Cara Memulai Bisnis Laundry. Simak Penjelasannya!

Beadanya Bisnis Dengan Dagang. Bisnis laundry saat ini telah ternama di berbagai sudut wilayah, tidak hanya perkotaan saja. Sudah sewajarnya, jikalau jasa laundry telah menjadi kebutuhan hampir setiap orang yang tidak memiliki waktu untuk mencuci pakaiannya sendiri, entah itu karena kesibukan atau lain hal.

Oleh karena itu, bisnis laundry adalah salah satu bisnis yang berpeluang mendapatkan keuntungan banyak. Apalagi jasa cuci pakaian ini juga dihargai dengan harga murah mulai dari Rp5 ribu per kilonya. Hal itu membuat bisnis tersebut cukup diminati. Jadi, apakah kamu tertarik Cara Membuka Usaha Laundry?

Cara Memulai Bisnis Laundry

Cara Memulai Bisnis Laundry

Apa itu Bisnis Laundry?

Bisnis laundry adalah suatu bisnis yang mempromosikan jasa cuci barang seperti, pakaian, sepatu, selimut dan sejenisnya. Rata-rata harga jasa laundry pakaian di pasaran mulai dari Rp4 ribu- Rp15 ribu per kilonya. Lain halnya dengan laundry sepatu memiliki harga mulai dari Rp15 ribu per sepatu.

 

Jenis Bisnis Laundry

Ada beberapa toko yang menawarkan berbagai jasa laundry dalam berbagai jenis, deperti laundry kiloan pakaian saja atau laundry sepatu saja.

  1. Bisnis Laundry Kiloan
    Bisnis laundry kiloan mempromosikan jasa mencuci pakaian dalam jumlah yang banyak sekaligus. Paket laundry kiloan umumnya lebih murah daripada satuan. Dengan sistem kiloan, pengusaha laundry dapat mencuci pakain pelanggan dalam satu mesin sehingga tidak bercampur dengan yang lain.
  2. Laundry Sepatu
    Seperti namanya, laundry sepatu khusus mempromosikan jasa cuci sepatu. Walaupun terlihat mudah, namun mencuci sepatu juga memerlukan ketelitian yang tinggi. Prosesnya juga lebih sulit jika dibandingkan dengan pakain.
  3. Laundry Hotel
    Usaha laundry ini terfokus kepada keperluan hotel, seperti sprei, selimut, handuk dan sebagainya. Memulai bisnis laundry ini cukup menantang, agar bisa mendapat pelanggan, anda harus dapat bekerja sama dengan sebuah hotel. Tetapi, dengan begini, keuntungan yang diperoleh lebih stabil.
  4. Laundry Konvensional
    Laundry konvensional terfokus kepada pelanggan yang ingin mencuci secara eksklusif dan memerlukan pengerjaan khusus. Misalnya cucian dry clean atau bed cover. Sebab carakerjanya lebih sulit, tak kaget apabila harga yang diberikan juga lebih mahal. Selain itu, dana yang dikeluarkan pun lebih banyak.
  5. Laundry Ekspres
    Laundry ekspres mempromosikan kecepatan saat pengerjaannya. Jenis laundry ini memiliki harga paling mahal, walaupun mahal, masih banyak orang yang menggunakan jasanya. Apabila berminat membuka laundry ekspress, anda harus merelakan waktu dan tenaga untuk mencuci secara cepat.

Cara Memulai Bisnis Laundry untuk Pemula

Peluang bisnis laundry sangat besar peluangnya di pasaran. Tetapi, anda juga tidak dapat asal dalam menjalankannya. Adapun beberapa cara memulai bisnis laundry untuk pemula yang dapat anda praktekkan agar mendapat keuntungan yang maksimal.

  1. Pahami Tentang Bisnis Laundry
    Sebelum memulai, seharusnya anda memahami tentang asal usul bisnis ini. Bagaimana cara kerjanya dan apa saja yang perlu disiapkan, harus anda pelajari lebih awal supaya tidak bingung saat bisnis telah berjalan.
  2. Tentukan Lokasi yang Strategis
    Salah satu kunci sukses dalam berbisnis adalah menentukan lokasi yang strategis. Begitu pula dengan bisnis laundry, pilihlah tempat yang cukup mudah dijangkau dan dekat dengan pemukiman. Pasti lebih baik apabila berdekatan dengan area kost atau asrama.
  3. Persiapkan Modal Sejak Awal
    Jika anda telah berencana membuka bisnis ini, maka persiapkan dana dengan matang sejak awal. Perjuangkan semua kelengkapan yang dibutuhkan sudah siap saat laundry sudah dibuka.
  4. Perhatikan Kompetitor
    Dalam hal ini, anda perlu mengamati berapa sekiranya harga yang ditawarkan oleh pesaing di sekitar anda. Lebih baik untuk menghindari harga jauh diatasnya, hal ini bisa membuat anda kehilangan pelanggan. Tetapi, tidak baik juga kalau terlalu miring. Sesuaikan saja dengan kualitas yang anda berikan pada pelanggan.
  5. Beri Pelayanan yang Memuaskan
    Setelah mendapat pelanggan, tugas selanjutnya adalah membuat pelanggan tersebut menjadi pelanggan. Berikan pelayanan yang memuaskan supaya para pelanggan mau kembali lagi dan menjadi pelanggan setia.