Manfaat Bonggol Jagung – Siapa nih yang belum pernah memakan jagung? Sepertinya semua orang sudah pernah mengonsumsinya. Nah, menurut Wikipedia nih, jagung adalah tanaman pangan yang terpenting karena menghasilkan karbohidrat tinggi (selain gandum dan padi).

Di Amerika Tengah dan Selatan, juga beberapa bagian Indonesia, jagung menjadi makanan pokok, lho. Bagi kita yang tinggal di wilayah timur, mungkin kita makan jagung untuk tambahan saja, ya?

Namun, setelah kita mengonsumsi jagung, kita pasti langsung membuang bonggolnya. Padahal, bonggol jagung memiliki segudang manfaat yang bisa bikin anda jadi pengusaha.

Apa saja manfaat bonggol jagung itu? Yuk langsung cek saja 7 manfaat bonggol jagung berikut ini!

manfaat bonggol jagung

7 Manfaat Bonggol Jagung

  1. Sebagai Bahan Kerajinan Tangan

Pasti jarang terlintas di benak anda jika ternyata bonggol jagung dapat digunakan sebagai bahan kerajinan tangan. Kerajinan dari bonggol jagung sangat menarik dan unik dan dapat digunakan sebagai oleh-oleh.

Kerajinan yang dapat dibuat dari bonggol jagung adalah kap lampu, sketsel, tatakan gelas, tempat tisu, anyaman tas, tas laptop, hingga cooler laptop.

Jika anda dapat mengelolanya dengan benar, anda dapat menjualnya hingga sampai ke mancanegara!

Baca juga: Kegunaan Tepung Maizena dalam Kehidupan Sehari-hari

  1. Sebagai Pakan Ternak

Pertama kali, pengolahan limbang bonggol jagung menjadi pakan ternak telah diujicoba oleh jepang. Bonggol jagung digunakan sebagai pakan organik untuk unggas, sapi dan kambing.

Untuk pembuatan pakan ternak dari bonggol jagung, pertama-tama bonggol jagung yang kering digiling hingga mendapatkan tepung jagung. Nah tepung jagung tersebut dinamakan cocombu yang memiliki karbohidrat, asam amino, protein dan mineral yang bagus untuk pertumbuhan ternak.

  1. Sebagai Bahan Kuliner

Bagi yang menginginkan campuran manis dan segar untuk kue atau kuliner lain, bonggol jangung dapat dimanfaatkan menjadi pati.

Untuk membuatnya, bonggol jagung dihaluskan menggunakan mesin penggiling. Setelah itu direndam dengan air dingin. Beberapa jam kemudian akan terlihat pati yang mengendap.

  1. Sebagai Pengganti Bahan Bakar Gas

Ajaib, manfaat bonggol jagung juga dapat digunakan sebagai bahan bakar gas. Bonggol jagung dikeringkan terlebih dahulu. Jika sudah menghasilkan uap, akan disaring menggunakan alat penyaring uap cair.

Nah, beruntungnya bahan bakar gas dari bonggol jagung ini ramah lingkungan tanpa menimbulkan efek samping.

  1. Sebagai Pengganti Tissue Toilet

Manfaat bonggol jagung yang satu ini sangat unik. Pernah digunakan oleh orang Amerika sebagai tisu toilet. Selain itu juga dipakai untuk pipa tembakau. Unik, ya?

  1. Sebagai Alternatif Bahan Bakar

Selain sebagai bahan gas, bonggol jagung juga bermanfaat sebagai bahan bakar yang sangat awet. Jika anda ingin memasak sesuatu yang lama, dengan nyala api yang besar dan tidak ingin berboros-boros ria, gunakanlah bonggol jagung.

Sangat direkomendasikan karena bonggol jagung yang dibakar, jika terkena lahan, lahan akan subur karena akan bertambahnya unsur K dalam tanah.

  1. Sebagai Pengganti bahan Plastik

Kita pasti tahu bahwa plastik merupakan limbah manusia yang sulit sekali didaur ulang. Jika dibuang saja, tanah memerlukan waktu 1000 tahun untuk mengurai plastik.

Walaupun saat ini jarang sekali terdapat di Indonesia, namun Bonggol jagung dapat digunakan sebagai platisk biodegrediable. Bonggol jagung memiliki kandungan seliosa, hemiseliosa, dan lignin yang merupakan material untuk dijadikan biopolimer.

Plastik biodegediable ini dapat digunakan untuk membungkus makanan atau benda-benda lain. Hal itu dapat mengurangi limbah plastik yang berjibun.

Baca juga: Cara Membuat Tepung Jagung Untuk Berbagai Olahan Makanan

Nah, itu tadi manfaat bonggol jagung yang mungkin belum anda ketahui. Jika anda ingin menjadi pengusaha dari bonggol jagung, segeralah bersiap-siap dan pilihlah sesuai dengan kesukaan anda dari manfaat bonggol jagung ini. Semoga membantu!