Cara Membuat Susu Kedelai Aneka Rasa

susu kedelai aneka rasa

Susu kedelai merupakan susu yang terbuat dari kacang kedelai murni. Selain rasanya yang enak, susu kedelai juga mengandung banyak gizi, seperti kalsium, protein, vitamin dan nutrisi lainnya. Nah kali ini kita akan membahas tentang beberapa cara membuat susu kedelai yang enak dan mudah.

Tetapi sebelum itu , kita akan mengetahui tentang manfaat kedelai bagi kesehatan, cara membuat susu kedelai, dan Resep lainnya dari susu kedelai.

Kandungan yang Terdapat pada Susu Kedelai

Susu kedelai adalah susu yang terbuat dari biji kedelai, yang memiliki kandungan protein yang banyak. Namun tidak hanya itu saja, kandungan nutrisi yang ada di dalamnya juga sangat besar. Diantaranya adalah :

  • Karbohidrat : 5 gram/100 gram
  • Zat besi : 1 mg/100 gram
  • Kalsium : 50 mg/100 gram
  • Lemak : 2,5 gram/100 gram
  • Vitamin B1 : 0,08 mg/100 gram
  • Protein : 3,5 gram/100 gram
  • Energi : 41 kkal/100 gram
  • Vitamin C : 2 mg/100 gram
  • Vitamin A : 200 IU/100 gram
  • Fosfor : 45 mg/100 gram

Beberapa manfaat dari susu kedelai adalah sebagai anti-oksidan, menurunkan kolestrol, mencegah alergi, mencegah kanker,  dan masih banyak lagi tentunya.

Asam folat yang terdapat pada kedelai juga memiliki manfaat untuk petumbuhan dan perkembangan pada janin. Dengan begitu, ia juga dapat meningkatkan kecerdasannya si jabang bayi kelak. Selain untuk pertumbuhan dan perkembangan janin, kandungan asam folat ini membantu perkembangan dan pertumbuhan sel saraf janin.

Oleh sebab itu, untuk mencegah gangguan perkembangan dan pertumbuhan saraf dan otak janin, Ibu hamil dapat mengkonsmsi susu kedelai yang banyak mengandung asam folat.

Manfaat Susu Kedelai bagi Kesehatan

Menurunkan Kolestrol

Salah satu manfaat susu kedelai adalah guna menurunkan kolesterol. Susu kedelai dapat meninkatkan profil lipid darah.  Beda dengan susu sapi, yang tinggi kolestrol dan lemak jenuh, susu kedelai memiliki lemak yang tidak jenuh dan memiliki nol kolestrol.

Terdapat dua macam asam lemak tak jenuh yang terdapat pada susu kedelai, yaitu asam lemak tak jenuh tunggal dan ganda. Kedua asam lemak tak jenuh pada susu kedelai dapat menghambat penumpukan kolestrol di dalam aliran darah. maka dari itu dengan mengkonsumsi susu kedelai secara rutin dapat menurunkan kadar kolestrol jahat.

Hal itu membuat susu kedelai menjadi minuman yang ideal bagi Anda yang memiliki kolesterol tinggi atau memiliki riwayat keluarga dengan penyakit jantung koroner.

Mencegah Anemia

Salah satu manfaat susu kedelai untuk kesehatan adalah mencegah anemia. Dalam susu kedelai terdapat vitamin B12 yang akan membantu produksi sel darah merah. Ini merupakan solusi baik untuk vegetarian yang tidak mengonsumsi telur atau susu sapi sebagai sumber vitamin B12 tersebut.

Mencegah Kanker

Salah satu manfaat susu kedelai untuk kesehatan lainnya adalah untuk mencegah penyakit ganas kanker. Caranya dengan rutin mengonsumsi susu sari kedelai yang banyak mengandung mineral, protein serta vitamin. Selain itu, kandungan selenium akan berperan sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas pemicu sel kanker.

Mencegah Osteoporosis

Osteoporosis merupakan satu penyakit yang biasa diderita manula akibat dari semakin sedikitnya hormon di dalam tubuh. Kandungan vitamin D serta kalsium yang terdapat di dalam susu sapi juga terkandung dalam susu kedelai. Sedangkan zat fitoesterogen dapat membuat kalsium lebih cepat terserap oleh tubuh, dan dapat mencegah osteoporosis.

Mencegah Kanker Prostat

Manfaat susu kedelai selanjutnya untuk pencegahan kanker. Kandungan fitoestrogen banyak terdapat pada susu kedelai. Hormon yang dapat menghambat produksi testosteron pada pria

Penurunan kadar testosteron pada pria dapat mengurangi risiko kanker prostat. Penelitian menunjukkan bahwa pria yang jarang makan kedelai cenderung mengembangkan hipertrofi prostat atau kanker prostat.

Manfaat Susu Kedelai untuk Kecantikan

Mengatasi Kulit Kering dan Kusam

Jika mengkonsumsi susu kedelai secararutin dapat melembapkan kulit yang kering dan kusam. Karena susu kedelai mengandung vitamin B1 yang mempengaruhi kondisi kulit anda.

Mencegah Penuaan Dini

Di dalam susu kedelai terkandung isoflavon yang disebut aglikon. Kandungan tersebut bisa membantu mencegah penuaan pada kulit dengan cara mengurangi kerutan-kerutan dan garis-garis halus.

Sebuah penelitian di Jepang yang diterbitkan pada bulan Februari tahun 2007 di Journal of Nutritional Sains dan Vitaminology menyebutkan bahwa, mengkonsumsi 40 mg aglikon dari kedelai selama kurang lebih 12 minggu bisa membuat kulit wanita berusia 40-an terlihat seperti kulit wanita 30-an.

Mengurangi Kulit Kering

Jika Anda memiliki kulit kombinasi atau kulit kering, susu kedelai akan sangat bermanfaat untuk membantu melembabkannya. Banyak ahli yang menyebut susu kedelai sebagai smart moisturizer karena memiliki kemampuan yang sangat ampuh dalam melembabkan area-area kulit yang kering, menunda penuaan, dan mempercantik warna kulit.

Membuat Rambut menjadi Berkilau

Berbagai hasil penelitian di atas, sebenarnya, mengkonsumsi susu kedelai yang kaya nutrisi dan mengandung protein berkualitas tinggi–bisa membantu tubuh menghasilkan jaringan baru dan bisa memicu pertumbuhan rambut baru. Selain susu kedelai murni, susu kedelai yang diperkaya dengan vitamin B12 juga sangat bermanfaat untuk kesehatan rambut. Karena kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan rambut rontok.

Mengurangi Kulit Kering

Jika Anda memiliki kulit kombinasi atau kulit kering, susu kedelai akan sangat bermanfaat untuk membantu melembabkannya. Banyak ahli yang menyebut susu kedelai sebagai smart moisturizer karena memiliki kemampuan bawaan yang sangat ampuh dalam melembabkan area-area kulit yang kering, menunda penuaan, dan mempercantik warna kulit.

Cara Membuat Susu Kedelai Aneka Rasa

Resep 1

Bahan:

  • 250 gr kedelai
  • 250 gr gula pasir
  • 1 btg sereh, digeprek
  • 3 ruas jari jahe, bakar, bersihkan, geprek
  • 1 bngks kayu secang, cuci
  • 1 sdm coklat bubuk
  • 2 helai daun pandan (me : skip) krn gk ada
  • 2,5 ltr air

Cara Membuat:

  1. Rendam kedelai selama 3 – 5 jam, bersihkan kulitnya, remas-remas dan sisihkan
  2. Taruhlah kedelai dalam blender 1/2 nya dulu dengan 1 ltr air, kemudian blender halus. Dilanjutkan vlender yang 1/2 nya lagi dan peras dengan serbet dan saringan.
  3. Ulangi peras dengan saringan sampai tuntas dan tambah 1/2 ltr air.
  4. Rebus air kedelai, masukkan btg sereh, jahe dan gula pasir.
  5. Untuk rasa secang, satu gelas dengan satu bungkus kayu secang. Untuk rasa coklat dengan 1 sdm coklat bubuk, larutkan.
  6. Setelah mendidih matikan api dan taruh dalam gelas. Sajikan hangat.

Resep 2

Bahan:

  • 1 gelas blimbingkedelai
  • Secukupnya gula
  • Kayu manis
  • Vanili
  • Perisa rasa coklat dan melon
  • Sesuai selera air

Cara Membuat:

  1. Rendam kedelai kurleb 5 sd 8jm Setelah itu blender dan tambahkan air sesuai selera kekentalannya Setelah semua dblender saring hasil blenderannya agar ampas kedelainya terpisah
  2. Kemudian masukkan gula pasir,kayu manis,vanili kedalam sari kedelai hasil dblender tadi
  3. Masak dengan api sedang sambil terus di aduk agar tidak pecah Setelah mulai mendidih matikan api
  4. Bagi menjadi dua bagian untuk di tambahkan perisa melon dan coklat
  5. Setelah selesai saring kembali susu kedelai yang sudah di beri rasa
  6. Susu kedelai siap diminum selagi hangat dan bisa juga disimpan dbotol plastik untuk di dinginkan Selamat mencoba