Kegunaan Tepung Maizena – Maizena adalah nama sebuah merk untuk tapung pati jagung yang sangat terkenal di Mexico. Karena kebiasaan masyarakat Indonesia yang salah kaprah, maizena diartikan dengan tepung pati jagung.

Tepung pati jagung sendiri adalah tepung yang terbuat dari biji jagung. Tepung pati jagung memiliki berbagai kandungan seperti kandungan gizi, protein, karbohidrat, kalsium, dan zat besi. Oleh karena itu, tepung maizena dapat digunakan untuk olahan makanan.

Namun selain untuk makanan, ternyata tepung maizena juga bermanfaat untuk kecantikan dan kesehatan lho. Penasaran apa saja kegunaan tepung maizena? Langsung saja cek di bawah ini!

Kegunaan Tepung Maizena

kegunaan tepung maizena

Kegunaan Tepung Maizena Untuk Olahan Makanan

  1. Sebagai bahan pengental

Tepung maizena sangat baik digunakan untuk pengental makanan, lho. Contohnya dalam pembuatan bubur atau saus. Untuk pengentalan bubur atau saus, pertama-tama tepung maizena dicairkan dulu dengan air sedikit. Setelah itu masukkanlah ke dalam adonan bubur atau saus, lalu didihkan hingga kental.

  1. Pengganti tepung terigu

Tepung maizena juga berguna untuk pengganti terigu. Biasanya, dalam pembuatan kue kering atau cake, kita menggunakan tepung terigu sebanyak 200 gram. Dengan menggunakan tepung maizena, kita bisa mengurangi 30 gram tepung terigu dan digantikan dengan tepung maizena. Gunanya agar rasa kue lebih sempurna.

  1. Perenyah makanan

Ingin membuat makanan yang renyah-renyah seperti kentang goreng atau bawang goreng? Taburi saja kentang  atau bawang yang baru anda rendami air garam dengan sedikit tepung maizena. Tepung maizena akan menyerap pada kentang atau bawang anda sehingga setelah digoreng rasanya akan renyah.

  1. Penghalus kue

Sering kali dalam pembuatan kue, rasanya belum halus. Nah agar rasanya halus dan lembut anda perlu mencampurkan adonan kue dengan tepung maizena ini. Untuk pembutannya, anda hanya perlu mencampurkan 15 % nya saja dalam pencampuran bahan adonan.

Baca juga: Cara Membuat Tepung Jagung Untuk Berbagai Olahan Makanan

Kegunaan Tepung Maizena Untuk Kecantikan

  1. Mengatasi minyak pada rambut

Selain untuk olahan makanan, ternyata tepung mazena berguna untuk kecantikan. Contohnya untuk mengatasi rambut berminyak ini. Bagi sebagian orang yang memiliki rambut berminyak, pasti sangat malu dan repot sekali. Dengan tepung maizena, anda hanya perlu menaburkan sedikit tepungnya ke rambut anda kemudian sisirlah seperti biasa. Setelah itu rambut anda akan bebas minyak!

  1. Masker wajah

Punya wajah yang berminyak dan rasanya ingin wajah seperti kena minyak goreng? Nah, tepung maizena ternyata sangat bisa dijadikan bedak. Kedengarannya aneh memang, namun kenyataannya dengan menggunakan bedak dari tepung maizena, minyak berlebih pada wajah akan berkurang.

Tepung maizena juga dapat digunakan sebagai masker karena memiliki kandungan yang sangat baik untuk wajah. Dalam pembuatan maskernya, anda dapat mencampurnya dengan madu, minyak zaitun, atau bahan lainnya!

Baca juga: Cara Membuat Emping Jagung Yang Gurih dan Renyah

Kegunaan Tepung Maizena Untuk Kesehatan

  1. Mencegah anemia

Mencegah anemia dapat ditanggulangi dengan mengonsumsi makanan yang mengandung tepung maizena. Tepung maizena yang berasal dari jagung memiliki kandungan vitamin B dan asam folat yang bermanfaat untuk pencegahan anemia.

  1. Menguatkan tulang

Dalam penguatan tulang, tepung maizena memiliki peran yang sangat penting. Dikarenakan jagung memiliki kandungan zat besi sehingga dapat menguatkan tulang-belulang.

  1. Menghilangkan alergi kulit

Terkena gigitan serangga sehingga bentol-bentol atau bintik merah pada kulit? Jangan khawatir dahulu karena tepung maizena dapat menghilangkan keluhan-keluhan seperti itu. Caranya gampang sekali, anda hanya tinggal menaburkan tepung maizena pada kulit yang terkena alergi.

Baca juga: Cara Membuat Keripik Jagung Enak, Gurih, dan Renyah

Nah, itu tadi adalah kegunaan tepung maizena untuk kehidupan sehari-hari. Jadi mulai sekarang selalu siapkan tepung maizena di dapur anda, ya, karena manfaatnya yang banyak sekali dan harga terjangkau pula!