Cara Mengupas Bawang Tanpa Menangis, 10 Tips Jitu !

Bawang merah adalah salah satu bumbu masak yang paling banyak digunakan untuk memasak. Meski demikian, banyak peluang menjadi pengupas bawang orang yang enggan mengupas dan memotong bumbu ini. Pasalnya, bawang merah bisa membuat Anda mengeluarkan air mata tanpa alasan. Berikut adalah cara mengupas bawang tanpa menangis.

Salah satu cara mudah menahan keluarnya air mata ini saat memotong bawang adalah dengan memakai kacamata renang. Namun, cara ini tidaklah efektif. Bagaimana jika tak punya kacamata renang? Tenang, berikut cara mudah menghalau keluarnya air mata saat memotong bawang, seperti dirangkum dari berbagai sumber.

1. Cara pertama dalam mengupas bawang tanpa menangis. Dinginkan bawang merah sebelum dipotong. Masukkan bawang merah ke dalam lemari es selama beberapa saat. Proses pendinginan ini akan memperlambat reaksi kimia yang dilepaskan saat bawang terpotong.

2. Rendam bawang utuh yang sudah dikupas ke dalam air es. Setelah beberapa saat, ambil bawang dari air es, kemudian iris seperti biasa.

3. Pastikan pisau yang digunakan untuk memotong adalah pisau yang tajam. Pisau tajam ini akan membantu mengurangi penguapan zat yang membuat Anda menangis. Ketika pisau tersebut tumpul, maka gesekan yang berlebihan akan memancing keluarnya zat yang memerihkan mata.

4. Gigitlah korek api untuk cegah air mata mengalir. Ambil beberapa batang korek api dan gigit saat sedang memotong bawang.

5. Mengunyah permen karet atau mengunyah makanan lain diklaim mampu mengurangi air mata yang mengalir. Dengan mengunyah permen karet, otot wajah khususnya di area mata akan bergerak dan ‘menangkis’ zat pemerih mata.

Yuk, coba Cara membuat bawang goreng putih untuk bumbu masakkan.

6. Manfaatkan air yang mengalir. Mengupas dan memotong bawang merah di bawah air mengalir akan menghilangkan zat pemerih mata di dalam bawang.

7. The National Onion Association mengungkapkan, produksi air mata ketika memotong bawang akan berkurang jika Anda memotong bagian atasnya lebih dulu baru mengupas kulit luar.

8. The National Onion Association juga menyarankan untuk membiarkan bagian akar bawang tetap utuh tak terpotong. Hal ini dikarenakan ujung akar dari bawang memiliki konsentrasi terbesar dari senyawa belerang, sehingga jika dipotong akan membuat mata pedih.

9. Adanya konsentrasi cuka di atas talenan juga dianggap bisa mengurangi air mata. Semprotkan sedikit larutan cuka ke talenan. Larutan cuka akan menghentikan reaksi belerang yang ada dalam bawang.

10. Gunakan bantuan kipas angin. Kipas angin ini akan membuat zat belerang menjauhi wajah dan mencegah Anda menangis saat memotong bawang.

Manfaat Bawang Merah , bawang merah juga memiliki manfaat yang cukup baik untuk kesehatan, disini saya akan menjelaskan beberapa manfaat bawang merah untuk kesehatan.

Manfaat bawang merah :

  1. Dapat Mengatasi Sembelit

Bawang merah mengandung serat yang dapat menghilangkan racun dan kotoran keras yang melekat di usus sehingga dapat melancarkan pencernaan.

2. Melegakan Tenggorokan

Manfaat bawang merah dapat mengobati tenggorokan yang sakit. Jus bawang merah segar dapat melegakan tenggorokan yang sakit akibat terserang batuk dan pilek. Untuk menambah cita rasa beri tambahan gula jawa atau madu ke dalam jus bawang.

3. Mengontrol Diabetes

Flavonoid dalam bawang merah membantu mengobati banyak penyakit, salah satunya adalah diabetes. Beberapa penelitian juga menunjukkan manfaat bawang merah yang meningkatkan prosuksi insulin dan membantu mengontrol berat badan yang berhubungan dengan diabetes. Sifat tertentu dari bawang merah membantu merangsang sekresi insulin, yang menurunkan respons inflamasi yang terkait dengan diabetes.

4. Menyehatkan Jantung

Khasiat bawang merah mentah dapat membuka arteri yang tertutup dan mengontrol tekanan darah tinggi. Oleh karena itu, mengonsumsi bawang merah secara teratur bisa mencegah penyakit jantung koroner.

5. Menjaga tingkat Kolesterol

Kandungan sulfur asam amino dan methylallyl sulfida dalam bawang merah bermanfaat mengurangi level kolesterol jahat. Nah, bagi Anda yang mengalami kelesterol, mulai sekarang rutinlah makan bawang merah mentah.

6. Mencegah Perkembangan Sel Kanker

Tak hanya bermanfaat mengobati, khasiat bawang merah juga dapat mencegah penyakit berbahaya sekalipun. Kandungan belerang pada bawang merah diketahui mampu mencegah kanker prostat dan munculnya sel kanker. Selain itu, bawang merah segar juga dapat melindungi dada, perut, paru-paru, dan kolon.

7. Detoksifikasi

Manfaat bawang merah dapat meningkatkan sirkulasi darah, yang memainkan peran penting dalam membuang racun dari aliran darah, sehingga membantu detoksifikasi. khasiat bawang merah juga menstimulasi enzim pencernaan, mereka adalah unsur penting untuk detoksifikasi hati.

Sedikit yang bisa saya jelaskan di sini semoga dapat bermanfaat untuk kalian para pembaca.