Cara Membuat Selai Keju Ekonomis

Bagi sebagian orang, keju adalah makanan yang perlu dihindari karena kandungan lemak dan garam di dalamnya. Atau karena tidak suka dengan rasanya. Keju merupakan produk makanan yang terbuat dari susu sapi, kambing, atau domba. Berbeda jenis keju, berbeda pula kandungan gizinya. Namun secara umum, keju kaya akan kalsium, protein, vitamin A, B12, fosfor, riboflavin, magnesium, dan seng (zinc) yang merupakan nutrisi penting bagi tubuh. Ingin tahu informasi mengenai keju? Berikut adalah berbagai informasi mengenai keju dan juga cara membuat selai keju untuk isian roti yang wajib anda coba.

Related image

Mengenal Keju 

Kunjungi juga Cara Membuat Selai Coklat Nikmat dan Sederhana Alla rumahan

Keju adalah salah satu makanan yang dihasilkan dengan cara memisahkan zat-zat padat dalam susu melalui proses pengentalan atau koagulasi.  Proses pengentalan ini dilakukan dengan bantuan bakteri atau enzim tertentu yang disebut rennet. Hasil dari proses tersebut akan dikeringkan, diproses, dan diawetkan dengan berbagai macam cara.

Produk-produk keju bervariasi ditentukan dari tipe susu, metode pengentalan, temperatur, metode pemotongan, pengeringan, pemanasan, juga proses pematangan keju dan pengawetan. Pada umumnya hewan yang dijadikan sumber susu adalah sapi. Air susu unta, kambing, domba, kuda, atau kerbau digunakan pada beberapa tipe keju lokal.

Mengenal Keju 

Keju adalah makanan yang dihasilkan dengan cara memisahkan zat-zat padat dalam susu melalui proses pengentalan atau koagulasi.  Proses pengentalan ini dilakukan dengan bantuan bakteri atau enzim tertentu yang disebut rennet. Hasil dari proses tersebut akan dikeringkan, diproses, dan diawetkan dengan berbagai macam cara.

Produk-produk keju bervariasi ditentukan dari tipe susu, metode pengentalan, temperatur, metode pemotongan, pengeringan, pemanasan, juga proses pematangan keju dan pengawetan. Pada umumnya hewan yang dijadikan sumber air susu adalah sapi. Air susu unta, kambing, domba, kuda, atau kerbau digunakan pada beberapa tipe keju lokal.

Manfaat Keju Bagi Tubuh

  1. Meningkatkan Kadar Kolesterol Baik

Dibandingkan jenis lemak trans pada makanan kemasan, lemak jenuh alami dari bahan makanan, termasuk yang ada pada keju sebagai olahan susu, merupakan lemak yang lebih memberikan manfaat untuk tubuh.

  1. Membantu Kontrol Hormon Insulin Dalam Tubuh

Manfaat keju terbukti dapat mengontrol kadar hormon insulin lebih baik, karena kandungan lemak yang terbentuk pada proses fermentasi keju, yaitu trans palmitoleic acid. Hal ini tentu sangat bermanfaat mengingat hormon insulin merupakan hormon yang mengatur kadar gula darah dalam tubuh.

  1. Baik Untuk Kesehatan Gigi

Sama seperti susu, manfaat keju bagi tubuh dapat membantu menyehatkan tulang dan gigi, berkat kandunga gizi dalam keju. Akan tetapi, rutin makan keju telah terbukti mampu melindungi gigi dari kerusakan lebih baik. Hal ini disebabkan keju memiliki kandungan yang bersifat antikariogenik, yang akan efektif mencegah terjadinya gigi berlubang.

  1. Mencegah Kanker

Salah satu khasiat keju yang jarang diketahui adalah dapat mencegah kanker. Keju mengandung asam linoleat terkonjugasi dan Sphingolipid yang memainkan fungsi sangat penting dalam pencegahan kanker. Keju juga mengandung Vitamin B yang menjaga fungsi tubuh dan melindungi tubuh dari penyakit.

  1. Menjaga Berat Badan Seimbang

Beberapa keju memiliki kandungan rendah lemak yang berguna untuk menjaga berat badan Anda seimbang. Manfaat makan keju juga membantu menambah berat badan, berat otot, dan kepadatan tulang.

Keju mengandung lemak, kalsium, protein, vitamin dan mineral yang membuat otot dan tulang kuat bersama dengan metabolisme yang seimbang.

Jenis Jenis Keju

  1. Keju Cheddar

Di Indonesia, keju cheddar umumnya digunakan sebagai topping kue kering. Sebab, rata-rata jenis keju ini memiliki kadar lemak sekitar 48 persen, sehingga teksturnya lebih keras dan tak mudah meleleh.

Selain keju cheddar yang berwarna kuning pucat, ada juga jenis keju cheddar berwarna oranye yang kerap digunakan sebagai isian burger. Dikenal dengan nama red cheddar, keju cheddar berusia tua ini punya aroma yang lebih kuat dan mudah meleleh bila terkena panas.

  1. Keju Mozzarella

Terbuat dari susu kerbau, ciri khas keju mozzarella adalah teksturnya yang sangat lembut, agak berair, dan punya rasa asin yang tak terlalu kuat. Saat disentuh, tekstur keju yang masih segar bahkan mirip tahu putih.

Biasanya keju dari susu sapi atau kerbau ini digunakan sebagai topping pizza atau pasta karena sifatnya yang mudah leleh saat dipanaskan. Saat meleleh, keju mozzarella akan menghasilkan efek mulur yang membuat hidangan semakin menggugah selera.

  1. Keju Parmesan

Memiliki nama asli Parmigiano-Reggiano, parmesan termasuk jenis keju keras yang memilki cita rasa dan aroma kuat. Rasa kuat keju berwarna kuning kusam ini dihasilkan dari proses pembuatannya yang terbilang lama.

Di negara asalnya, Italia, keju dari susu sapi ini biasanya digunakan sebagai penambah rasa pada aneka sup, pizza, hingga pasta. Sedangkan di Indonesia, keju parmesan biasanya juga digunakan untuk menambah aroma pada kue kering.

  1. Keju Edam

Keju edam merupakan jenis keju asal Belanda yang punya tampilan mencolok, yakni dilapisi oleh sejenis lilin berwarna merah terang. Keju berwarna kuning keemasan ini termasuk ke dalam jenis keju semi lunak dan bercita rasa asin-gurih menyerupai kacang.

Keju edam biasanya disajikan sebagai bahan campuran kue kering. Tapi di luar negeri, keju ini juga sering disantap sebagai teman minum wine.

  1. Keju Emmental

Tampilan keju yang berlubang-lubang memang menjadi ciri khas keju asal Switzerland ini. Uniknya, semakin tua usia keju emmental, diameter bulatan di permukaan keju ini juga semakin lebar.

Keju bertekstur lembut ini punya rasa gurih yang tak terlalu kuat, sehingga cocok disantap secara langsung. Keju emmental juga cocok disajikan sebagai isian burger, dipanggang, atau diolah menjadi cheese fondue.

Cara Membuat Selai Keju 1

Bahan Yang Digunakan:

  • 400 ml susu cair
  • 70 gr keju diparut
  • 2 sdm margarin (blueband)
  • 3 sdm terigu
  • 4 sdm susu bubuk
  • 1/2 sdt garam

Cara Membuat:

  1. Cairkan mentega dengan api kecil, lalu masukkan keju yang telah diparut, selanjutnya aduk hingga merata.
  2. Masukkan susu cair, lalu aduk.
  3. Lalu masukkan terigu, susu bubuk dan garam. Aduk hingga rata dan mengental.
  4. Setelah itu angkat dan dinginkan.
  5. Dapat disajikan dengan roti tawar.
  6. Selamat mencoba!

Cara Membuat Selai Keju 2

Bahan Yang Digunakan:

  • 70 gr keju, parut halus
  • 400 ml susu cair
  • 5 sdm mentega
  • 2 sdm tepung terigu
  • 3 sdm gula (selera)
  • Sejumput garam (selera)

Cara Membuat:

  1. Siapkan bahan-bahan. Lelehkan mentega dengan api kecil.
  2. Setelah semua mentega cair, masukan tepung terigu sedikit demi sedikit sambil diaduk agar tidak menggumpal.
  3. Masukan susu cari sedikit demi sedikit sambil terus diaduk.
  4. Tambahkan gula dan garam, cek rasa. Proses ini harus tetap di aduk, menggunakan api sedang.
  5. Masak hingga sedikit mengental, angkat dan simpan di wadah tertutup. Untuk kekentalan selai bisa disesuaikan selera.
  6. Selai keju siap digunakan untuk isian roti tawar atau sebagainya.
  7. Selamat mencoba!

Kunjungi juga Resep Kue Kering Sagu Kelapa Keju Lumer Dimulut!!