Keripik Singkong Maicih, Keripik Legenda Asal Tanah Jawa Barat

Resep Keripik Singkong Maicih

Keripik Singkong Maicih – Camilan asli Indonesia ini sangat fenomenal dan terkenal karena sensasi rasanya yang pedas dengan banyak level. Awal mulanya keripik singkong hanya di sajikan sangat sederhana, keripik singkong hanya sebagai cemilan biasa di rumah.

Keripik Singkong Maicih, Keripik Legenda Asal Tanah Jawa Barat

Keripik Singkong MaicihKeripik Singkong dulunya hanya memiliki rasa original saja yaitu hanya renyah dan rasa gurih saja, sehingga banyak sekali orang yang bosan dengan camilan ini. Namun setelah ada sentuhan dan sedikit kreasi dari para pecinta camilan, sekarang Keripik Singkong menjadi populer lagi di Indonesia, bahkan menjadi sangat terkenal di luar negeri.

Baca Juga : Resep Es Buah Naga, Pelepas Dahaga Disiang Hari

Keripik Singkong Maicih – Membuat Keripik Singkong ternyata sangat mudah, hanya cukup modal sabar saja anda sudah bias untuk membuat Keripik Singkong yang enak nan renyah. Bagi anda yang sudah penasaran dengan cara membuat Keripik Singkong yang renyah dan enak, kami akan membagikan bahan sekaligus cara membuat keripik singkong ini.

Keripik Singkong Maicih – Bahan bahan ini termasuk simpel dan mudah di dapat, murah harganya, serta gampang membuatnya tentu anda akan lebih bersemangat mencoba untuk membuatnya. Simak resep lengkap, aneka tips dan Cara Membuat Keripik Singkong berikut ini.

Baca Juga : Resep Rahasia Keripik Kentang Ala Chitato

Bahan Dan Langkah Membuat Keripik Singkong Maicih

Bahan untuk keripik singkong

  • 1/2kg singkong yang sudah dicuci bersih.
  • 8 bawang putih.
  • 75 gr cabai merah.
  • 1 sdm gula pasir.
  • 1 1/2 sdt garam.
  • minyak goreng

Baca Juga : Tips Memilih Singkong Dengan Kualitas Terbaik

Bahan untuk Rendaman Keripik Singkong

  • 1 sdt kapur sirih.
  • Garam sebanyak 1 sdt.

Cara Membuat Keripik Singkong

  • Iris singkong yang tadi sudah dicuci bersih menjadi tipis-tipis. Usahakan memotongnya dengan menggunakan alat pemotong khusus supaya ukurannya bisa diatur pas tidak terlalu tebal atau tipis dan ukurannya sama.
  • Campurkan garam dan sirih ke dalam air untuk bahan rendaman.
  • Rendam irisan singkong selama ±5 menit ke air rendaman. Angkat.
  • Bilas dengan air bersih dan rendam. Biarkan beberapa waktu agar air sedikit hilang.
  • Siapkan minyak goreng yang banyak untuk menggoreng keripik dan usahakan menggoreng dengan api sedang. Tiriskan.
  • Tumbuk bawang dan cabai. tumis kemudian tambahkan garam dan gula. Tumis hingga.
  • Selanjutnya masukkan keripik ke dalam bumbu tumis kemudian aduk hingga.

Tips Untuk Membuat Keripik Singkong Renyah Dan Enak

  1. Perhatikan pemilihan singkong jangan terlalu tua, cukup yang berumur 3 bulan kebawah agar keripik tidak keras dan hasilnya renyah.
  2. Cara Membuat Keripik Singkong yang renyah dan empuk ada triknya. Singkong segar yang sudah direndam, dikeringkan, dan tidak boleh terkena sinar matahari langsung. Setelah singkong benar-benar kering, kita mempersiapkan dua penggorengan. Penggorengan yang pertama berisi minyak dengan suhu sedang untuk menggoreng singkong setengah matang. Sedangkan penggorengan kedua berisi minyak dengan suhu yang panas maksimal. Penggorengan kedua ini digunakan untuk menggoreng irisan singkong hingga matang.
  3. Proses pembuatan keripik singkong cukup mudah namun perlu waktu untuk pengirisan menjadi tipis-tipis. Untuk itu perlu sedikit kesabaran untuk membuatnya menjadi camilan yang gurih. Kalau bisa menggunakan alat khusus untuk mengiris bahan mentah yang tipis-tipis, sekarang bisa anda jumpai di berbagai toko peralatan rumah tangga di pasar, sehingga anda tidak repot dan hasil pengirisan tipis serta konsisten.

Baca Juga : Resep Membuat Sambal Goreng Kentang Jamur