Kegunaan Buah Kelapa yang Wajib Kamu Ketahui

Kegunaan Buah Kelapa – Cocos Nucivera atau yang sering dikenal dengan pohon kelapa adalah anggota tunggal dalam marga Cocos dari suku aren – arenan atau Arecacae. Tumbuhan ini sering ditemukan di daerah pantai, namun tidak jarang juga ditemukan di wilayah darat yang lain. Di Indonesia, tumbuhan ini dapat dengan mudah ditemukan karena tumbuhan ini tersebar di hampir seluruh wilayah di Indonesia.

Hampir seluruh bagian dari tumbuhan ini dapat dimanfaatkan oleh manusia, mulai dari akar, batang, daun, serta buahnya. Bagian akarnya biasa digunakkan sebagai obat. Bagian batangnya sering dipakai sebagai bahan bangunan dan juga perabot rumah tangga. Sedangkan daunnya dapat dibuat lidi dan juga tusuk sate. Untuk manfaat pohon kelapa yang lain cek di sini.

Baca Juga : Sate Klopo Surabaya

Sementara bagian buahnya memiliki banyak manfaat dan yang paling sering digunakan. Berikut saya jabarkan manfaat dari bagian buah pohon kelapa beserta penjelasannya.

 

Kegunaan Buah Kelapa

Kegunaan Buah Kelapa

 

Bagian Cangkang:

Bagian cangkang atau batok yang keras dari buah kelapa dapat dimanfaatkan untuk :

  • Arang untuk menyalakan api
  • Bahan kerajinan seperti ukiran, sendok nasi, gayung, mainan tradisional ataupun yang lain.
  • Batok kelapa dapat diolah sebagai filter rokok
  • Penyerap gas – gas berbahaya
  • Memurnikan CO2 ( karbon dioksida ) hasil fermentasi

Bagian Sabut kelapa

Sabut adalah bagian buah kelapa yang berbentuk seperti helai rambut. Pemanfaatan dari sabut kelapa antara lain yaitu :

  • Sabut kelapa juga digunakan sebagai bahan kerajinan, seperti untuk membuat rambut boneka, jok, bantal, kasur keset, tali dan bahan industri karpet.
  • Sabut kelapa bisa dimanfaatkan sebagai media tanam organik, yaitu dengan cara digiling halus hingga menjadi serbuk.
  • Sebagai scrubber yang dapat digunakan sebagai pembersih alami untuk membersihkan piring makan, cangkir dan bahkan lantai.
  • Sebagai pupuk organik cair. Caranya adalah dengan merendam sabut kelapa dalam air selama kurang lebih 15 hari atau sampai air rendaman menjadi hitam. Kandungan kalium klorida dalam air rendaman tersebut dapat dimanfaatkan sebagai pupuk organik cair.

 

Manfaat Daging dan Air Buah Kelapa

Pembahasan dari manfaat buah kelapa yang terakhir yaitu kita akan membahas bagian daging dan air dari buah kelapa. Bagian inilah yang sering dimanfaatkan untuk dikonsumsi. Selain dikonsumsi langsung, bagian buah dan daging buah kelapa dapat diolah menjadi berbagai jenis bahan makanan atau makanan jadi, contohnya nata de coco, santan, serundeng, puding, dan sebagainya. Berikut ini manfaat Daging dan air buah kelapa untuk kesehatan:

Menyehatkan Jantung

Manfaat buah kelapa yang pertama yaitu menyehatkan jantung. Buah ini memiliki lemak alami yang dapat mengusir lemak jahat yang ada pada jantung sehingga membantu menjaga jantung anda tetap sehat.

Membantu menguatkan tulang

Buah kelapa memiliki kandungan magnesium dan kalsium. Mineral tersebut bermanfaat dalam menguatkan tulang dan gigi. Dengan mineral pada buah kelapa tersebut pula, kita dapat mencegah berbagai penyakit pada tulang seperti osteoporosis.

Mencegah penuaan dini

Buah kelapa juga bisa mencegah penuaan dini. Itu karena buah kelapa memiliki sifat anti oksidan. Dengan mengkonsumsi kelapa secara teratur, diharapkan dapat menjaga tubuh anda tetap terlihat awet muda.

Menyehatkan sistem pencernaan

Manfaat buah kelapa selanjutnya adalah menyehatkan sistem pencernaan. Buah kelapa memiliki kandungan serat yang cukup untuk menjaga sistem pencernaan dari berbagai masalah dan penyakit seperti diare.

Menjaga sistem imun tubuh

Manfaat selanjutnya adalah menjaga sistem imun tubuh. Imun tubuh yang baik dan kuat sangat dibutuhkan untuk menjaga dan mengusir virus ataupun penyakit dari tubuh. Dengan mengkonsumsi buah kelapa secara teratur, diharapkan imun atau kekebalan tubuh terhadap penyakit tetap kuat dan terjaga.

Membantu mencegah diabetes

Buah kelapa juga dapat mencegah diabetes. Itu karena buah kelapa memiliki pemanis alami yang aman untuk dikonsumsi. Selain itu, sifat mengenyangkan buah kelapa juga dapat membuat anda merasa kenyang sehingga tidak perlu memakan makanan manis yang lain.

 

Demikian artikel mengenai kegunaan buah pohon kelapa yang dapat saya sampaikan. Semoga artikel mengenai kegunaan buah pohon kelapa kali ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Apabila ada kekurangan atau kesalahan dalam artikel kegunaan buah pohon kelapa ini, saya memohon maaf.

Baca Juga : Manfaat Pohon Kelapa