Cara Membuat Puding Coklat – Siapa yang belum pernah makan coklat? Sepertinya semua orang sudah pernah makan coklat karena coklat adalah makanan enak yang banyak disukai. Definisi coklat sendiri sebenarnya adalah hasil olahan makanan atau minuman yang pembuatannya dari biji kakao.

Pada jaman dahulu, coklat hanya dikonsumsi oleh para bangsawan. Padahal kalau ditilik pada zaman sekarang, coklat sudah menjadi makanan yang kerap ditemui dimana pun kita berada. Di restoran-restoran, kita pasti akan menjumpai makanan atau minuman yang pembuatannya dari bahan coklat.

Puding Coklat, Salah Satu Olahan Makanan Dari Coklat

cara membuat puding coklat

Coklat dapat diolah menjadi makanan dan minuman yang rasanya sangat luar biasa enak. Makanan berupa coklat yang banyak kita temui adalah berupa nastar coklat, kue tart coklat, brownies coklat, bolu coklat, hingga puding coklat.

Nah, salah satu olahan makanan yang sangat mudah sekali dibuat adalah puding coklat. Puding coklat adalah makanan berbentuk jelly, teksturnya kenyal dan rasanya enak sekali. Biasanya puding coklat disajikan untuk makanan penutup atau dessert.

Wah jadi ingin makan puding coklat, ya? Sesuai dengan judul artikel ini, penulis akan membagikan artikel tentang cara membuat puding coklat yang sangat mudah dan dapat sekali anda coba di rumah.

Baca juga: 7 Manfaat Masker Coklat Ini Baik Untuk Kulitmu

Penasaran bagaimana cara membuat agar-agar colat ini? Yuk langsung cek saja di bawah ini!

Cara Membuat Puding Coklat

Bahan-bahan membuat puding coklat

  • Coklat bubuk sebanyak 2 sdm
  • Susu bubuk sebanyak 2 sdm
  • Tepung maizena sebanyak 1 sdm
  • Susu kental manis sebanyak 1 kaleng
  • Nutrijel coklat sebanyak 1 bungkus
  • Gula sebanyak 7-8 sdm
  • Air sebanyak 6 kaleng
  • Vla instan
  • Oreo

Alat-alat untuk membuat puding coklat

  • Wadah besar
  • Cetakan kecil sesuai selera

Cara membuat pudding coklat

  1. Pertama-tama, hal yang dilakukan dalam pembuatan puding coklat nutrijel ini adalah mecampurkan semua bahan (kecuali vla instan dan oreo). Aduklah hingga benar-benar rata.
  2. Cara berikutnya, masaklah semua bahan yang sudah dicampur rata sampai mendidih.
  3. Selanjutnya, masukkan puding dalam wadah cetakan kemudian tunggulah hingga dingin.
  4. Buatlah vla sesuai dengan petunjuk yang ada pada kemasan. Jika sudah jadi, tuangkan vla pada puding yang sudah dingin dan taburkanlah oreo yang sudah dihancurkan.
  5. Puding atau agar-agar coklat pun siap disajikan!

Nah itu tadi cara membuat puding coklat! Sangat mudah sekali, bukan? Pasti rasanya sangat maknyus sekali. Namun, ada tidak ya yang penasaran bagaimana cara membuat coklat itu? Dari biji kakao bisa disulap menjadi coklat? Simak saja di bawah ini!

Proses Pembuatan Bubuk Coklat

Proses pembuatan bubuk coklat dari biji kakao ternyata tidak sesulit yang dibayangkan, lho! Dalam pembuatan bubuk coklat ini dilakukan dengan cara mengambil semua biji kakao yang telah matang. Untuk menghilangkan lendirnya, perlu dilakukan fermentasi.

Setelah itu, biji kakao dikeringkan, dapat dikeringkan langsung di bawah terik matahari atau dengan alat pengering coklat. Proses berikutnya adalah penggorengan biji kakao dan pendinginan. Biji kakao yang sudah kering dapat ditumbuk atau digiling dan dijemur kembali selama seharian penuh.

Setelah proses penjemuran, jadilah bubuk coklat yang sudah dapat dikonsumsi. Begitulah proses pembuatan bubuk coklat.

Baca juga: Ini Dia Peluang Usaha Minuman Coklat Omset Ratusan Juta

Sekarang anda sudah tahu bagaimana cara membuat puding coklat dan proses pembuatan coklat. Nah, saatnya anda untuk berekperiment! Semoga berhasil!