Makanan Ringan Yang Mudah Dibuat Untuk Dijual

Keragaman di Indonesia telah menyebabkan warisan kuliner yang kaya. Mulai dari rendang terkenal hingga salad, gado-gado, setiap makanan Indonesia benar-benar layak untuk dicoba. Disini kita akan berbicara tentang berbagai makanan ringan yang mudah dibuat  untuk dijual :

  1. Klepon

Klepon adalah camilan khas Indonesia yang cukup terkenal dan sering dikategorikkan sebagai makanan pasar atau jajanan pasar. Makanan ringan ini terbuat dari tepung beras dan tepung beras ketan yang diisi dengan gula aren yang meleleh. Camilan berbentuk marmer juga ditutupi oleh kelapa parut. Makanan ini membuat selera anda menari-nari.

Dan berikut saya juga akan memberitahu bagaimana cara membuat klepon yang mudah ? Kalian mau tau kan ? Yuk terus simak kebawah sampai selesai.

baca juga Usaha Rumahan Makanan Ringan Di Desa Yang Menguntungkan

Bahan Bahan Resep Klepon Ketan Gula Merah :

  1. Tepung Beras dengan kualitas bagus sebanyak 50 gram. Sebaiknya gunakan merek favorit yang sudah cukup terkenal supaya hasilnya enak.
  2. Pasta Hijau Pandan sebanyak kurang lebih 2 sendok kecil atau sendok teh.
  3. Tepung ketan halus sebanyak 250 gram. Lebih baik di ayak dahulu supaya hasilnya nanti lembut.
  4. Gula Merah Jawa sebanyak 190 gram sampai 220 gram. Iris tipis tipis supaya nanti mudah dimasukkan ke dalam adoanan kue klepon nya nanti.
  5. Garam Dapur halus beryodium sebanyak seperempat sendok kecil atau sendok teh.
  6. Air bersih matang sebanyak 280 ml. gram. Bisa ditambahkan atau dikurangi sampai adonan pas.
  7. Daun pandan segar sebanyak 1 lembar. Cuci bersih dahulu sebelum di gunakan.
  8. kapur sirih sebanyak seperempat sendok kecil dan air sebanyak 50 ml untuk membuat air kapur.
  9. Setengah Buah Kelapa (jangan terlalu tua) dan parut.

Cara Membuat Resep Klepon Ketan Enak :

  1. Langkah pertama membuat air kapurnya. Campur dan endapkan seprempat sendok kapur sirih dan air nya. Ambil Air Kapurnya sebanyak 2 sendok kecil.
  2. Ambil satu wadah untuk adonan. Masukkan 250 gram Tepung ketan dan Tepung beras sebanyak 50 gram. Aduk rata kedua bahan tersebut sampai tercampur rata.
  3. Masukkan 2 sendok pasta pandan dan air kapur nya. Aduk sebentar.
  4. Masukkan air bersih matangnya sedikit demi sedikit sambil diaduk ke dalam adonan tepung di atas. Tambahkan apabila di arasa adonan masih terlalu kental dan susah di bentuk.
  5. Ambil adonan diatas dan bentuk seperti bola lalu pipihkan. Jumlah adonan silahkan disesuaikan dengan besarnya kue yang nanti akan di buat.
  6. Ambil sedikit irisan gula merah. taruh di atas adoanan pipih di atas dan kemudia bentuk bulatan seperti bola. lakukan proses ini sampai adonan rsep Klepon dan gila merah jawanya habis.
  7. Panaskan air untuk merebus adoannay dengan api sedang kecil. Setelah api mendidih, masukkan satu persatu adonan bentuk bila diatas ke dalamnya.
  8. Tunggu sampai adonan melayang di dalam air rebusan nya. Tiriskan sebentar lalu siapkan kukusan.
  9. Ambil satu wadah ukuran sedang dan masukkan parutan kelapa, seperempat sendok kecil agram dan daun pandannya. Aduk dan campur sampai rata dan kukus sebentar.
  10. Ambil kue klepon diatas dan masukkan kedalam wadah parutan kelapa di atas. Cukup gulingkan sampai kulit luarnya tertutup parutan kelapa. Ulangi proses ini untuk semua kue yang akan di buat.
  11. Pastikan semua bagian kulit luar klepon tertutupi kelapa dan hidangkan.

2. Kripik Tempe

Keripik tempe dengan sensasi kriukk dan renyah nya seringkali membuat kita tidak bisa berhenti untuk terus menikmatinya. Cita rasanya yang kaya akan rempah, gurih dan garing menjadi ciri khas yang tidak bisa dihilangkan dari keripik tempe goreng.

Karena sensasi menggelitik dari keripik tempe, membuat makanan ringan ini menjadi salah satu oleh-oleh yang khas di beberapa kota di Indonesia. Kota penghasil keripik tempe yang terkenal dan populer di Indonesia adalah Keripik Tempe Bandung, Keripik Tempe Kebumen, Keripik Tempe Purwokerto dan lain sebagainya.

Keripik Tempe adalah jenis makanan ringan berbahan tempe kedelai yang digoreng kering dengan irisan tipis dan di campur bumbu rempah dan bahan-bahan lainnya. Tempe sendiri merupakan olahan kedelai yang dalam sejarahnya berasal asli dari Indonesia. Itu berdasarkan pada beberapa penemuan kuno di tanah Jawa. Maka tak aneh lagi jika industri tempe kedelai banyak berada di daerah Jawa.

Bahan Membuat Tempe Kedelai :

  • Kedelai putih 1kg
  • Ragi 1 sendok teh
  • Tepung sagu/tapioka 1kg

Cara Membuat Tempe Kedelai :

  1. Langkah awal, cuci bersih kedelai.
  2. Kemudian direbus selama 45 menit, buang air rebusan ganti air baru. Lalu, rendam selama 12 jam.
  3. Selanjutnya itu cuci bersih sambil diremas agar kulit kedelainya terkelupas.
  4. Jika kedelai sudah bersih, kukus selama 15 menit. Lalu angin-anginkan.
  5. Bila kedelai sudah hangat kuku masukan ragi tempe dan tepung sagu, aduk hingga rata.
  6. Masukkan kedalam plastik sambil ditekan agar padat(tujuannya agar nanti setelah menjadi tempe gampang diiris dan tidak mudah hancur)
  7. Setelah semua selesai dibungkus, tusuk tusuk plastik menggunakan tusuk gigi atau garpu.
  8. Eram didalam kardus dan tutup dengan kain bersih (ini bertujuan agar prosses peragian berjalan sempurna).
  9. Diamkan selama 24 jam.
  10. Setelah jadi tempe diiris-iris tipis dengan alat pemotong keripik ataupun manual dengan pisau tajam, sisihkan.