7 Makanan Paling Laris di Kantin Sekolah Dan Tips Jualan

Makanan paling laris di kantin sekolah – Siapa yang tidak suka dengan jajan di kantin sekolah. Pasti semua pernah dong jajan ke kantin sekolah, apalagi jika istirahat tiba pasti buruan yang pertama yaitu kantin. Karena sudah beberapa jam pembelajaran pasti perus akan terasa lapar.

Jika sudah pergi ke kantin pasti makanan apa saja mau di beli. Makanan yang sering diburu di kanin adalah aneka macam makanan ringan atau berat.

Nah makanan apa saja sih yang paling laris di kantin sekolah, Pasti kalian sudah tahu dong contohnya. Berikut ini contoh makanan paling laris di kantin sekolah.

1. Gorengan

Makanan Paling Laris di Kantin Sekolah
gorengan

Siapa yang tak suka dengan gorengan ini yaitu gorengan. Contoh makanan paling laris di kantin sekolah yang nomor satu tentunya adalah gorengan. Semua orang Indonesia pasti suka sama gorengan. Gorengan sering dijadikan makanan incaran saat sarapan, brunch, teman makan siang pakai nasi, sama buat ganjel perut pas mau pulang sekolah. Intinya, gorengan pasti laku terus setiap jam karena pasti ada saja yang bakal beli gorengan.

Gorengan dipilih tentu karena rasanya yang enak. Tekstur garing, rasa yang familiar, dan sensasi pedas kalau makan gorengannya pakai cengek (cabai rawit), beuh, mantap banget pokoknya. Gorengan ada bermacam-macam, mulai dari yang paling populer yaitu bakwan atau bala-bala, gehu, tempe, ubi, risoles, kroket, pisang molen, cireng, singkong, hingga lontong untuk “karbohidrat”-nya.

Enggak mungkin kalian tak suka dengan makanan satu ini. Gorengan adalah salah satu makanan yang paling banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Gorengan juga bisa dimakan kapan saja dan hal inilah yang membuat gorengan selalu jadi rebutan di kantin sekolah. Apalagi dengan tambahan sambal tomat, cabe rawit, kecap, dan lain sebagainya yang semakin menambah cita rasa gorengan.

2. Siomay

makanan paling laris di kantin sekolah
siomay

Yang kedua yaitu siomay. Bagi yang lapar namun tak ingin makan nasi biasanya anak sekolah akan memilih untuk makan siomay. Karena selain mengenyangkan perut makanan ini juga enak rasanya dan harganya tidak terlalu mahal, cukup untuk anak sekolah yang berkantung sedang.

3. Seblak

makanan paling laris di kantin sekolah
seblak

Salah satu makanan yang terbuat dari kerupuk yang direbus dan diberi bumbu pedas ini memang sedang trend apalagi di kantin sekolahan. Harganya pun tidak terlalu mahal. Biasanya seblak bisa dijual dengan aneka rasa, mulai dari original, seblak bakso, seblak ceker, seblak ayam hingga seblak campuran.

4. Nasi Goreng

makanan paling laris di kantin sekolah

Nasi Goreng adalah makanan paling laris di kantin sekolah yang ke-3 adalah nasi goreng. Siapayang tidak suka nasi goreng? Pasti semuanya suka, dong, ya, apalagi orang Indonesia. Cara membuat nasi goreng sangat simpel, Anda hanya membutuhkan nasi, bawang merah dan bawang putih, telur, lalu sisanya bisa disesuaikan dengan kreasi Anda.

Anda bisa menjual nasi goreng porsi mini yang dimasukkan ke tempat snack plastik dan menjualnya seharga Rp 2 – 3 ribu. Untuk nasi goreng porsi normal (di piring), Anda bisa menjualnya sekitar Rp 10 ribuan. Harga bisa saja jadi lebih mahal lagi kalau anda menambahkan topping seperti sosis, ayam, double telur, baso, dan lain-lain.

5. Mie Instan & Bakso

makanan paling laris di kantin sekolah

Tidak ada yang bisa menandingi kelezatan mie instan. Jika Anda ingin warung Anda laku, saya sarankan untuk menyediakan mie instan. Makanan ini rasanya sangat lezat dan tidak pernah bikin orang bosan. Rata-rata orang memesan mie instan sebagai makan siang, tapi kadang ada juga yang ingin sarapan pakai mie instan.

Lalu, kalau Anda punya keahlian meracik bakso, Anda bisa sekalian berjualan bakso juga. Biasanya kalau Anda menjual mie instan dan bakso sekaligus, anak-anak suka minta mie instannya ditambah bakso.

Jika biasanya Anda hanya menjual mie instan seharga Rp 5 ribu, dengan tambahan bakso Anda bisa menaikan harganya jadi Rp 8 – 10 ribu. Lumayan, kan? Kadang ada juga yang tidak mau makan mie instan dan ingin baksonya saja, untuk itu Anda juga perlu menyediakan mie, bihun, tauge, sosin (sawi), bumbu, dan pelengkap bakso lainnya. Jika Anda bisa masak mie ayam, sekalian juga buka stall mie ayam.

6. Jus Buah & Ice Blended

makanan paling laris di kantin sekolah

Rekomendasi makanan paling laris di kantin sekolah yang selanjutnya tentang minuman adalah jus buah dan ice blended. Biasanya, pedagang jus buah sekalian menyediakan ice blended juga, karena bahan dan alat yang diperlukan sama, yaitu air, es batu, dan blender.

Untuk buahnya, usahakan selalu segar, ya, karena kualitas buah akan menentukan rasa jus juga. Mana lagi buah yang hampir busuk tentu dapat memiliki dampak berbahaya untuk tubuh. Lalu, untuk ice blended, Anda bisa menyediakan serbuk minuman seperti Pop Ice, Nutrisari, Milo, Nescafe, dan lain sebagainya. Anda juga bisa menyediakan topping seperti mesess atau susu.

7. Pisang Cokelat

makanan paling laris di kantin sekolah

Jajanan kuliner ini adalah perbaduan antara pisang dan taburan cokelat meses yang dibungkus dan digoreng garing. Terkadang kuliner ini juga divariasikan dengan keju. Pisang coklat ini merupakan salah satu jajanan makanan ringan untuk dijual disekolah karena dijamin pasti laris.

Kuliner enak dan murah ini biasa kita kenal dengan sebutan ‘Piscok’ singkatan dari pisang cokelat. Sekarang ini  yang menjual jajanan Piscok cukup banyak dan masing-masing juga mempunyai keunikan.

Walaupun bisnis Piscok sudah cukup banyak yang melakukan, peluang usaha untuk berjualan piscok masih cukup terbuka lebar lho. Selain dari modal awalnya yang sangat terjangkau, untung dari bisnis Piscok juga cukup menjanjikan.

Baca Juga : 3 Usaha Potensial Di Desa Yang Pasti Bikin Sukses

Tips Jualan Makanan Kantin Sekolah

  1. Buatlah makanan yang mengenyangkan

Bagi anak sekolah yang diberi uang jajan pas-pasan namun belum sarapan pagi, biasanya akan lebih memilih jajanan yang mengenyangkan dibandingkan enak rasanya. Karena bagi mereka makanan yang enak tak mengenyangkan karena ukurannya yang tidak besar.

2. Makanan yang Hangat Bukan Dihangatkan

Meskipun mereka masih anak-anak mereka sudah pintar memilih makanan. Mereka akan lebih memilih makanan yang masih hangat dan menghindari makanan yang dihangatkan. Apalagi jika itu gorengan, pasti ketahuan dari kulit gorengan yang lebih coklat atau menghitam. Lebih baik memasak makanannya satu jam menjelang istirahat pelajaran jadi makanan yang dijual masih hangat untuk di makan.

  1. Perhatikan Cuaca

Untuk minuman ada baiknya memperhatikan faktor cuaca. Jika cuacanya panas lebih baik Anda membuat es namun jika cuacanya dingin atau musim hujan ada baiknya Anda menjual teh hangat, bajigur, susu coklat atau minuman hangat lainnya.

  1. Harga Terjangkau

Karena berjualannya di kantin sekolah, semestinya harga yang di patok jangan terlalu mahal karena uang jajan anak sekolah biasanya terbatas. Untuk jajanan seperti gorengan ada baiknya Anda menjual dengan harga Rp 500-Rp1.000 per buahnya.

Begitu juga untuk roti atau snack-snack lainnya. Tapi jika Anda menjual makanan berat seperti bakso, mie ayam, nasi uduk atau siomay disarankan harganya tidak melebihi Rp 5000 per porsinya.

  1. Perhatikan Kebersihan

Jangan menjualnya di tempat terbuka, pilihlah tempat yang tertutup kemudiah wadahkan makanan dengan wadah yang tertutup sehingga terhindar dari serangga seperti lalat yang bisa menyebabkan penyakit.

Bersihkan secara berkala juga kantin Anda, misalnya pagi-pagi sebelum kantin Anda buka, setelah istirahat dan ketika mau pulang sekolah. Jangan lupa juga sedikan tempat sampah namun letaknya jangan dekat makanan melainkan beberapa meter dari kantin.

Nah bagi ibu-ibu kantin yang ingin dagangannya laris bisa coba contoh usaha makanan paling laris saat ini yang sudah tertera diatas. Semoga bermanfaat