Cara Memotong Bawang Yang Benar

Bawang Merah menjadi salah satu bumbu masak yang digunakan semua orang dalam berbagai jenis masakan. Tak hanya sebagai bumbu masakan, bawang merah juga bisa menambah selera makan setelah diolah jadi makanan bawang goreng. Untuk hasil yang maksimal perlu pengolahan yang baik dan benar, bagaimana cara memotong bawang yang benar

Tips dan Trik Cara Memotong Bawang Yang Benar

1. Simpan di Kulkas, Salah Satu Cara Memotong Bawang Yang Benar

Sebelum dipasarkan, Anda bisa menyimpan bawang ke dalam kulkas terlebih dahulu. Anda bisa mendinginkan bawang merah di kulkas selama 10 sampai dengan15 menit sebelum dipotong. Cara ini akan mengurangi jumlah enzim asam yang dapat mata kita menanggis.

2. Menghilangkan Akarnya

Sebelum bawang dipotong, disarankan untuk membersihkan bawang dan membuang akarnya terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan enzim air mata yang ada di akar bawang.

3. Mulai Dari Atas

Teknik mengiris bawang juga dapat memengaruhi, lho. Agar tidak pedih di mata, bisa mulai bawang dari bagian atas menuju bagian pangkal. Hal ini disebabkan karena kandungan zat sulfoksida paling banyak berada di dekat akar atau lebih tepatnya bagian pangkal bawang.

4. Rendam di Udara

masukkan ke dalam kulkas, bawang tidak akan terasa pedas saat dipotong apabila Anda merendamnya di udara lebih dahulu. Pasalnya, enzim akan terdenaturasi sebagai akibat dari batas dari udara.

Hanya saja, teknik merendam dalam air akan memengaruhi cita rasa bawang tersebut. Selain itu, bawang akan menjadi lebih licin saat dipegang oleh  tangan. Namun jika menyukai rasa bawang yang lebih rendah, Anda bisa mencoba trik ini.

5. Cara Mengiris Bawang Dengan Cepat Sambil Bersiul

Cara yang satu ini mungkin terkesan sedikit aneh. Namun bersiul akan menciptakan aliran udara yang cukup untuk mengusir gas bawang merah dari wajah Anda sehingga tidak dapat mencapai mata.

6. Potong Dekat Ventilasi

Anda bisa saja bawang di area dekat kipas angin atau jendela yang terbuka, atau ventilasi udara. Hal ini agar gas dari bawang merah tidak akan membuat mata Anda pedih. Atau Anda juga bisa membuat bawang dekat kompor dan buka sehingga ada udara yang mengusir gas bawang dari area mata Anda.

3 Cara Memotong Bawang Yang Benar Dan Cepat

7. Pakai Sejenis dari Asam

Larutam asam atau larutan anionik bisa mendenaturasi enzim pada bawang. Anda bisa menggunakan cairan cuka yang dioleskan ke permukaan talenan. Atau Anda juga bisa merendam bawang merah dalam air dengan campuran garam. Larutan anionik akan mendenaturasi enzim, tapi juga akan mengubah cita rasa asli dari bawang tersebut.

8. Cara Memotong Bawang Yang Benar Menggunakan Pisau Tajam

Enzim saat sel mengalami kerusakan atau akan hancur. Menggunakan pisau tajam akan membuat bawang merah tapi tidak menghancurkannya sehingga enzim yang akan menjadi lebih sedikit. Mengolesi pisau dengan lemon juga bisa mengurangi sedikit rasa pedih di mata akibat enzim yang menghasilkan rasa pedih di mata.

9. Mengiris di Udara

Anda juga bisa mengiris bawang dalam rendaman air jernih. Udara akan melarutkan senyawa yaitu sulfoksida dan gas iritan sehingga tidak akan bisa mengenai mata. Namun cara ini tentu tak mudah dilakukan dan bisa memengaruhi cita rasa bawang.

10. Menggunakan Pelindung

Jika Anda memiliki pelindung di dapur, maka tak ada salahnya untuk menggunakan kacamata itu saat kita akan mengiris bawang. Pastikan kacamata tersebut pas di mata Anda sehingga gas tidak bisa masuk ke sela-sela  dalam mata. Anda juga bisa menggunakan kacamata yang digunakan untuk berenang

Demikian informasi menarik mengenai cara memotong bawang yang benar. Semoga dengan artikel yang kami sampaikan bisa bermanfaat serta berguna untuk Anda semua.

Semoga informasi ini dapat memberi referensi untuk referensi Anda yang saat ini masih bingung mencari maupun memilih cara atau tips dan trik apa yang sesuai untuk Anda jalan-jalan. Terima kasih semoga bermanfaat