Cara Mengolah Biji Kakao Menjadi Olahan Coklat yang Enak

Apa Itu Coklat?

Cara Mengolah Kakao Menjadi Coklat — Coklat adalah nama untuk hasil olahan makanan atau minuman dari biji Kakao. Cokelat pertama kali dikonsumsi oleh para penduduk Mesoamerika kuno yang digunakan sebagai minuman. Walaupun menurut kepercayaan dahulu cokelat hanya bisa dikonsumsi oleh para bangsawan dan orang kaya.

Cokelat pada umumnya diberikan sebagai hadiah atau bingkisan di hari raya atau acara tertentu. Dengan bentuk, corak, dan rasa yang unik. Cokelat juga sering digunakan sebagai ungkapan terima kasih, simpati, atau perhatian bahkan sebagai pernyataan cinta. cieeeee…cinta :).

Cokelat juga sudah menjadi salah satu rasa yang paling populer di dunia sehingga tidak asing bagi telinga kita bukan :). Selain dikonsumsi paling umum dalam bentuk cokelat batangan, cokelat juga menjadi bahan minuman hangat dan dingin yang banyak dijual di kafe da restoran.

cara mengolah kakao menjadi coklat

 

Jenis – Jenis Coklat

1. Couverture Chocolate

Cara Mengolah Kakao Menjadi Coklat–Jenis coklat couverture adalah jenis cokelat yang asli dan biasanya banyak mengandung lemak cokelat, chocolate mass dan rasanya cenderung pahit serta harganya sedikit lebih mahal.

Coklat Couverture adalah jenis coklat yang disebut dengan “real chocolate” oleh para penggemar cokelat di selruh dunia. Cokelat jenis ini selain cepat meleleh di mulut, dan juga memiliki rasa “fruity” yang agak pahit.

Coklat Couverture Selain rasanya yang enak, Coklat ini baik untuk kesehatan tetapi punya kelemahan secara penyimpanan dan penanganan.

Cokelat couverture selain membutuhkan peralatan khusus, proses pengolahannya juga sedikit lebih sulit. pengolahan coklat ini adalah dengan cara di temper atau dilelehkan.

 

2. Compound Chocolate

Cara Mengolah Kakao Menjadi Coklat–Compound Chocolate komposisinya sebenarnya hampir sama dengan couverture chocolate. Akan tetapi yang membedakan adalah cocoa butter yang ada digantikan oleh lemak nabati lainnya yang murah seperti minyak kelapa atau soya.

Cocoa butter sebenarnya juga termasuk lemak nabati, akan tetapi yang menjadi alasan disebut butter mungkin karena sama-sama memiliki warna kuning dan harganya mahal seperti butter.

Soal rasa compound chocolate cenderung berasa semi manis atau manis karena banyak pemahaman jika cokelat pahit itu bukanlah cokelat, namun secara penanganan lebih mudah.

Compound chocolate lebih banyak digunakan untuk cokelat dekorasi dan terkadang juga untuk buat ganache, praline dan lain-lain. Karena pertimbangan harga yang jauh lebih murah dari coklat jeniscouverture.

 

Coklat Compound 3 Jenis Antara Lain:

  1. Dark chocolate compound

Yaitu cokelat batangan yang memiliki warna pekat, rasa cokelatnya juga lebih terasa dan tidak mengandung susu. Cokelat jenis ini baik digunakan untuk kue atau cake, dan aneka makanan ringan lainnya.

 

  1. Milk chocolate compound

yaitu cokelat batangan yang memiliki warna cokelat yang merupakan campuran bahan seperti gula, kakao, cokelat cair, susu, dan vanila.

 

  1. White chocolate compound

yaitu cokelat batangan yang berwarna putih, mengandung cokelat batangan yang berwarna putih, mengandung cokelat dan coco butter.

 

Jika kamu ingin tau tentang jenis – jenis coklat yang lain, kamu bisa cek di 8 Jenis Cokelat Yang Enak dan Lezat

 

Cokelat bubuk

Cokelat bubuk adalah jenis cokelat yang mempunyai aroma coklat yang kuat, tidak tengik, tidak bulukan, dan tidak berjamur.

Ada beberapa jenis coklat bubuk antara lain adalah coklat bubuk yang berwarna pekat dan beraroma pahit yang sangat bermanfaat dalam membuat kue karena mempunyai sifat mengeringkan adonan kue.

 

Cara Mengolah Kakao Menjadi Coklat

1. Panen

Cara Mengolah Kakao Menjadi Coklat yang pertama adalah Proses Panen, yakni proses dari coklat yang pertama yaitu kita memetik buah coklat yang sudah benar-benar matang, Lalu kenapa harus benar-benar matang?

Karena kualitas coklat yang dihasilkan ditentukan juga oleh seberapa matang coklat tersebut, coklat yang benar-benar matang dari pohon dengan sempurna mempunyai kualitas yang lebih baik daripada coklat yang matang setelah dipetik.

 

2. Fermentasi

Cara Mengolah Kakao Menjadi Coklat yang selanjutnya setelah buah coklat tadi sudah kita petik, langkah selanjutnya adalah kita melakukan proses fermentasi kurang lebih selama 5 hari.

Fermentasi ini menggunakan getah dari coklat itu sendiri dikarena getah coklat mampu mengeluarkan enzim alami yang dapat mempercepat fermentasi buah kakao dan fermentasinya lebih sempurna.

Pada proses ini memang membutuhkan pengawasan karena apabila kita melakukan proses fermentasi ini terlalu lama, maka akanm membuat coklat nanti hasilnya tidak akan bagus.

 

3. Pengeringan dan Sortir

Proses sortasi biji kakao ini dilakukan dengan menggunakan mesin sortasi kakao.

Biji coklat yang sudah kita fermentasi sebelumnya harus kita keringkan dan disortir secara manual dengan tangan. Hal ini diperlukan untuk memilih biji coklat yang sesuai antara berat dan jenis nya satu sama lain.

Cara yang paling mudah adalah dengan menghitung biji coklat sebanyak 100 gram dan jika biji coklat itu bagus.

Maka coklat dalam 100 gram terdiri dari 80 hingga 90 biji. Jika tidak sama seperti takaran tersebut, itu artinya coklat itu berkualitas Kurang baik.

 

4. Pemanggangan

Setelah biji kakao dijemur atau dikeringkan, Tahap selanjutnya adalah proses pemanggangan, proses ini dilakukan supaya aroma coklat nya keluar, aroma khas yang menggugah selera ini, proses pemanggangan setiap biji memiliki suhu dan waktu yang berbeda – beda.

 

5. Winnowing

Setelah biji coklat sudah selesai di panggang, Cara Mengolah Kakao Menjadi Coklat yang pertama adalah selanjutnya adalah pemisahan cangkang biji dari biji coklat yang kemudian akan kita olah menjadi coklat.

Pemisahan kakao ini harus sangat hati – hati karena buah kakao sangat mudah rusak jika proses pemecahan ini tidak hati – hati.

Maka untuk pemecahan kakao agar mendapatkan buah yang berkualitas kita bisa menggunakan mesin pemecah buah kakao.

Supaya kita bisa mendapatkan biji yang berkualitas namun cangkang yang setengah hancur tersebut akan hilang dengan sendirinya pada proses pengayakan pada mesin ini. Maka dari itu kita akan sangat terbantu dengan mesin ini.

 

6. Grinding

Dalam bentuk yang sudah setengah hancur, inti dari biji coklat harus digiling sampai halus. Hasil nya akan lebih bagus jika alat penggiling yang kita gunakan adalah batu.

Namun mesin penggiling coklat akan lebih mudah untuk kita gunakan dalam mengolah biji kakao ini. Nanti nya dalam proses penghancuran ini akan berupa cairan coklat yang kental.

 

7. Pengadukan

Cairan coklat yang kental tersebut masih berupa pasta, anda bisa membuat rasa nya lebih enak dengan menambahkan bahan lain seperti susu dan gula agar rasa nya lebih manis.

 

8. Couching

Dari Cara Mengolah Kakao Menjadi Coklat yang ke tujuh tersebut maka akan menghasilkan pasta yang sudah agak manis. Setelah itu langkah selanjutnya adalah memasukkan nya ke dalam proses pengadukan. Proses ini dilakukan untuk mengurangi keasaman yang terdapat dalam pasta biji kakao tadi.

Selama pasta coklat tersebut harus di aduk terus menerus supaya rasa asam yang terkandung dalam pasta bisa berkurang.

Hal ini di tandai dengan keluarnya hawa panas dari coklat. Sebaiknya kita menggunakan mesin pengaduk agar hasilnya lebih maksimal dan cepat.

 

9. Tempering

Ini adalah proses terakhir dalam Cara Mengolah Kakao Menjadi Coklat, yakni memisahkan coklat berdasarkan jenis susu. Dalam tahap terakhir ini biasa nya di dapatkan cocoa butter dan cocoa powder.

Cocoa butter ini nantinya akan disebut dengan coklat putih karena warna nya memang seperti mentega putih. Dalam tahap ini coklat dark atau coklat yang berwarna gelap akan dicetak dalam bentuk bar atau batangan.

 

Cara Membedakan Buah Kakao yang Sudah Matang dengan yang Belum Matang

1. Buah mentah

Buah kakao mentah memiliki ketebalan kulit berukuran sekitar 1 cm pada alur buah bagian dalam dan 1,4 cm pada alur buah kakao bagian luar, alur buah masih sangat terlihat jelas.  Biji buah coklat berwarna coklat muda, bila ditekan akan terasa masih lunak, dan akan masih kelihatan menyatu dengan kulit buah, daging  buah  dan plasenta.

Daging buah kakao dan plasenta berwarna putih dan masih terlihat menyatu dengan bagian lainnya yaitu kulit sebelah dalam, dan biji.

 

2. Buah Setengah Masak

Buah kakao setengah masak berwarna kuning pada alur buah yang masih kelihatan jelas. Kulit buah kakao juga agak berkerut dan keras. Ketebalannya sekitar 2 cm pada bagian alur buah sebelah dalam dan sekitar 1,3 cm pada bagian alur buah sebelah luar.

Daging buah pada buah kakao memiliki warna putih, terasa agak lunak dan berlendir.  Biji berwarna coklat berdiameter 1 x 1,5 cm, dan terlihat masih menempel kuat pada plasenta. Akan tetapi sudah mulai kelihatan rongga diantara biji yang dilapisi oleh daging buah atau disebut dengan dengan kulit buah sebelah dalam.

 

3. Buah Masak

Buah masak memliki ciri-ciri yang menandakan buah kako ini sudah benar-benar matang atau belum

  1. Permukaan kulit buah kakao sudah berwarna kuning secara keseluruhan atau bisa juga berwarna coklat keunguan.
  2. Buah kakao jika digoncang maka akan terdengar suara, menandakan biji sudah terlepas kulit buah kakao.
  3. permukaan buah kakao sudah tidak jelas kelihatan dan permukaan kulit sudah mulai rata.
  4. Ketebalan kulit buah kakao pada bagian alur buah sebelah dalam berukuran sebesar 0,9 cm dan pada bagian alur buah sebelah luar berukuran sebesar 1 cm.
  5. Biji buah kakao sudah berwarna coklat dilapisi oleh daging buah dengan diameter sekitar 0,9 x 1,4 cm
  6. Biji buah kakao akan nampak tersusun rapi berjumlah 9 biji setiap baris. Jumlah biji dalam 1 buah kakao berkisar antara 45 sampai dengan 52 biji.
  7. Jumlah biji dalam setiap 1 buah kakao memang tidak sama, tergantung dengan ukuran besar kecilnya buah kakao yang dihasilkan.
  8. Daging buah dari buah memiliki warna putih dan sudah sangat lunak dan berlendir dengan ketebalan yang tidak lagi bisa diukur.
  9. Plasenta buah kakao berwarna putih, sebagian besar biji kakao masih menempel pada plasenta tersebut.
  10. Plasenta yang sudah dilepas dari biji, terlihat seperti bunga.

Ada juga info menraik lho, Yuk kita cek Cara Membuat Jus Buah Untuk Dijual, Dijamin Laris!