Cara Mengkonsumsi Beras Hitam dan Berbagai Manfaatnya

cara mengkonsumsi beras hitam

Beras hitam merupakan beras dengan segudang manfaat bagi kesehatan. Manfaat beras hitam sangat penting bagi tubuh untuk mencegah berbagai penyakit. Padi hitam adalah kumpulan dari berbagai jenis beras dari spesies Oryza sativa L. Beras hitam berbeda dengan ketan hitam.Ketan hitam merupakan spesies Oryza sativa glutinosa berbeda dengan beras hitam.

Bulir beras hitam yang utuh mempertahankan semua sifat alaminya, karena beras ini tidak melalui proses pemutihan. Beras ini berwarna hitam karena alueron dan endospermanya memproduksi antosianin dengan intensitas yang tinggi, sehingga berwarna ungu pekat mendekati hitam. Kandungan serat pada beras hitam sangat luar biasa.

Selain mengandung serat yang tinggi beras hitam juga memilki indeks glikemik yang rendah. Beras merah mempunyai indeks glikemik yang rendah akan membuat kenyang lebih lama. Di samping itu juga mampu menjaga kestabilan kadar gula darah. Sehingga baik buat para penderita diabetes.

Beras Hitam Beras Terlarang

Sebagian beasar beras hitam hanya dijumpai di kawasan Asia, termasuk di Indonesia. Jaman dahulu, beras ini dianggap sebagai makanan kaum elit dan hanya dikonsumsi kalangan menengah atas, seperti kalangan raja, bangsawan, para sultan. Sementara itu di negara Cina, beras hitam hanya boleh dikonsumsi oleh kaisar dan keluarganya.

Oleh karena itu, beras hitam di Cina disebut sebagai “beras hitam” atau “forbiden rice”. Jika rakyat biasa mengkonsumsi beras hitam, mereka akan dihukum penggal kepala.

1. Mampu Mengatasi Anemia

Beras hitam mampu mengatasi anemia. Beras hitam memiliki kandungan zat besi yang sangat tinggi, bila dibandingkan dengan beras putih ataupin beras merah.

Ini adalah asupan terbaik bagi seseorang yang menderita anemia, sebab zat besi mampu menstabilkan tekanan darah seseorang secara efektif dan cepat.

2. Melancarkan Pencernaan

Beras hitam tinggi akan kandungan serat, yang mampu menambahkan “massa” ke dalam fases Anda, dan karena itu menghilangkan, mencegah, dan menyembuhkan masalah diare dan juga msalah pencernaan lainya.

Serat membantu menigkatkan aktivitas geral usus dan membantu meringankan sembelit. Serat dalam dosis tinggi dapat membantu mencegah penyerapan zat beracun dan membilasnya keluar tubuh.

Juga perlu diingat bahwa studi telah menemukan diet tinggi makanan berserat dari varietas padi dan gandun terbukti melindungi tergadap gangguan pencernaan seperti irritable syndrome (IBS).

3. Membantu Proses Detoksifikasi Tubuh

Kita telah mengetahui bahwa kandungan atioksidan yang ada pada beras hitam sangat tinggi. Fitonutrient tersebut sangat berguna untuk membantu mengurangi peradangan serta membantu membersihkan tubuh dari zat-zat berbahaya (detoksifikasi tubuh) yang nantinya dapat berkontribusi terhadap berbagi macam kondisi.

Dalam sebuah penelitian yang mempergunakan kelinci sebagai objek penelitian telah menunjukan bahwa dengan mengkonsumsi beras hitam dapat menurunkan presentasi stress oksidatif atau yang juga dikenal kerusakan organ tubuh akibat radikal bebas. Proses detoksifikasi ini bisa membersihkan darah, organ hati maupun organ arteri dari timbulnya plak.

4. Mengelola dan Mencegah Diabetes

Diabetes merupakan penyakit yang berkaitan dengan kadar gula darah. Peningkatan kadar gula darah menjadi ancaman bagi penderita DM (Diabetes Melitus). Sehingga tak heran bila menu penderita diabet sangatlah diperhatikan. Mengingat takaran gula sangat dibatasi dikonsumsi.

5. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Selain kaya akan zat besi, manfaat beras hitam lain yang bisa didapatkan adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh seseorang. Bahkan, kandungan dan nutrisi yang dimiliki oleh beras hitam juga dipercaya mampu mencegah virus masuk ke dalam tubuh sehingga Anda akan menjadi lebih kebal terhadap penyakit.

Perlu diketahui juga, kulit ari beras hitam juga memiliki kandungan vitamin E yang dapat menangkal radikal bebas karena meningkatnya sistem imunitas tubuh. kandungan vitamin E di dalam beras hitam dapat membantu mengurangi kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh.

6. Manfaat Beras Hitam membantu Mengoptimalkan Otak

Stres oksidatif berperan serta terhadap peradangan dan penurunan memori otak .Terdapat kandungan antocyanin di dalam beras hitam mampu meningkatkan fungsi kognitif otak dan daya ingat. Manfaat beras hitam ini bisa didapatkan karena anthocyanin mampu melawan stres oksidatif dalam tubuh.

7. Manfaat Beras Hitam untuk Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat beras hitam telah terbukti menurunkan pembentukan plak aterosklerotik di pembuluh darah jantung dan mencegah tekanan darah tinggi. Perlu diketahui, aterosklerosis adalah penyakit kardiovaskular yang paling umum memengaruhi banyak orang. Dengan mengonsumsi beras hitam, hal itu dapat menurunkan risiko-risiko yang bisa terjadi akibat penyakit tersebut.

Selain itu, manfaat beras hitam juga meningkatkan kesehatan jantung dengan mengurangi kolesterol LDL.

Sebuah penelitian mengungkapkan, antosianin di dalam beras hitam dapat mencegah penytakit jantung, arthritis, asma, dan kanker. Bahkan, manfaat beras hitam juga mampu meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kadar trigliserida dalam darah.

8. Beras Hitam Yang Tinggi Protein

Semangkuk nasi hitam mengandung karbohidrat yang lebih rendah daripada beras merah, namun lebih tinggi kandungan serat dan proteinnya. Satu porsi beras hitam (100 gram) menyediakan 17% dari asupan protein harian Anda.

9. Membentuk Sel dan Jaringan

Manfaat beras hitam selanjutnya adalah membangun berbagai jaringan tubuh dan membentuk sel. Ini dikarenakan kandungan pada beras hitam kaya akan ptotein nabati. Selain itu, protein nabati dari beras hitam juga berguna untuk membangun jaringan tulang dan kulit.

10. Menambah Sel Darah Merah

Beras hitam memiliki khasiat yang baik untuk pembentukan sel darah merah. Di dalam butiran beras hitam, terdapat zat besi yang tinggi hingga 15,52 ppm. Bila Anda mudah lesu, sering anemia dan menjelang masa menstruasi, ada baiknya mengonsumsi ketan hitam ini agar tetap bugar.

11. Membantu Diet

Mengonsumsi beras hitam dalam rangkaian diet akan membuat kamu merasa kenyang lebih lama dibanding menyantap makanan lainnya. Kandungan zat besi, protein, dan serat beras hitam yang lebih tinggi dibandingkan beras putih membuatnya lebih lama dicerna di dalam tubuh, sehingga memberikan efek kenyang lebih lama dan membantu menurunkan kolesterol.

Selain itu, beras hitam juga mampu menurunkan kadar lemak jahat dalam darah dan meningkatkan kadar HDL yang juga disebut sebagai kolesterol baik.

Cara Pengolahan Beras Hitam

Mengelola beras hitam sangat mudah, sama seperti mengolah beras merah atau beras putih. Hanya saja proses pematangan masakan menggunakan beras hitam lebih lama jika dibandingkan dengan beras putih. Hal ini dikarenakan beras hitam memiliki tingkat kepadatan yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan beras putih. Untuk mendapatkan hasil yang memuaskan dan terbaik berikut adalah beberapa tips mengolah beras hitam.

  • Rendam terlebih dahulu beras hitam selama semalam sebelum memasaknya, hal tersebut akan mengurangi jumlah waktu yang diperlukan untuk memasak beras hitam. Selain itu, dengan merendam beras hitam sebelum memasaknya selama beberapa waktu akan memudahkan penyerapan nutrisi yang terdapat di dalam beras hitam tersebut.
  • Bilas kembali beras hitam tersebut menggunakan air bersih. Pada saat proses pengolahan, tambahkan dua gelas air pada setiap cangkir beras. Lakukan perebusan beras hitam selama +/- setengah jam. JIka beras hitam tidak diendam terlebih dahulu, maka Anda membutuhkan waktu +/- setengah jam untuk proses perebusannya.
  • Setelah jangka waktu memasak telah habis, Anda bisa memeriksa tekstur dari beras tersebut setelah direbus apakah sudah kenyal dan matang ataukah belum. Jika Anda merasa belum sesuai kenginan Anda, maka sebaiknya teruskan proses perebusan hingga dihasilkan tekstur beras yang diinginkan.