gula yang seharusnya dapat diolah menjadi energi, menjadi tidak dapat diolah disebabkan karena adanya kerusakan pada insulin.

 

  1. Mencegah Kanker

Kopi hijau memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Zat asam chlorogent yang ada di dalam kopi hijau juga sangat efektif dalam menangkal radikal bebas.

Makanan yang mengandung antioksidan tinggi dan dapat menangkal radikal bebas dapat mencegah kanker berkembang di tubuh manusia. Selain mencegah sel kanker berkembang ke seluruh tubuh, kopi hijau juga dapat mencegah timbulnya bibit kanker pada tubuh manusia.

 

  1. Mengatasi Diabetes

Biji kopi hijau memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Kandungan antioksidan dalam kopi hijau mampu mengurangi dan menyeimbangkan kadar gula darah dalam tubuh. Berkurangnya kadar gula darah ini, dapat mencegah terjadinya penyakit diabetes mellitus atau biasa disebut diabetes.

Pencegahan dan penyembuhan penyakit diabetes harus cepat dilakukan, karena penyakit diabetes dapat membuat luka yang dialami oleh penderita diabetes dapat bertahan lebih lama dan memperparah luka yang ada dalam tubuh.

Luka yang disebabkan karena tingginya kadar gula dalam darah dapat menyebabkan bagian tubuh diamputasi. Untuk mencegah terjadinya hal tersebut, meminum kopi hijau dapat menjadi salahsatu alternatif pengobatan alami, karena kopi hijau dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.

  1. Mencegah Terjadinya Penuaan Dini

Kopi hijau memiliki kandungan GABA. Dimana kandungan ini dipercaya dapat menjaga kesehatan kulit dan mencegah terjadinya penuaan dini. Penuaan dini yang terjadi terlebih pada wanita, dapat mengurangi rasa percaya diri pada penampilan.

Untuk itu, agar penampilan tetap terjaga, masalah penuaan dini pada wajah harus diatasi. Salah satu cara yang dapat dilakukan yakni dengan meminum kopi hijau secara rutin.

 

  1. Menekan Rasa Lapar

Jika jenis kopi hitam biasa dapat membuat mudah merasa lapar, meminum kopi hitam malah dapat menekan rasa lapar. Efek yang ditimbulkan oleh rasa lapar yang dapat ditekan ini yakni secara tidak langsung dapat menurunkan berat badan.

Oleh karena itu, bagi yang ingin memiliki berat badan yang terjaga, dapat meminum kopi hijau secara rutin. Dengan meminum kopi hijau, rasa lapar dapat ditekan sehingga porsi makan juga akan berkurang. Dengan demikian, tidak banyak lemak dan makanan yang masuk kedalam tubuh menambah berat badan.

 Manfaat dan Cara Membuat Kopi Hijau

 

Cara Menyimpan Kopi Hijau

Manfaat dan Cara Membuat Kopi Hijau, Bubuk kopi perlu disimpan dengan benar agar cita rasa kopi tetap terjaga. Cara menyimpan bubuk kopi yakni dengan menggunakan peralatan vakum segel.

Biji kopi hijau yang telah dikemas, dapat disimpan di dalam karung dan diletakkan di lemari dalam keadaan gelap. Penyimpanan kopi dengan cara ini dapat membantu citarasa kopi dalam waktu satu tahun.

Yang perlu diperhatikan yakni jangan sampai segel tersebut terbuka. Jika segel kopi terbuka, maka citarasa kopi dapat hilang dalam beberapa hari saja.

Cara penyimpanan kopi benar-benar harus dijaga agar rasa kopi tetap terjaga. Apabila menginginkan rasa kopi yang lebih baik, pengolahan biji kopi dapat dilakukan secara mendadak.

Kopi yang diolah hanya sesuai porsi kebutuhan saja. Cara ini akan membuat biji kopi selalu baru dan rasa yang diciptakan juga akan lebih nikmat.

 

Cara Membuat Kopi Hijau

Tidak hanya kopi hijau, kopi pada umumnya disajikan dengan menarik dan dengan beberapa teknik tertentu untuk mendapatkan hasil rasa yang nikmat.

Yang terpenting dalam penyajian kopi hijau adalah jumlah takaran bubuk kopi dengan air. Kopi hijau yang digunakan untuk diet, takarannya yakni satu gelas bubuk kopi hijau, air yang digunakan adalah tiga gelas air.

Jadi dapat dikatakan bahwa perbandingan antara kopi dan air adalah 1:3. Untuk melakukan diet dengan kopi hijau, dalam rebusan bubuk kopi hijau dapat ditambahkan jeruk nipis, daun mint, gula atau madu.

Kopi hijau yang digunakan sebagai obat alami, lebih baik tidak dicampuri bahan apapu. Namun, jika hanya untuk sekadar ingin menikmati kopi hijau, kopi hijau dapat ditambahkan dengan susu, creamer, atau bahan campuran lainnya untuk menciptakan kenikmatan dalam meminum kopi hijau.

Meskipun popularitas kopi hijau masih kalah apabila dibandingkan dengan teh hijau. Namun, banyaknya manfaat yang dapat diambil dari mengkonsumsi kopi hijau juga tidak kalah dengan manfaat yang diberikan teh hijau untuk kesehatan.

Jika ingin merasakan kopi hijau, namun tidak tahu cara mengolah dan sulit mendapatkan biji kopinya, sekarang sudah banyak bubuk kopi hijau yang dijual di pasaran.

Perlu sesekali, atau bisa dijadikan rutinitas meminum kopi hijau, selain untuk menikmati cita rasa kopi, banyak manfaat yang diambil dari meminum kopi hijau.

Sekianlah artikel manfaat dan cara membuat kopi hijau dari saya semoga ini bermanfaat dan berguna dan mohon maaf bila ada kesalahan kata dari artikel manfaat dan cara membuat kopi hijau.