Cara Mencuci AC Dengan Baik Dan Benar ini Bikin Semua Ingin Mencobanya!

Anda mempunyai AC yang berkualitas bagus, akan tetapi anda tidak tahu bagaimana cara mencuci AC dengan baik dan  benar. Jika membersihkan AC baik dan benar maka akan baik juga untuk AC.

Kualitas udara yang dihasilkan pada AC di pengaruhi dari dalam AC tersebut. Selain dengan kebersihan juga AC mempengaruhi terhadap biaya istrik yang di konsumsi AC. Jika semakin kotor, maka AC akan semakin bekerja dengan keras dan tentunya akan membuat boros listrik.

Jika AC tidak rajin dibersihkan, maka akan banyak debu, jamur, kutu dan bakteri yang akan terkumpul dengan ventilasi, kondensor, dan bagian filter. Nantinya kotorn tersebut akan tersebar ke udara oleh AC yang bisa saja menyebabkan gangguan pernapasan.

Untuk membersihkan AC dengan baik dan benar agar tidak terjadi kerusakan pada bagian AC, ada beberapa cara untuk membersihkannya dengan cara aman, sehingga kualitasnya pun akan dihirup dengan aman.

Selain hal tersebut, dengan membuat bersih pada AC akan membuat lebih tahan akan lama. Berikut adalah cara mencuci AC dengan baik dan  benar.

  • Langkah yang pertama dalam mencuci AC dalah dengan mematikan AC dan cabut kabel dari sumber listrik. Hal tersebut bertujuan supaya menjaga keselmatan, karena ketika membersihkan AC banyak mengunakan air juga di dalam AC masih ada beberapa komponen listrik.
  • Ketika membersihkan AC sebaiknya anda menggunakan dengan alat penyedot debu, kemonceng, dan lap kering yang fungsinya untuk menyingkirkan debu dan kotoran yang pada ventilasi. Selain itu juga dengan menggunakan air dan sabun juga bsia untuk membersihkan kotoran yang sudah sangat melekat dengan kuat.
  • Bacalah buku petunjuk cara bongkar pasang AC, untuk mengetahui pada bagian mana ang dapat dibongkar dan bagin mana saja yang harus dibersihkan. Alangkah baiknya jika anda kebingungan anda bisa menanyakan pada service AC yang sudah memahami mengenai bongkar pasang AC.
  • Langkah selanjutnya adalah dengan membersihkan debu pada bagian filter AC. Komponwn ini biasanya terdapat banyak debu, untuk membersikannya bisa dengan menggunakan lat penghisap debu ataupun dengan kuas yang bersih.
  • Kemudian bilas lah pada filter AC dengan menggunakan air yang bersih. Jika filter dalam kondisi yang kotor alangkah baiknya jika dengan menggunakan sabun pembersih sampai kotorannya bisa menghilang .
  • Filter AC yang selesai dibersihkan dengan air, sekarang bisa di keringkan dengan menjemurnya dibawah sinar matahari.

Dengan menggunakan cara mencuci AC dengan baik dan benar, tentunya dapat mempermudah anda. Selain dengan itu, dengan cara mencuci AC dengan baik dan benar anda tidak akan kebingungan pada saat mencuci AC.

Selain dengan membersihkan filter AC alangkah baiknya bersihkan pada bagian unit idoor AC dimana pada komponen evaporator, kondensor serta kipas AC. Ada banyak sekali jenis yang cairan yang dapat kita gunakan.

Cara untuk memersihkan kumparan pada AC dan evaporator bisa dilakukan dengan cara menyemprotkannya. Hal tersebut dilakukan karena komponen tidak dilepas. Lalu kemudian anda bisa melakukan perawatan yang rutin agar menyeluruh dapat menggunakan jasa service AC yang dimana sudah berpengalaman dalam melakukan perawatan AC setiap 3 bulan sekali.

Dengan melakukan perawatan di perbulannya, maka anda termasuk pengupayakan AC anda berumur panjang. Jika anda ingin menggunakan Jasa service AC anda bisa menghubungi contac person dibawah ini.

Via WhatsApp / Via Telephon     : 0812 2987 0064

Email                                               : cs.barakateknik@gmail.com

Facebook                                        : Baraka Teknik

Instagram                                       : barakateknik

Web                                                 : jasaserviceacjogja.id / sejasajogja.com