Minyak kelapa murni merupakan salah satu dari beberapa makanan yang dapat diklasifikasikan sebagai “makanan super”.

Mengapa disebut demikian? Karena minyak kelapa murni merupakan suatu bahan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh, baik untuk tubuh bagian luar maupun untuk tubuh bagian dalam.

Untuk bisa mendapatkan minyak kelapa murni pun tidak sulit. Anda bisa membelinya di toko atau bahkan bisa membuatnya sendiri.

Nah, untuk mengetahui lebih lanjut mengenai Khasiat Minyak Kelapa Murni, yuk kita simak ulasan berikut ini.

1. Minyak kelapa murni dapat membantu membakar lemak di dalam tubuh

Tahukah Anda bahwa saat ini obesitas adalah salah satu masalah terbesar di dunia. Banyak orang yang berpikir bahwa obesitas itu adalah soal kalori.

Padahal kenyataannya sumber kalori juga penting untuk tubuh manusia. Faktanya, jenis makanan yang berbeda dapat memengaruhi tubuh dan hormon kita dengan cara yang berbeda pula.

Kandungan The Medium-Chain Triglycerides (MCTs) dalam minyak kelapa dapat meningkatkan pembakaran kalori dan lemak dalam jumlah yang sama.

Suatu studi menemukan bahwa 15—30 gram MCT per hari dapat meningkatkan pengeluaran energi sebanyak 5% selama 24 jam. Dalam jangka panjang, minyak kelapa dapat menurunkan berat badan yang signifikan.

2. Minyak kelapa murni dapat membunuh mikroorganisme berbahaya

Hampir 50% dari asam lemak dalam minyak kelapa mengandung 12 karbon asam laurat. Ketika asam laurat dicerna terbentuklah zat yang disebut monolaurin.

Asam laurat dan monolaurin dapat membunuh patogen berbahaya seperti bakteri, virus, dan jamur.

Zat ini telah terbukti membunuh bakteri Staphylococcus Auerus (patogen yang sangat berbahaya) dan ragi Candida Albicans, sumber umum dari infeksi jamur pada manusia.

Dengan kata lain, asam lemak dan monolaurin yang terkandung di dalam minyak kelapa dapat membunuh patogen berbahaya dan mencegah adanya infeksi pada tubuh manusia.

3. Minyak kelapa murni dapat mencegah nafsu makan

Salah satu Khasiat Minyak Kelapa Murni adalah dapat mengurangi rasa lapar alias nafsu makan Anda.

Asam lemak yang terkandung dalam minyak kelapa murni memiliki efek mengurangi nafsu makan.

Suatu studi telah membuktikan bahwa orang-orang yang mengonsumsi minyak kelapa murni kondisi kesehatan tubuhnya terjaga.

Untuk jangka panjang, mengonsumsi minyak kelapa murni dapat memengaruhi berat badan (berat badan turun).

4. Minyak kelapa murni dapat mengurangi risiko penyakit jantung

Minyak kelapa murni mengandung lemak jenuh yang sehat. Lemak jenuh dalam minyak kelapa dapat meningkatkan kolesterol baik di dalam tubuh dan mengurangi efek negatif dari kolesterol jahat.

Asam laurat yang terkandung dalam minyak kelapa murni dapat membantu mencegah berbagai permasalahan penyakit jantung.

Selain itu juga bisa menghindarkan kita dari kadar kolesterol tinggi dan tekanan darah tinggi.

5. Minyak kelapa murni dapat bermanfaat bagi kecantikan

Selain bermanfaat bagi kesehatan tubuh bagian dalam, minyak kelapa murni juga memiliki khasiat bagi kecantikan lho.

Minyak kelapa dapat melindungi rambut dari kerusakan, melembabkan kulit, dan dapat juga digunakan sebagai sunscreen.

Ada studi yang menunjukkan bahwa minyak kelapa dapat meningkatkan kelembaban kulit.

Minyak kelapa juga bisa sangat protektif terhadap kerusakan rambut dan berfungsi sebagai tabir surya.

Selain itu, Khasiat Minyak Kelapa Murni adalah dapat membunuh beberapa bakteri berbahaya dalam mulut, meningkatkan kesehatan gigi, dan mengurangi bau mulut jika dijadikan sebagai obat kumur.

6. Minyak kelapa murni dapat mengurangi risiko penyakit Alzheimer

Alzheimer adalah penyakit yang menyerang otak yang menyebabkan penderitanya mengalami penurunan memori bahkan hilang sama sekali.

Dengan kata lain, penderita Alzheimer akan kehilangan banyak sekali memori di dalam otaknya sehingga ia tidak dapat mengingat kejadian-kejadian yang pernah terjadi dalam hidupnya.

Penyakit yang cukup mengerikan bukan? Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa kandungan zat keton dalam minyak kelapa bermanfaat untuk kesehatan otak.

Zat ini dapat membantu meningkatkan memori pada pederita Alzheimer. Para peneliti telah berspekulasi bahwa keton dapat menyediakan sumber energi alternatif untuk sel-sel otak yang rusak dan mengurangi gejala Alzheimer.

Itulah tadi beragam Khasiat Minyak Kelapa Murni. Bagi Anda yang ingin membuat minyak kelapa sendiri di rumah, cek artikel ini ya! Cara Membuat Minyak Kelapa Murni VCO Sendiri di Rumah