Resep Cara Membuat Selai Coklat Mudah Dan Enak

Cara Membuat Selai Coklat

Cara Membuat Selai Coklat – Coklat sepertinya bukan sesuatu yang asing lagi bagi kita. Bisa dikatakan hampir seluruh orang di segala penjuru dunia ini menyukai coklat. Tak hanya nikmat dimakan langsung dalam bentuk batangan, pengaplikasian coklat sebagai perasa dalam produk makanan dan minuman juga dapat meningkatkan citarasa sendiri bagi produk-produk kuliner tersebut.

cara membuat selai coklat
cara membuat selai coklat

Coklat adalah sebutan untuk hasil olahan makanan atau minuman dari biji kakao (Theobroma cacao). Cokelat pertama kali dikonsumsi oleh penduduk mesoamerika kuno sebagai minuman, walaupun dipercaya bahwa dahulu cokelat hanya bisa dikonsumsi oleh para bangsawan.

Jenis Coklat

Coklat memiliki banyak jenisnya, diantaranya adalah berikut : 

  1. Couverture Coklat

jenis coklat yang satu ini merupakan jenis coklat yang paling disukai oleh orang-orang pecinta coklat. Ini merupakan jenis coklat asli yang mengandung coklat mass dan lemak coklat. Rasanya pahit dan biasanya dijual dengan harga yang lebih mahal.

  1. Compound Coklat

Jenis coklat yang satu ini memiliki komposisi yang hampir sama dengan couverture coklat, namun pada cocoa butternya diganti dengan minyak kelapa atau soya. Untuk rasanya, coklat ini akan lebih manis dan harganya juga lebih murah dari couverture coklat.

  1. Coklat bubuk

Coklat jenis ini biasanya memiliki aroma yang pekat. Kelebihannya adalah tidak mengeluarkan bau aneh dan tidak akan berjamur. Biasanya coklat ini digunakan untuk adonan kue.

  1. Coklat susu

Ini merupakan jenis coklat yang paling banyak dijual dan juga dikonsumsi. Coklat ini terbuat dari gula, kakao, coklat cair, dan vanila. Jenis coklat ini memiliki rasa yang lebih manis dari jenis coklat lainnya.

  1. Coklat putih

Kalau jenis coklat yang satu ini tidak mengandung kokoa yang tinggi, bisa dilihat dari warnannya yang putih. Coklat ini terbuat dari coklat, gula, dan vanili. Coklat jenis ini sering digunakan untuk dekorasi.

Kandungan Gizi Pada Coklat

Kandungan yang terdapat dalam 100 gram coklat yaitu :

Energi Coklat = 472 kkal
Protein Coklat = 2 gr
Lemak Coklat = 0 gr
Karbohidrat Coklat = 0 gr
Kalsium Coklat = 63 mg
Fosfor Coklat = 0 mg
Vitamin A Coklat = 30 IU
Zat Besi Coklat = 2,8 mg
Vitamin B1 Coklat = 0,03 mg
Vitamin C Coklat = 0 mg

Manfaat Coklat

Coklat juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh, diantaranya adalah :

  1. Antioksidan yang tinggi

Selain rasanya yang enak ternyata coklat juga mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Kandungan antioksidan pada coklat yaitu flavanols, sejenis flavanoid yang terdapat pada coklat merupakan antioksidan yang baik bagi tubuh.

  1. Mencegah dan Melawan Kanker

Coklat dapat juga melawan dan mencegah kanker seperti buah anggur merah, bawang putih, blueberry dan teh. Dari penelitian yang pernah dilakukan menghasilkan bahwa coklat dapat menghambat pembelahan sel kanker dan mengurangi peradangan.

  1. Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat coklat selanjutnya menurut penelitian adalah menurunkan tekanan darah. karena coklat memiliki kandungan yang dapat membuat mood lebih baik, dan ternyata mampu menurunkan tekanan darah.

  1. Membuat Panjang Umur

Coklat pun mengandung zat yang mampu memperlambat penuaan yang artinya menjakian kita panjang umur. Konsumsi coklat secara teratur dapat mengurangi keriput dan melindungi kulit dari terbakar sinar matahari.

Dari hasil penelitian yang pernah dilakukan di Belanda yang diikuti oleh 200 pria di atas 20 tahun, menemukan bahwa para pria yang mengkonsumsi coklat coklat dalam jumlah besar, baik itu berupa cokelat susu maupun dark chocolate, hidup lebih lama dan telah menurunkan tingkat penyakit keseluruhan daripada pria yang makan coklat dalam jumlah sedikit atau tidak samasekali.

  1. Meningkatkan Gairah/ libido

Coklat juga dapat berperan sebagai afrodisiak, yaitu sebagai peningkat libido seseorang. Pengonsumsi coklat dipercaya memiliki gairah seksual lebih tinggi dibandingkan dengan yang tidak mengonsumsi coklat. Dikarenakan coklat memiliki zat yang dapat meningkatkan mood seseorang, sehingga dapat meningkatkan gairah seksual seseorang.

  1. Menghilangkan Stress

Coklat juga dianggap sebagai salah satu makanan yang dapat mengusir stres. Penelitian yang pernah dilakukan Universitas California, Sandiego, orang yang stres, mulai dari tingkat stres ringan hingga tingkat depresi, mereka mengaku makan coklat saat suasana hati mereka galau atau bad mood.

Macam Olahan Coklat

  1. Coklat batang (chocolate bar)

Coklat batang merupakan salah satu bentuk olahan coklat yang sangat umum kita temui. Olahan coklat ini terdiri dari banyak jenis mulai dari coklat putih (white chocolate), coklat susu (milk chocolate), semisweet chocolate, bittersweet chocolate, sampai dark chocolate yang sangat bagus untuk diet. Selain banyak varianya coklat batang ini memiliki isian yang juga bermacam – macam. Isian paling umum kita temui yaitu almond, mede, kacang, dan karamel. Selain isian – isian tersebut ada isian yang cukup unik juga seperti parutan kelapa. Coklat batang terbuat dari lemak kakao, bubuk kakao, dan pasta coklat. Pada sebagian produk lemak kakao ini diganti dengan CBS atau pensubstitusi lemak kakao dari minyak inti kelapa sawit atau minyak kelapa. Hayo siapa yang belum pernah makan coklat batang??

  1. Coklat praline

Coklat praline sering disebut juga permen coklat. Produk olahan coklat yang satu ini terbuat dari coklat compound pada umumnya atau coklat couverture. Olahan coklat ini dicetak dalam berbagai bentuk, maka dari itu coklat praline disebut juga sebagai coklat cetak. Coklat praline biasanya berisikan kacang – kacangan, buah kering, selai, atau krim. Coklat praline berasal dari Prancis, meskipun akhirnya Belgia dan Amerika Serikat juga menemukan cara membuat coklat praline. Di negara asalnya almond dan gula dihaluskan kemudian dimasukkan sebagai isian coklat. Belgia juga membuat coklat praline serupa dengan Prancis. Di Belgia coklat praline juga dapat diisi dengan buah ceri atau marzipan. Berbeda di dua negara lainnya, di Amerika Serikat praline disajikan serupa dengan kue yang bertekstur kenyal.

  1. Coklat truffle

Coklat truffle merupakan coklat yang dibuat dengan tangan, berbeda dengan coklat praline yang dibuat dengan cetakan. Secara bahan dan isian coklat truffle sama dengan coklat praline. Coklat truffle dibuat dengan cara melelehkan coklat batang dan kemudian dibentuk dengan menggunakan tangan. Kelihaian tangan menjadi penentu bagus atau tidaknya bentuk yang dihasilkan. Coklat truffle pada umumnya berbentuk bulat, kotak, atau kerucut. Coklat truffle yang asli berasal dari coklat ganache yang ditaburi dengan coklat bubuk. Namun saat ini coklat truffle dibuat lebih berkreasi dengan isian yang bermacam – macam.

  1. Selai Coklat

Olahan coklat ini merupakan olesan pasta yang berasal dari olahan coklat. Selai coklat biasanya sering digunakan untuk rasa dari roti.

Cara Membuat Selai Coklat

cara membuat selai coklat
cara membuat selai coklat

Bahan-bahan :

  • 2 sdm tepung terigu
  • 3 sdm coklat bubuk
  • 1 gelas air
  • 5 sdm gula pasir/ sesuai selera
  • 1 sacet susu kental manis coklat.
  • 1 sdt margarine

cara membuat selai coklat :

  1. campurkan semua bahan kecuali margarine,
  2. aduk rata sampai tidak ada yang bergerindil
  3. lalu nyalakan api kecil saja masak sampai kental dan meletup
  4. tambahkan margarine matikan api dinginkan, jika adonan terlalu kental tambah air panas sedikit.

Sekian informasi mengenai Cara Membuat Selai Coklat yang dapat kami sampaikan. Semoga bisa menjadi referensi bagi anda yang ingin mencoba membuat selai coklat sendiri di rumah.

Selain dapat dikonsumsi sehari-hari, selai coklat juga dapat menjadi bisnis yang cukup menguntungkan, karena banyaknya minat terhadap selai coklat ini sendiri. Jika anda dapat memproduksi cukup banyak maka anda dapat menjadikan selai coklat sebagai bisnis untuk dijual dan disetorkan ke toko – toko.

Untuk menambah menarik kemasan penjualan, anda dapat menggunakan mesin packing kardus supaya selai coklat yang sudah dikemas sebelumnya dapat dipacking dengan rapi dan menarik.

Anda juga dapat mencoba cara membuat manisan kedondong untuk usaha rumahan. Selamat mencoba…