Sehat Dan Unik! Es Krim Jamu Tradisional Diolah Dengan Cara Modern

Es Krim Jamu Tradisional – Rasa jamu yang terkenal kepahitan dan aroma yang menyengat sering menjadi alasan orang enggan mencoba minuman ini. Padahal di Indonesia sendiri juga sudah terkenal dengan macam – macam aneka jamu tradisional yang memiliki banyak manfaat.

Baca juga : Minum Banyak Jus Lidah Buaya?! Ini Efek Samping Lidah Buaya Serem

Jamu memang memiliki macam jenis dan manfaat yang berbeda – beda. Namun intinya jamu itu sangat menyehatkan bagi tubuh meskipun rasanya pahit.  Manis gula bikin sakit namun pahit jamu bikin sehat. Jamu banyak sekali jenis dan macamnya.

Baca juga : Cara Membuat Es Krim Jahe Terenak 2018 Ala Rumahan

Sebut saja salah satunya yaitu jamu beras kencur yang sudah sejak turun temurun dikenal orang sebagai obat tradisional yang dapat membantu menyembuhkan sariawan, menambah stamina. Bahkan jamu beras kencur juga bisa membantu mengatasi masalah jerawat yang membandel.

Selain dari jamu beras kencur, ada juga kunyit asam yang memang sudah tidak asing lagi. Kunyit asam, dilansir dari Merdeka, ternyata mampu mengeluarkan racun di dalam tubuh dan membantu untuk menurunkan berat badan Anda.

Memadukan es krim dengan jamu mungkin bisa menjadi cara yang unik untuk membuat orang tertarik mencoba minum jamu. Inilah yang sudah menjadi inspirasi dari Me&Mine Lounge and Dine, menjagokan es krim beras kencur dan es krim kunyit sebagai menu penutup favorit untuk para pengunjung.

Sehat Dan Unik! Es Krim Jamu Tradisional Diolah Dengan Cara Modern

Es krim dengan rasa beras kencur dan rasa kunyit asam ini dibuat dari racikan jamu tradisional yang kemudian dijadikan campuran untuk dibuat sorbet. Sorbet ini memiliki tekstur yang sedikit kasar dari es krim. Untuk Anda yang juga ingin menikmati jamu dengan cara yang lebih menarik, bisa mencoba es krim rasa jamu yang menyegarkan.

Cara membuat es krim rasa jamu

Cara membuat es krim beras kencur atau es krim kunyit ternyata cukup mudah untuk dilakukan. Seperti yang dilansir dari Kompas, Retno Widawati dari komunitas Honocoroko yang sudah mencoba membuat sendiri es krim rasa jamu dengan cara sederhana.

Selain diperlukan bahan utama yaitu jamu beras kencur dan kunyit asam, tambahkan tepung sagu singkong dimasak hingga menjadi bubur kental. Biasanya untuk satu termos kecil ukuran kurang lebih sekitar 1 liter. Perbandingannya yaitu dengan dua setengah botol jamu beras kencur maka tepungnya hanya satu sendok makan.

Setelah semua tercampur, lalu cairan dimasukkan ke dalam termos es dan siap untuk dikocok. Di sekeliling termos juga diletakkan es batu dan garam untuk membekukan adonan. Selama kurang lebih sekitar 30 menit termos es diputar-putar hingga es batu disekelilingnya menjadi cair.

Kemudian cairan jamu tadi berubah menjadi butiran halus seperti es puter.

Penutup

Unik bukan? Ide membuat jamu es krim dimana menggabungkan 2 unsur yang berlawanan. Es krim dikenal orang sebagai pembuat sakit flu jika kebanyakan karena suhu es krim dingin. Namun jamu dikenal orang untuk menyehatkan tubuh manusia dan menghilangkan penyakit.

Namun jika olah dan ke 2 unsur tersebut di kombinasikan akan menjadi ide yang kreatif dan unik. Karena Jamu yang rasanya pahit dan banyak dijahui orang ternyata setelah diolah menjadi es krim tentu pasti banyak orang yang menyukainya.

Tidak hanya orang dewasa saja para anak – anak pun pasti akan menyukainya. Karena es krim adalah salah satu makanan kegemaran anak – anak. Sehingga tidak heran jika mereka akan menyukainya. Namun mungkin Anda harus menyembunyikan identitas es krim ini karena es ini terbuat dari jamu.

Anda dapat mengajak Anak Anda minum jamu tanpa harus repot memaksa bukan? Karena Anak – anak sendiri akan menyukai jamu tersebut karena sudah diolah menjadi es krim. Nah semoga artikel kali ini dapat membantu para orang tua yang ingin menyehatkan anak – anaknya melalui minum jamu.

Pastilah daya tahan tubuh anak nantinya juga akan kuat karena banyak mengkonsumsi jamu. Oleh karena itu saya rasa ide dari es krim jamu adalah ide yang sangat cemerlang.

Nah itu tadi pembahasan singkat mengenai Es Krim Jamu Tradisional. Semoga artikel Es Krim Jamu Tradisional ini bermanfaat bagi Anda. Saya ucapkan terimakasih kepada Anda karena telah membaca artikel Es Krim Jamu Tradisional saya. Sekian.