Kita semua tentu tahu bahwa kelapa memiliki banyak sekali manfaat. Hampir seluruh bagian dari kelapa itu bisa kita manfaatkan.

Mulai dari sabut kelapanya, tempurungnya, airnya, sampai daging kelapanya! Dalam pembahasan kali ini, kita akan berfokus pada santan kelapa.

Santan kelapa merupakan salah satu hasil olahan dari daging kelapa yang memiliki beragam manfaat.

Di negara Thailand dan India, santan kelapa merupakan bahan dasar dari berbagai menu masakan di sana.

Ini menandakan kalau santan kelapa benar-benar populer di negara tersebut.  Selain bisa digunakan sebagai bahan konsumsi, ternyata santan kelapa juga bisa lho digunakan sebagai perawatan rambut.

Wah, bagaimana ya Cara Membuat Santan Kelapa Untuk Rambut? Simak ulasan berikut ini!

1. Menggunakan Kelapa Parut Kemasan

Jika Anda tak mau repot memarut kelapa, Anda bisa membeli Kelapa Parut dalam kemasan yang dijual di pasaran.

Belilah satu bungkus kelapa parut yang bebas gula. Kemudian siapkan dua gelas air dan panaskan di dalam panci di atas kompor.

Panaskan air tersebut hingga mendidih. Sembari menunggu airnya mendidih, siapkan blender.

Masukkan kelapa parut ke dalam blender. Kemudian setelah airnya mendidih, masukkan air itu ke dalam blender yang sudah berisi kelapa parut tadi.

Blender kedua campuran tersebut sampai benar-benar halus. Setelah selesai, siapkan sebuah mangkuk dan saringan tipis (bisa berupa kain tipis ataupun kertas penyaring kopi).

Saringlah dengan hati-hati. Hasil dari saringan tersebut adalah santan kelapa yang sudah siap digunakan untuk perawatan rambut. Mudah kan?

2. Menggunakan Kelapa Kering

Apakah Anda sudah tahu perbedaan antara kelapa parut dengan kelapa kering? Perbedaannya adalah ukuran kelapa kering itu cenderung lebih halus daripada kelapa parut.

Anda bisa mendapatkan kelapa kering ini di toko roti atau pun di toko makanan lain. Lalu bagaimana Cara Membuat Santan Kelapa Untuk Rambut dengan menggunakan kelapa kering?

Gampang! Siapkan kelapa kering dan susu (atau pakai air biasa juga bisa). Takaran susu atau air yang digunakan adalah sebanding dengan banyaknya kelapa kering yang digunakan.

Campur kelapa kering dan susu atau air tersebut. Kemudian panaskan dalam api kecil sekitar 2 sampai 4 menit aduk terus menerus.

Setelah selesai, saringlah hasil rebusan tersebut dengan menggunakan kain kasa. Santan pun siap digunakan.

3. Menggunakan Buah Kelapa Segar

Untuk mendapatkan santan kelapa yang benar-benar alami, kita perlu menggunakan buah kelapa segar. Pilihlah buah kelapa yang masih muda, kemudian belah menjadi dua bagian.

Simpan air kelapanya ke dalam sebuah wadah. Kemudian pastikan daging kelapanya masih bagus.

Cara untuk mengetahui apakah daging kelapanya masih bagus atau tidak adalah dengan menciumnya dan melihat warnanya.

Jika baunya masih segar dan warnanya putih serta masih terlihat lembab, itu berarti daging kelapanya masih bagus.

Keruk daging kelapanya sampai habis dengan menggunakan sendok pengeruk buah.

Masukkan air kelapa (yang tadi sudah disimpan di dalam wadah) ke dalam blender bersama dengan hasil kerukan daging kelapa.

Blender kedua campuran tersebut sampai benar-benar halus. Setelah halus, santan kelapa pun sudah siap digunakan untuk perawatan rambut.

Jika ingin menyimpannya untuk digunakan kembali, simpanlah di dalam kulkas supaya kualitasnya tetap terjaga.

Cara Membuat Santan Kelapa Untuk Rambut tidak begitu sulit kan? 😉

4. Menggunakan Kelapa Parut Segar

Pada poin ini, perbedaannya dengan poin yang pertama adalah pada bahan dasarnya. Jika pada poin pertama, Anda menggunakan parutan kelapa dalam kemasan.

Namun dalam poin ini, Anda menggunakan kelapa parut yang masih segar. Anda bisa memarut kelapanya sendiri. Pilih kelapa yang kualitasnya baik, lalu parutlah seperti biasa.

Setelah selesai, taruhlah kelapa parut tersebut ke dalam sebuah blender, kemudian tambahkan satu seperempat gelas air hangat. Blender kedua campuran itu hingga halus.

Setelah itu, saringlah santan kelapa tersebut di atas kain penyaring. Nah, air santan kelapa hasil saringan itu kini sudah bisa Anda gunakan untuk merawat rambut. Mudah bukan?

Itulah tadi beberapa tips Cara Membuat Santan Kelapa Untuk Rambut yang bisa dengan mudah Anda praktikkan di rumah.

Selamat mencoba! 🙂