Kue Berbahan Dasar Kelapa Tua Yang Manis Dan Gurih!

Kue berbahan dasar kelapa tua yang akan kita buat resep nya kali ini merupakan kue yang khas dari daerah yogyakarta yaitu geplak. Geplak sendiri merupakan makanan yang biasa di jadikan cemilan.

Kita juga telah memabahas macam olahan kelapa parut pada artikel sebelumnya yang juga membahas tentang olahan kelapa

Namun mungkin karena proses pembuatan nya yang harus benar-benar di perhatikan harga dari geplak ini sendiri dari tempat asal nya cukup mahal. Jadi untuk itu kali ini saya berikan resepnya untuk kalian agar bisa mencobanya di rumah.

Selain tanpa harus jauh-jauh ke jogja untuk membeli atau ketoko kalian bisa membuat nya sendiri di rumah. Selain itu juga pasti lebih higienis dan terjamin kebersihan bahan-bahan nya karena kalian sendiri yang membuat nya.

Bahan-bahan dari membuat geplak sangat mudah untuk ditemui. Bahkan biasa di gunakan sehari-hari. Nah kalian pasti sudah tidak sabar kan inngin tahu resepny, tapi sebelum itu kalian harus tahu terlebih dahulu apa itu geplak. Kalau begitu yuk simak penjelasan nya.

Geplak

Makanan ini adalah sebuah makanan khas dari Kota Bantul yang sudah cukup terkenal dijadikan oleh-oleh wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta. Geplak berbentuk bulatan-bulatan dari daging kelapa yang disajikan dengan rasa manis.

Awalnya geplak yang merupakan kekayaan kuliner berasa manis ini hanya memiliki warna putih dan kelam, namun seiring dengan perkembangan jaman, olahan geplak tersebut mulai dimodifikasi dengan warna dan aroma yang bermacam-macam sehingga lebih menarik pembeli untuk mencicipinya.

Dahulu geplak sering dijadikan masyarakat sebagai makanan utama pengganti beras.

Hal tersebut disebabkan karena banyaknya bahan pembuat geplak yaitu daging kelapa serta berlimpahnya lahan tebu yang diolah untuk menjadi gula di pabrik-pabrik pengolahan tebu seperti Madukismo yang masih ada sampai saat ini.

Melimpahnya bahan pembuatan geplak terlebih saat musim paceklik dinama bahan makanan susah ditemukan inilah yang membuat masyarakat menjadikannya makanan pengganti beras atau nasi.

Dalam perkembangannnya saat ini makanan khas Bantul tersebut lebih dikenal oleh masyarakat sebagai oleh-oleh khas Yogyakarta dengan rasa manis.

Akan lebih nikmat lagi ketika geplak dinikmati selagi masih panas. Penjual geplak saat ini banyak ditemukan dipusat oleh-oleh di Yogyakarta sebagai oleh-oleh wisatawan.

Bagi wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta direkomendasikan juga membeli geplak dengan rasa manis sebagai alternatif oleh-oleh.

Bahan-bahan Membuat Kue Berbahan Dasar Kelapa Tua :

  • 1 buah kelapa setengah tua (500 GR)(aku pakai ukuran kecil 2 buah)
  • 200 gram gula pasir
  • 1/4 sendok makan vanili bubuk
  • 100 ml air matang
  • 2 tetes pewarna /pasta makanan (Aku pake pasta biar sekalian Ada Rasa Rasa nya)

Cara Membuat Kue Berbahan Dasar Kelapa Tua :

  • Siapkan semua bahan.
    Cuci bersih kelapa, lalu kupas kulit luarnya yg Coklat” itu.
  • Lalu parut kasar kelapa.
  • Panaskan wajan,beri gula pasir,air & vanili.
  • Masak sampai berbuih Dan Berambut Jangan diaduk ya.. masak Menggunakan API kecil Saja. Masak Smpai mengental Dan Berambut ya.
  • Lalu beri 2 tetes pewarna sesuai selera, aduk2 sampai rata & air gula terserap kelapa.
  • Lalu Masukan kelapa parut.
  • Aduk2 sampai gula rata.
  • Siapkan loyang/nampan,olesi sedikit minyak,cetak kembang gula dg 2 buah sendok makan,tata diatas loyang/nampan sampai selesai.
  • Biarkan dingin/mengeras,setelah benar2 dingin pindahkan ke toples/wadah kedap udara & Geplak aka Kembang Gula siap dinikmati.

NOTE : *Kelapa nya pake Kelapa Setengah Tua ya
*Yg riskan adalah step memasak Larutan Gula nya harus bener” Pas klo Tidak nanti Susah mengeras Gula kepala nya
*Jgn sekali Kali diaduk jika Gula blm sepenuhnya larut (atau nanti Gula Akan mudah mengkristal) cukup goyangkan Teflon/wajan Saja
*Masak Gula nya harus sampai Kental Dan Berambut ya agar mudah mengeras nantinya.