Cara Membuat Permen Kristal

Cara Membuat Permen Kristal sangatlah menyenangkan karena kita harus telaten untuk mengeceknya setiap harinya agar dapat mengerti perkembangan permen tersebut dengan sebesar mana permen kristal itu yang kita inginkan.
Permen kristal juga dikenal sebagai permen Gula Batu berasal dari proses kristalisasi sukrosa (gula meja) menyerupai batu kristal. Anda dapat membuat gula kristal indah bening dengan gula dan air atau Anda dapat menambahkan pewarna makanan untuk mendapatkan kristal berwarna. Ini sederhana, aman, dan menyenangkan.
Cara Membuat Permen Kristal

Bahan:

  • 475 ml air
  • 800 gram gula pasir
  • 1 sendok teh perisa makanan, seperti peppermint atau jeruk lemon
  • 5 tetes pewarna makanan
  • stoples gelas
  • Tusukan sate dari kayu

Cara Membuat Permen Kristal:

  1. Campurkan gula dan air ke dalam panci.
  2. Aduk campuran tadi hingga rata.
  3. Tambahkan perisa makanan dan pewarna makanan. Permen kristal memiliki rona warna indah yang diperkuat dengan bentuknya yang seperti kristal alami. Pilih lah warna dengan rasa yang saling melengkapi satu sama lain. Anda dapat mencoba kombinasi klasik ini atau menciptakan kombinasi warna Anda sendiri:-Ungu dengan rasa aroma lavender.-Jingga dengan rasa aroma jeruk.-Merah muda dengan rasa aroma rose.-Merah dengan rasa kayu manis.
  4. Gantung tusuk sate di dalam larutan permen. Letakkan tusuk sate tersebut secara merata di sekitar stoples kaca dan sandarkan tusuk tersebut pada bibir stoples. Kencangkan tusuk tersebut dengan potongan kecil selotip, agar mereka tidak bergeser menyenggol satu sama lain ketika permen kristal terbentuk. Tutup stoples kaca tersebut dengan bungkus plastik untuk mencegah debu dan serangga masuk ke dalam stoples saat permen kristal tengah terbentuk.
  5. Tunggu sampai gula tadi berubah bentuk menjadi kristal. Dibutuhkan waktu sekitar satu sampai dua minggu agar gula dapat mengkristalisasi menjadi kristal cantik yang menempel pada tusuk sate.
  6. Keringkan permen kristal. Jika Anda sudah merasa puas dengan ukuran kristal yang terbentuk, keluarkan tusuk sate dari dalam stoples kaca dan tiriskan agar permen-permen itu mengering.
  7. Permen siap untuk dinikmati.

Simak artikel lainnya Camilan Unik Resep Stik Bawang Ubi Ungu