Jenis Kelapa Hijau yang Perlu Untuk Anda Ketahui

Jenis Kelapa Hijau – Kelapa atau yang memiliki nama lain Cocos Nucifera merupakan anggota tunggal dari marga cocos dari suku aren – arenan atau Arecacae. Kelapa merupakan tumbuhan yang sangat bermanfaat bagi manusia. Pohon ini dapat ditemukan di pesisir pantai. Di Indonesia, tumbuhan ini dapat ditemukan dengan mudah karena tumbuhan ini tersebar di hampir seluruh wilayah Indonesia.

Hampir seluruh bagian tubuh dari tumbuhan ini dapat dimanfaatkan oleh manusia. Akarnya bisa digunakkan untuk obat. Batangnya bisa digunakkan untuk kebutuhan bangunan dan perabot rumah tangga. Daunnya bisa digunakkan untuk kerajinan. Sementara buahnya biasa digunakan untuk keperluan konsumsi.

Baca Juga : Efek Samping Air Kelapa Tua

Kelapa memiliki beragam jenis. Masing – masing jenis kelapa memiliki ciri khas dan manfaatnya masing – masing. Dari berbagai jenis kelapa yang ada, terdapat satu jenis kelapa yang cukup populer. Jenis kelapa tersebut yaitu kelapa hijau. Kelapa hijau merupakan jenis kelapa yang termasuk golongan kelapa dalam. Dari namanya saja kita sudah tau kalau kulit buah kelapa dari tumbuhan ini berwarna hijau. Kelapa ini memiliki nama lain Cocos Viridis. Pohonnya memiliki ukuran yang besar dan tinggi serta buahnya memiliki ukuran yang cukup besar. Sama seperti kelapa pada umumnya, kelapa ini juga bermanfaat mencegah dan mengobati berbagai macam penyakit. Kelapa hijau memiliki beberapa manfaat serta ciri – ciri yang dapat anda kenali. Apa saja ciri ciri dan manfaat kelapa hijau? Berikut ciri ciri dan jawabannya.

 

Jenis Kelapa Hijau

Jenis Kelapa Hijau

 

Ciri – Ciri

Meski namanya kelapa hijau, namun bukan berarti kelapa ijo identik dengan warnanya yang ijo. Bahkan, kadang kala kelapa yang warnanya ijo tidak selalu merupakan kelapa hijau.

Ciri-ciri kelapa hijau yang asli dan digunakan untuk obat perlu anda ketahui supaya anda tidak salah pilih. Biasanya kelapa ijo untuk obat adalah memiliki warna kulit kelapa hijau tidak selalu berwarna hijau. Kadang kala kelapa ijo asli warnanya cenderung kecoklatan, kekuningan, bahkan terkadang berwarna krem kulit luarnya.

Walaupun begitu ciri yang paling menonjol dalam kelapa ijo adalah terdapat pada warna sabutnya yang berwarna merah muda. Hal yang perlu anda ketahui agar tidak ditipu ketika membeli kelapa ijo di pasaran lebih baik adalah mengupas sedikit kulit bagian luar kelapa agar mengetahui warna sabutnya. Jika warna sabut kelapa ijo berwarna merah muda maka itu adalah kelapa ijo, jika tidak maka perlu diragukan keasliannya.

 

Manfaat kelapa hijau

1. Kelapa Hijau Untuk Menurunkan berat badan

Air kelapa hijau memiliki kandungan lemak, kadar gula, dan kalori yang sangat rendah. Menggunakan air kelapa hijau sebagai obat penurun berat badan tidak menimbulkan efek samping. Jadi, lebih baik mengkonsumsi air kelapa hijau dari pada harus membeli obat – obatan kimia untuk mendapatkan berat badan ideal.

2. Air Kelapa Hijau dapat menetralisir racun dalam tubuh

Manfaat air kelapa hijau selanjutnya dalah untuk menetralisir racun dalam tubuh. Sudah sejak dahulu masyarakat mempercayai bahwa air kelapa hijau ampuh menbuang racun yang terdapat di dalam tubuh. Kandungan Tanin dan juga antidotum (anti racun) yang terdapat pada air kelapa hijau sangatlah tinggi. Air kelapa hijau juga mengandung enzim yang dapat mengurai sifat racun dalam tubuh.

3. Menghilangkan dehidrasi

Air kelapa hijau memiliki banyak kesamaan dengan cairan yang berada di dalam tubuh kita. Selain itu kandungan elektrolit dalam air kelapa hijau sangatlah tinggi. Air kelapa hijau yang memiliki kandungan elektrolit yang sangat tinggi dapat menggantikan cairan yang hilang di dalam tubuh kita ketika kita sedang beraktivitas. Kandungan lain yang terdapat dalam air kelapa hijau adalah potasium yang berguna untuk menjaga tekanan air dalam sel dan di dalam darah. Selain itu, air kelapa hijau sangat mudah diserap tubuh. Hal itulah yang menjadi alesan mengapa air kelapa hijau dapat menghilangkan dehidrasi dalam tubuh.

4. Menambah kandungan gizi di dalam tubuh

Bagi Anda yang merasa kekurangan gizi, maka Anda dapat mengkonsumsi air kelapa hijau sebagai tambahan gizi untuk tubuh Anda. Banyaknya vitamin dan mineral yang mudah diserap dapat membantu mencukupi gizi bagi tubuh Anda.

5. Sebagai anti penyakit untuk ibu hamil dan janin

Air kelapa hijau mengandung senyawa asam laurat, senyawa ini dapat membantu melawan berbagai penyakit. Asam laurat ini juga ditemukan dalam ASI dan memiliki kesamaan karakteristik untuk antijamur, anti bakteri, dan anti virus. Sehingga air kelapa hiaju ini baik untuk ibu hamil dan janin

6. Menjaga kesehatan jantung

Banyaknya vitamin dan kandungan yang berguna untuk tubuh yang terdapat dalam air kelapa hijau ternyata juga dapat digunakan untuk menjaga kesehatan jantung

7. Menambah energi di dalam tubuh

Untuk Anda yang memiliki banyak kegiatan yang cukup berat, air kelapa hijau dapat digunakan sebagai minuman untuk menambah energi secara alami. Air kelapa hijau juga mempunyai efek normalisasi. Kandungan vitamin yang cukup banyak pada air kelapa hijau dapat menambah energi kita saat sedang beraktifitas. Air kelapa hijau dapat diminum dengan mencampurkannya dengan madu.

Demikian artikel mengenai jenis kelapa hijau kali ini. Semoga artikel mengenai jenis kelapa hiaju ini dapat bermanfaat untuk kita semua. Apabila terdapat kesalahan atau kekurangan pada artikel jenis kelapa hijau kali ini, kami mohon maaf dan mohon koreksinya. Sekian dan Terima kasih.

Baca Juga : Jenis Jenis Kelapa