Manfaat Air Kelapa Merah

Pada kali ini kita akan membahas manfaat air kelapa merah, sebelum membahas manfaatnya mari kita bahas kelapa merah terlebih dahulu.

Kelapa merah adalah kelapa hijau yang memiliki serat merah keunguan pada sabut kelapanya.

Adapun nama lain kelapa merah dikalangan masyarakat adalah kelapa wulung.

Seperti halnya jenis kelapa lain, kelapa merah juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan baik air, maupun daging buahnya.

Karena kelapa merah memiliki kandungan vitamin dan senyawa yang di butuhkan tubuh manusia, dan kandungan vitamin / senyawa kelapa merah diantaranya arginin, pantotenat, riboflavin, glukosa, alin, biotin,sukrosa, alanin, fruktosa, sistin, dan tanin.

Nah bagaimana banyak sekalikan kandungan nutrisi atau vitamin kelapa merah? Oleh sebab itu kelapa merah sering diburu orang untuk diminum air-nya, karena manfaat air kelapa merah sangatlah luar biasa, dan mereka mempercayai kelapa merah sebagai kelapa yang memiliki manfaat paling banyak dan paling manjur untuk dijadikan obat.

Pasti Anda makin penasaran dengan manfaat air kelapa merah bukan?, Sekarang mari kita bahas manfaat air kelapa merah dibawah ini.

Manfaat Air Kelapa Merah Bagi Kesehatan

 

1. Baik Untuk Kesehatan Pencernaan

Sifat alami kelapa merah ternyata dapat memberikan efek tenang / rileks, jadi kelapa merah dapat menjadi pilihan tepat dalam mengatasi berbagai gangguan atau masalah pencernaan.

Dengan Anda rutin mengkonsumsi air kelapa merah, Anda dapat memenuhi asupan elektrolit esensial yang dibutuhkan oleh tubuh sebagai pengganti elektrolit yang hilang setelah masalah pencernaan.

Pencernaan yang sehat dan lancar juga bisa didapatkan dengan manfaat beberapa bahan alami lainnya di sekitar kita seperti manfaat daun senna dan manfaat pisang ambon.

2. Mencegah Dehidrasi Berlebih

Dan semua orang talah megakui bahwa manfaat air kelapa merah juga dapat menyegarkan tubuh kembali setelah beraktifitas seharian.

Selain itu kandungan elekterolit yang dimilikinya dapat membantu menjaga keseimbangan kadar elektrolit dalam tubuh sehingga kita terhindar dari dehidrasi.

Manfaat air kelapa merah juga dapat berfungsi sebagai penjaga keseimbangan cairan dalam tubuh.

3. Mengatasi Sakit Kepala

Sakit kepala bisa disebabkan oleh banyak faktor salah satunya kekurangan cairan dan elektrolit dalam tubuh.

Untuk mengatasinya dianjurkan untuk mengonsumsi air kelapa merah karena selain memberi asupan cairan yang mengandung elektrolit juga mengandung magnesium untuk mencukupkan kebutuhan mineral tubuh.

Terutama pada kasus dimana penderita sakit kepala atau migrain memiliki kadar magnesium yang rendah.

Karena magnesium memiliki manfaat untuk menunjang berbagai fungsi tubuh agar bekerja dengan semestinya.

4. Sebagai Penawar Racun

Dibandingkan jenis kelapa lain kelapa merah memiliki kandungan senyawa tannin yang lebih tinggi sehingga dapat dimanfaatkan sebagai penawar racun.

Selain Air Kelapa Merah sebagai penawar racun, banyak juga tumbuhan yang memiliki manfaat yang sama sebagai penawar racun, diantaranya adalahmanfaat daun gamal, manfaat teh hijau, dan manfaat akar pisang.

5. Melancarkan Buang Air Kecil

Kelapa merah telah di percaya sejak dulu dapat melancarkan buang air kecil sehingga berbagai zat sisa dan racun dapat dikeluarkan dengan lancar dari dalam tubuh.

Karena hal tersebut didukung oleh sifat diuretik yang dimiliki oleh kelapa merah.

Dengan lancarnya proses buang air kecil turut berpengaruh pada kesehatan saluran kemih sehingga terhindar dari berbagai infeksi yang berpotensi menyerang saluran kemih.

Obat alami lainnya yang dapat digunakan untuk melancarkan buang air kecil diantaranya manfaat daun bengang, manfaat lembayung, dan manfaat teh alang alang.

6. Baik Untuk Penderita Diabetes

Kelapa merah juga telah terbukti aman di konsumsi oleh penderita diabetes, sebab kelapa merah memiliki kandungan asam amino dan serat alami yang dapat meningkatkan sensitifitas insulin.

Seperti diketahui insulin berperan penting dalam menjaga kestabilan kadar gula darah dalam tubuh.

Manfaat meningkatnya sensitifitas insulin dalam tubuh ialah dapat menjaga kestabilan kadar gula darah dalam tubuh.

Beberapa makanan lain yang juga berpengaruh positif pada penderita diabetes diantaranya manfaat buah naga untuk diabetes, manfaat bengkoang untuk diabetes, dan manfaat daun pepaya untuk diabetes.

7. Asupan Minuman Alami

Air kelapa merah pada dasarnya mengandung zat yang berguna sebagai isoton.
Meminum Air kelapa merah dapat mencukupi asupan cairan bagi tubuh, dan merubahnya menjadi energi atau tenaga untuk aktifitas sepanjang hari.

Selain itu, segelas Air kelapa merah yang dikombinasi dengan dua sendok makan madu, dapat meningkatkan stamina tubuh yang lesu dan kurang bersemangat.

8. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Perubahan paling kentara Ibu hamil terlihat jelas pada fisik dan mental.

Ibu hamil perlahan mulai menggemuk dan bertambah berat badannya disertai perasaan yang labil, mudah emosi dan apa-apa dibawa perasaan. Anda tidak perlu takut, karena ini hal yang wajar.

Ketika perubahan tersebut berlangsung, tubuh seringkali menjadi rentan dan mudah sakit.

Misalnya pusing, flu, capek-capek dan lain-lain. Untuk mengatasi masalah tersebut secara alami, Air kelapa merah dapat bermanfaat meningkatkan sistem imun atau kekebalan yang membentengi tubuh dari serangan virus dan penyakit.

9. Meredakan Alergi

Ibu hamil kerap kali tergoda berbagai macam makanan yang aneh-aneh. Ini adalah bawaan alami.

Terkadang keinginan tersebut begitu kuat sehingga sampai pada titik mengidam. Tidak jarang, ibu hamil mendambakan makanan yang justru berakibat pada alergi pencernaan.

Nah, mengkonsumsi Air kelapa merah sangat cocok untuk ibu hamil, karena bisa menormalkan kembali pencernaan dan mengurangi mual-mual setelah mengalami alergi makanan atau minuman tersebut.

10. Merangsang Syaraf Otak Janin

Pastinya Anda sudah mengetahui, bahwa sel dan syaraf janin yang tumbuh di dalam kandungan sudah mulai terbentuk dan mengalami pengembangan secara signifikan.

Untuk menunjang pertumbuhan sel dan syaraf tanpa formula kimiawi, ibu hamil dapat mengkonsumsi Air kelapa merah yang secara alami mengandung omega yang berfungsi sebagai kecerdasan otak.

Ini merupakan salah satu upaya untuk menyiapkan buah hati Anda menjadi generasi yang cerdas.

11. Membentuk Struktur Janin

Air kelapa merah di dalamnya mengandung zat yang disebut polisakarida, zat besi, vitamin C, vitamin B, Tryptophan, dll yang sangat berguna untuk pembiakan sel-sel dan pertumbuhan tulang sum-sum pada janin ibu hamil.

Air kelapa merah sangat kaya akan kandungan gizi dan elektrolit yang dapat membantu kelangsungan hidup sel dengan menyediakan bahan-bahan yang dibutuhkan oleh sel-sel tubuh janin.

Konon, bagi sebagian masyarakat agraris, mengkonsumsi daging kelapa muda juga sangat dianjurkan bagi ibu hamil agar bayi yang dilahirkan nanti kulitnya lembut dan halus.

12. Menjaga Suhu Tubuh

Masalah kepanasan atau sumuk bisa setiap saat dialami oleh ibu hamil. Ini bisa terjadi karena faktor cuaca atau memang dari dalam tubuh ibu hamil sendiri.

Ini karena perubahan hormon dan meningkatkan suplai darah ke dalam kulit. Tubuh yang terasa panas ini bisa juga mengakibatkan ibu hamil merasa ingin pingsan.

Air kelapa merah sebagai elektrolit alami cocok untuk mengembalikan kesegaran tubuh dan menurunkan suhu panas di dalam tubuh. Air dengan ditambah sedikit es cocok untuk mengusir panas tersebut.

Selain air nya kelapa juga dapat kita gunakan sebagai minyak terapi, atau dengan membuatnya menjadi minyak kelapa murni.

Semoga dapat bermanfaat yah apa yang http://www.infopeluangusaharumahan.com sampaikan pada postingan kali ini.