Cara Menanam Bawang Bombay

Cara Menanam Bawang Bombay, Bawang bombay (Allium cepat  merupakan salah satu jenis bawang yang umum digunakan sebagai bahan makanan. Spesies ini berasal dari tanaman dalam genus Allium dan termasuk dalam kategori sayuran umbi. Tampilan bawang bombay memiliki kulit cokelat dan tumbuh di bawah tanah. Terdapat banyak lapisan putih di bagian dalamnya yang memiliki bau dan rasa yang kuat dan tajam.

Persiapan Menanam Bawang Bombay

1. Syarat Tumbuh

Bawang bombay baik jika ditanam di daerah pegunungan dengan suhu sekitar 18 hingga 20 derajat celsius. Tanaman bawang bombay juga memerlukan penyinaran sinar matahari panjang dalam satu hari, yakni kurang lebih 14 jam. Tempat ideal untuk menanamnya yaitu sekitar kirs-kira 800 meter di atas permukaan laut (dpl) atau di atas 2.000 meter dpl. Jenis tanah yang baik digunakan adalah tanah gembur dengan derajat keasaman atau pH tanah sekitar 5,5-5,6 dan drainase yang baik.

2. Persiapan Bibit

Bibit bawang bombay yang baik berasal dari umbi tanaman bawang yang bagus dan berkualitas.

Berkualitas yang dimaksud adalah varietasnya unggul, tidak cacat, memiliki pertumbuhan yang relatif cepat dan terbebas dari berbagai hama dan penyakit. Umbi yang sudah disiapkan selanjutnya akan disemai.

2. Persiapan Bibit

Bibit bawang bombay yang baik berasal dari umbi tanaman bawang yang bagus dan berkualitas. Berkualitas yang dimaksud adalah varietasnya unggul, tidak cacat, memiliki pertumbuhan yang relatif cepat dan terbebas dari berbagai hama dan penyakit.

Umbi yang sudah disiapkan selanjutnya disemai. Masukkan media tanam ke dalam pot atau polybag yang telah disiapkan. Tanam bibit bawang bombay dengan jumlah tiga umbi per pot/polybag. Beri jarak sekitar 10-15 cm antar umbi

Cara Menanam Bawang Bombay dalam Bedengan

Bedengan adalah tempat tumbuh tanaman budidaya dengan cara meninggikan tanah dan memberikan asupan pupuk. Bibit bawang bombay yang sudah cukup umur, dapat dipindahkan ke dalam bedengan. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Buat lubang tanam pada bedengan dengan jarak sekitar 20 x 20 sentimeter.
  • Tanam bibit bawang bombay pada masing-masing lubang.
  • Usahakan dilakukan pada sore hari agar tanaman tidak mengalami layu oleh matahari siang yang terik.
  • Siram segera bibit yang baru ditanam.
  • Lakukan penyulaman pada satu minggu pertama, penyulaman bertujuan untuk menyamaratakan pertumbuhan tanaman.
  • Perawatan Tanaman Bawang Bombay
  • Setelah melakukan penanaman, langkah selanjutnya adalah melakukan perawatan bawang.

Beberapa hal yang harus dilakukan, yaitu:

1. Penyiraman

Penyiraman dilakukan untuk menjaga suplai air bagi tanaman. Tamanan yang kekurangan air akan memiliki ukuran umbi yang berukuran kecil. Penyiraman dilakukan secukupnya saja, yakni dengan memantau kebasahn tanah dalam bedengan. Untuk mempercepat proses penyiraman bisa menggunakan bantuan mesin pompa untuk air. Saat musim kemarau, bisa juga menggunakan gembor untuk menyiram daun bawang bombay tersebut.

2. Penyiangan

Jangan lupa untuk melakukan peyiangan secara teratur agar nutrisi di dalam tanah bedengan tidak dicuri oleh tanaman liar.

3. Penanggulangan Hama

Jamur patogen adalah hama yang paling sering menerbu tanaman bawang bombay. Bakteri patogen dan serangga seperti uret dan orong-orong bisa diatasi dengan menggunakan obat atau pestisida dan insektisida tabur yang disesuaikan dengan jenis hama. Hama jamur biasanya menyerang akar tanaman dan dapat diatasi dengan mengocorkan obat fungisida. Hama bakteri yang menyerang umbi bawang dapat membuatnya menjadi busuk. Cara mengatasi hama ini adalah dengan mengocorkan larutan bakterisida.

Pemanenan Bawang Bombay

Bawang bombay dapat mulai dipanen setelah berusia 4sampai dengan 5 bulan setelah tanam. Cara yang benar saat memanen bawang bombay adalah sebagai berikut:

  • Gali sedikit tanah di sekitar umbi bawang.
  • Cabut dengan seksama agar umbi bawang tercabut secara utuh.
  • Simpan bawang di tempat kering, sejuk dan terhindar dari sinar matahari langsung.
  • Simpan bawang dengan cara digantung agar umbi bawang tidak tumbuh.

Demikian informasi menarik mengenai cara menanam bawang bombay. Semoga dengan artikel yang tela kami sampaikan mengenai peluang usaha di atas bisa bermanfaat serta berguna untuk Anda semua.

Semoga informasi ini dapat memberi referensi untuk acuan bagi Anda yang saat ini masih bingung dalam mencari maupun memilih cara atau tips dan trik apa yang sesuai untuk Anda jalani. Terima kasih semoga bermanfaat