Inilah 6 Cara Menambah Penghasilan Mahasiswa Yang Wajib Anda Coba

Cara Menambah Penghasilan Mahasiswa – Zaman sekarang ini semakin banyak para mahasiswa yang ingin tetap berkuliah namun dapat menghasilkan uang sendiri dengan cara bekerja paruh waktu disela waktu kosong dari jadwal kuliah mereka.

Apakah kamu termasuk diantaranya yang ingin menghasilkan uang tambahan dari keringat kamu sendiri sambil tetap berkuliah.

Apalagi kalau kamu bisa membantu orangtua dengan membiayai biaya kuliah kamu sendiri. Dengan demikian kalau kamu punya adik yang masih di bangku sekolah, orangtua kamu bisa fokus untuk pembiayaan sekolah adik kamu.

 

Lalu, apa saja pekerjaan yang cocok dan biasanya menjadi pilihan para mahasiswa yang tentu saja pekerjaan tersebut cukup bersahabat dengan jadwal kuliah kita.

Baca juga : Inilah 5 Cara Menambah Penghasilan Yang Wajib Anda Coba

 

Inilah 6 Cara Menambah Penghasilan Mahasiswa Yang Wajib Anda Coba

1. Guru Les Privat

Bagi kamu yang  suka mengajar, menjadi guru les privat merupakan salah satu alternatif untuk menambah uang jajan kamu.

Banyak orang tua yang tidak menyayangkan uangnya agar anak-anak mereka mendapatkan bimbingan khusus secara privat agar nilai akademik mereka dapat semakin meningkat.

Di samping kesibukan dari para orangtua sehingga mereka tidak sempat lagi memiliki waktu untuk mengajar anak mereka setelah pulang sekolah. Gunakan peluang ini untuk menjadi guru les privat yang dapat ke rumah mereka.

Atur waktu dan jadwal kuliahmu dengan baik dan tetapkan harga yang bersahabat sesuai dengan jenjang pendidikan anak murid yang akan kamu bimbing.

Kamu juga harus meningkatkan skill mengajar agar para orang tua yang puas dengan hasil kinerjamu dapat mempromosikan dirimu kepada teman-teman sesama orangtua lainnya.

Kamu juga dapat mempromosikan dirimu melalui akun-akun media sosial pribadimu untuk menambah jumlah anak les bimbinganmu.

Guru Les Private

 

2. Pekerja Kampus atau Asisten Dosen

Jika kamu ingin menambah uang penghasilan tanpa harus meninggalkan kampus, kamu dapat melamar kerja sebagai pekerja paruh waktu di kampus.

Mungkin saja kamu akan diberi tugas seperti bagian administrasi dan lain sebagainya. Kamu tidak perlu hawatir dengan jadwal kuliah yang dapat berubah sewaktu-waktu karena kamu masih satu lokasi.

Selain itu, kamu juga dapat mendaftar untuk menjadi asisten dosen. Pilih mata kuliah yang memang sudah kamu kuasai.

Menjadi asisten dosen dapat menambah uang penghasilan dan disamping itu juga dapat menambah ilmu dari mata kuliah yang kamu gemari tersebut.

Asisten Dosen

 

3. Pengusaha Online Shop

Dengan meningkatnya penggunaan media sosial dan meluasnya jaringan internet bahkan ke beberapa kota kecil. Usaha berbasis online shop gini digemari oleh para pengusaha kecil baik berupa produk maupun jasa.

Berkat kecanggihan layanan internet dan media sosial. Para penggunanya tidak perlu pergi ke daerah-daerah tertentu untuk mempromosikan barang atau jasa yang dia pasarkan.

Kamu juga bisa menggunakan berbagai kemudahan dari media sosial. Cukup membuka akun khusus barang atau jasa yang akan kamu pasarkan. Seperti di media sosial seperti Facebook, Instagram dan lain sebagainya. Maka kamu dapat menjangkau pasar-pasar di berbagai tempat yang terkoneksi dengan jaringan internet.

Dalam memilih produk atau jasa yang akan kamu pasarkan. Kamu perlu meneliti atau mensurvei terlebih dahulu berbagai barang atau jasa yang memang diperlukan oleh masyarakat dan yang sedang menjadi trend.

Hal itu dapat memudahkanmu untuk mencarian barang yang cocok dan pasar mana yang menjadi sasarannya. Sambil tetap menimba ilmu, kamu tetap dapat menghasilkan tambahan uang jajan.

Tentu saja waktumu harus diatur dalam proses pengecekan barang dan pesanan dengan jadwal kuliah dan waktu belajar.

 

4. Penyiar Radio dan Model

Apabila kamu memiliki skill dalam berhubungan dengan orang lain dan juga dalam hal public speaking. Kamu dapat mencoba pekerjaan paruh waktu sebagai penyiar radio. Dengan mengeksplor berbagai informasi terkini dipadukan dengan kemampuan berbicara kamu yang fasih dalam merangkai kata-kata.

Selain itu, untuk kamu yang merasa yakin dan percaya diri akan penampilan fisik. Menjadi model majalah juga dapat menjadi salah alternatif yang mungkin dapat kamu dipertimbangkan.

Tentu saja kamu juga harus menjaga pergaulanmu dan tetap mawas diri dalam dunia modeling. Selain menjadi dikenal oleh masyarakat luas, kamu juga dapat tambahan uang untuk uang jajan dan biaya kuliahmu.

 

5. Penulis Artikel Lepas

Berbagai lowongan sebagai content writer dan proofreader juga menjadi pekerjaan paruh waktu yang sangat bersahabat dengan jadwal perkuliahan anak mahasiswa.

Tanpa harus pergi ke kantor setiap hari. Kamu dapat mengerjakan pekerjaan itu di kos atau di rumah atau bahkan saat menunggu jadwal kelas berikutnya di kampus.

Daripada menunggu lama di kantin, lebih baik menghasilkan sesuatu dengan cara menjadi content writer atau proofreader. Tentu saja kamu perlu kejelian khusus dan skill menulis yang baik dalam penyusunan kalimat serta pengetahuan akan EYD yang benar.

 

6. Barista Coffee Shop

Cara Menambah Penghasilan Mahasiswa selanjtnya adalah menjadi barista sebuah coffee shop. Yang mana termasuk salah satu pekerjaan yang saat ini menjadi trend di kalangan anak muda, terutama para mahasiswa.

Bagi kamu yang memiliki hobi ngopi, kenapa tidak mencoba untuk menjadi barista. Kamu malahan dapat menghasilkan uang dari job yang satu ini.

Tetap dapat menikmati kopi sambil menambah uang jajan. Tidak perlu khawatir dengan jadwal kuliah kalian karena para pemilik coffee shop juga biasanya menerima para mahasiswa. Dan tidak hanya itu, pemilik Coffee Shop juga punya toleransi tersendiri bagi para karyawannya yang bekerja sambil kuliah.

 

Itu lah 6 Cara Menambah Penghasilan Mahasiswa, semoga dapat membantu anda bagi para mahasiswa.

Baca juga : Inilah Bagaimana Cara Menabung di Celengan Dengan Cepat dan Praktis