RAHASIA CARA MEMBUAT SELAI MANGGA LEMBUT DAN MANIS

Cara membuat selai mangga – Tak hanya strawberry atau nanas yang dapat diolah menjadi selai yang lembut. Buah mangga juga dapat diolah menjadi selai. Jika punya mangga berlebih, tak ada salahnya untuk berkreasi dengan selai yang dapat dioleskan pada roti ataupun pancake.

Cara membuat selai mangga tentu saja sangat mudah dan praktis. Anda tak akan kesulitan untuk membuatnya, bahkan bagi pemula atau ibu muda yang baru belajar memasak dan baru masuk dapur sekalipun. karena kami akan bagikan Bahan-bahan dan Cara Membuat Selai Mangga  untuk membantu anda membuatnya sendiri.

Berikut ini langkah mudah dalam membuat selai mangga yang manis lembut

Bahan-bahan cara membuat selai mangga :

1 Kg mangga
500 gr gula pasir
1 batang kayu manis
5 btr cengkeh
2 lbr daun pandan
sedikit perasan jeruk lemon

Alat yang digunakan cara membuat selai mangga :

Teflon
Spatula
Blender
Gelas jar kaca (wadah selai)

Langkah dan cara membuat selai mangga

  • Pilih buah mangga yang sudah matang, pastikan tidak ada bagian yang sudah busuk. Buang kulit buahnya dan cuci dibawah air mengalir hingga bersih, tiriskan kemudian hilangkan bijinya. Anda dpaat memilih mangga yang beraroma dan manis seperti harumanis.

 

  • Masukkan buah mangga ke dalam blender. Kemudian haluskan hingga mangga benar-benar halus. Tambahkan gula pasir, kayu manis, cengkih, daun pandan dan perasan air jeruk lemon. Sebagai perbandingan, untuk 1 kg (1.000 gr) buah mangga bisa ditambahkan dengan 500 gr gula pasir. Karena buah mangga yang dibuat rasanya sudah manis

 

  • Masak mangga di atas kompor dengan api kecil sekitar 30-40 menit hingga mendidih. Aduk sesekali untuk menghindari gosong. Setelah cairan mangga mengental, matikan api dan tunggu hingga uap panasnya berkurang

Untuk menyimpan selai, Anda dapat menggunakan wadah berbahan kaca yang sudah dicuci bersih dan disterilkan dengan cara direbus kurang lebih 10 menit dalam air mendidih. Setelah itu angkat gelas jar dan letakkan diatas serbet hingga kering.

 

Sedikit tips lainnya :

  • Pertama, yang harus anda lakukan adalah memilih buah segar. Pilihlah buah yang aromanya tercium kuat agar selai menjadi harum khas buah tesebut.
  • Lalu anda dapat menambahkan kayu manis sebagai tambahan aroma pada selai mangga.
  • Tips membuat selai untuk buah nanas, anda dapat menambahkan sedikit garam agar rasa nanas semakin enak dan gurih. Untuk buah strawberry dapat ditambahkan perasaan air jeruk nipis kedalam air rebusannya.
  • Untuk menyimpan selai, pastikan toples kaca yang digunakan dengan tutup stainless steel yang sudah disterilisasi. Tutup toples selai rapat-rapat dan simpan ke dalam kulkas atau lemari pendingin agar kualitas selai dapat terjaga selama tiga bulan kedapan walaupun tanpa bahan pengawet sama sekali. Nahh selamat mencoba…

yang ingin mencoba resep lainya : cara membuat permen kristal