Cara Menanam Moss Di Pasir Malang Agar Tumbuh Dengan Baik

Bagi para penggemar aquascape, cara menanam moss di pasir malang adalah sebuah tehnik yang harus di pelajari bahkan wajib untuk di kuasai.

Akan ada kepuasan tersendiri apabila moss yang kita tanam berhasil tumbuh dengan subur dan menghiasi aquarium kita dengan indahnya.

Sebenarnya, semua jenis-jenis moss, baik itu peacock, chrismast, java moss, dan lain-lain bisa ditanam dengan mudah selama masih ada sinar lampu dalam ruangan mencukupi dan kebutuhan moss untuk CO2 bisa terpenuhi.

Terlebih lagi jika kita menambahkan pupuk cair yang bisa dibuat sendiri, dijamin moss kita akan tumbuh dengan semarak.

Baiklah, tanpa basa-basi lagi, marilah segera kita simak cara menanam mossnya di pasir malang berikut ini.

Cara Menanam Moss Di Pasir Malang Agar Tumbuh Dengan Baik

Untuk memulai proses dari penanaman mossnya dan juga cara menanam hairgrass untuk aquascape, ada beberapa alat dan juga bahan yang bisa kita persiapkan dahulu, berikut diantaranya.

Alat dan bahan:

  • Tanaman moss, silahkan pilih lah jenis mossnya yang Anda kehendaki untuk diletakkan dalam aquascapenya, bisa dari moss java, peacock, fire, atau pun chrismast.
  • Batu, potongan ranting, atau pecahan genting agar permukaan media menjadi datar dan cocok dipakai sebagai foreground.
  • Benang, senar transparan, atau pun yang warnanya menyesuaikan dengan warna daunnya.
  • Gunting

Cara menanam:

  1. Pertama-tama, ratakan terlebih dahulu moss oada permukaan batu, ranting, atau pecahan genting. Usahakan saat menyusun moss, tanaman tidak saling bertindih karena nanti permukaan bawahnya akan mengering jika kurang terkana cahaya.
  2. Setelah susunan mossnya rata pada medianya, maka anda hanya harus mengikatnya dengan menggunakan benang ataupun senar yang sudah disediakan tadi. Ikat secara zig zag agar tidak ada yang mengambang dan merusak tampilan.
  3. Masukkan pasir malangnya pada aquarium dan lalu tata dengan baik/rapi.
  4. Letakkan dipermukaan pasir malangnya yang sudah anda tata sedemikian rupa tadi.
  5. Setelah 1 hingga 2 bulan, moss akan tumbuh dengan subur dan nampak seperti karpet di dalam aquarium.
  6. Anda juga pun dapat berkreasi dengan menggunakan kawat ram yang sudah anda bentuk sebelumnya sehingga moss akan tumbuh mengikuti bentuk dari kawat ram tadi, misalnya saja bentuk yang paling umum dijumpai adalah bentuk jembatan.

Selain membutuhkan cahaya dan juga CO2 yang banyak, untuk dapat tumbuh dan berkembang dengan baik, moss juga memerlukan suhu air dalam aquarium yang sebesar kira-kira 29 derajat celsius.

Khusus untuk moss jenis ricardia butuh waktu yang lebih lama untuk dapat menempel pada medianya.

Solusinya yaitu dengan memberikan sedikit saja lem cair untuk membantu moss mencengkeram pada medianya.

Seperti halnya saat pemberian pestisda untuk membasmi hama sundep pada tanaman padi saat musim hujan, dibutuhkan juga lem atau perekat.

Sedangkan untuk jenis fisiden dan java moss cenderung lebih cepat menempel pad media batu.

Beriut Beberapa Jenis Moss Yang Bisa Kita Tanam Sendiri

  1. Fissidens fontanus

Moss berjenis fissiden fontanus ini berasal dari negara Amerika Serikat, namun untuk persebarannya sekarang ada di benua Australia.

Fissidens akan memberikan tampilan almai pada aquacsape Anda terlebih lagi jika terikat pada potongan kayu atau melakat pada bebatuan.

Sayangnya moss ini lebih cenderung lambat dalam hal pertumbuhannya, terlebih setelah anda melakukan pemangkasannya.

Namun setelah lewat dari satu bulan, maka moss ini akan tumbuh dengan subur dan juga mekar. Untuk perawatannya sangat mudah, bahkan tidak membutuhkan CO2nya terlalu banyak.

  1. Java moss

Java moss adalah jenis moss yang sangat mudah untuk dijumpai dan juga sudah umum pula dipakai sebagai penghias dari aquarium.

Moss ini berasal dari daerah Asia Tenggara, dan dalam pertumbuhannya juga tidak membutuhkan banyak perawatan seperti halnya merawat bunga jenggot musa, karena begitu melakat pada hardscape, maka moss akan segera tumbuh denagn suburnya.

Anda pun  dapat membentuk Java moss menjadi bentuknya yang menarik, unik, atau mengikuti bentuk dari medianya.

Namun pada saat penanamannya kita tidak boleh meletakkan mossnya secara berlebihan pada satu hardscape karena akan menyebabkan moss lebih cepat membusuk.

  1. Chrismast moss

Moss yang mpunyai bentuk mirip dengan pohon cemara ini berasal dari daerah Brasil.

Tanaman ini merupakan jenis tanaman yang paling sering dicari para penggemar dari aquascape. Tumbuh dengan padat, warnanya yang dominan hijau terang dengan pertumbuhannya yang tidak teratur.

Mengingat pertumbuhannya yang padat, maka penanaman yang terbaik adalah dengan meletakkannya pada celah-celah agar saat tumbuh chrismast moss dapat lebih merenggang.

Jadi tidak perlu untuk diikat karena tidak akan cocok dengan gaya alami dari aquascape.

 

  1. Pellia liverwort

Asal tanaman ini adalah dari Timur seperti India, Jepang, China, dan juga Hawaii.

Untuk menumbuhkan jenis moss ini pada aquascape kita, maka kita hanya perlu mempersiapkan saja Nitrogen dalam jumlah yang banyak, oleh sebab itu pemupukan sangat dibutuhkan agar pertumbuhannya dapat maksimal.

Sekian informasi tentang : Cara Menanam Moss Di Pasir Malang Agar Tumbuh Dengan Baik. Jika anda menginginkan informasi lainya anda bisa mengunjunggi artikel tentang : Jenis – Jenis Pasir Dan Pemanfaatan Dalam Berbagai Bidang