Berikut Ini Cara Membuat Permen Jelly Tanpa Dijemur

Berikut ini cara membuat permen jelly tanpa dijemur yang Anda ketahui adalah proses membuatnya yang sederhana dan memiliki tekstur yang kenyal.

Cara membuat jelly tanpa dijemur ini mempunyai kekenyalan yang seperti karet yang disukai banyak anak-anak, remaja hingga orang dewasa. Dengan rasanya yang enak dan lezat serta manis tak heran jikan banyak diminati oleh banyak orang.

Selain memiliki rasa yang manis, lezat serta enak, permen jelly ini memiliki warna-warna dan bentuk yang sangat unik. Dalam permen jelly ini memiliki bentuk yang sangat banyak.

Dari bentuk ikan, bunga, burger, daun dan lain sebagainya. Bentuk permen jelly ini juga sangat kenyal. Karena ada tambahan gelatin sedikit.

Baca juga : Berikut Ini Cara Membuat Permen Jelly Yang Sederhana Anti Gagal

Apa Itu Gelatin?

Gelatin merupakan produk alami yang diperoleh dari hidrolisis persial kolagen. Protein yang larut pada gelatin bisa bersifat sebagai gelling agent (bahan pembuat gel).

Gelatin ini biasanya dicampurkan didalam agar-agar atau jelly untuk menambahkan tektur yang lebih kenyal. Tetapi Anda memilih gelatin yang halal biasanya berasal dari gel sapi.

Oleh karena itu, jika Anda ingin membuat permen jelly, disini kami Akan memberikan langkah dan cara membuat permen jelly tanpa dijemur yang manis dan lezat dengan ala rumahan.

Langkah Dan Cara Membuat Permen Jelly Yang Manis

Bahan yang digunakan juga cukup mudah untuk di dapatkan, berikut ini bahan-bahan yang perlu di butuhkan untuk cara membuat permen jelly yang manis dan lezat dengan ala rumahan.

Baca juga : Ini Dia Resep Bakso Kenyal Goreng Yang Super Enak .

Bahan-Bahan :

  • 100 gram gelatin yang berasal dari sapi.
  • 200 ml air panas.
  • 160 ml air hangat.
  • 150 gram glukosa.
  • 600 gram gula kastor atau gula icing.
  • 1 sendok teh pengering.
  • 1 sendok makan citrun zur.
  • Essen buah secukupnya
  • Pewarna makanan secukupnya (sesuai dengan selesa yang Anda inginkan).

Cara Membuat Permen Jelly Tanpa Dijemur :

  • Cara membuat permen jelly tanpa dijemur ini Anda harus mengaduk bahan gelatin dengan air panas hingga tercampur merata, didihkan glukosa dan air hangat dan segera masukkan gelatin dengan air panas yang sudah dicampur, aduk dengan api bervolume kecil kurang lebih 10 menit.
  • Angkat adonan kemudian berikan citrun zur, setelah itu bagi menjadi beberapa bagian dan masing-masing diberi warna dan perasa yang sesuai dengan keinginan Anda..
  • Setelah itu cara membuat permen jelly tanpa dijemur adalah tuangkan adonan pada cetakan yang telah diolesi dengan minyak.
  • Cara membuat permen jelly tanpa dijemur yang selanjutnya adalah angin-anginkan adonan jelly kurang lebih selama 24 jam. Jika sudah benar-benar padat keluarkan dari cetakan dan letakkan pada nampan yang telah diberikan gula kastor dan tsudah diayak menjadi butiran-butiran yang lebih halus.
  • Simpan atau kemas cara membuat permen jelly tanpa dijemur dengan rapi dan menarik.

Keterangan :

Glukosa terbuat dari gula buah, hampir setara seperti simpel sirup tetapi lebih kental dan padat

Gelatin yang digunakan untuk cara membuat permen jelly tanpa dijemur terbuat dari sari tulang hewan, hati-hati dalam memilih gelatin (pilih yang halal) biasanya menggunakan gelatin dari sapi.

Gula kastor yang memiliki warna lebih putih dan butirannya terasa sangat halus

Pengering teksturnya hampir sama dengan baking powder,membelinya bisa di toko bahan kue.

Pewarna dan Essens buah, pilihlah yang untuk makanan khusus untuk permen kering dan basah.

Cara membuat permen jelly tanpa dijemur sudah selesai dan siap untuk dihidangkan. Bagaimana, sangat praktis bukan? Permen jelly ini tak perlu di jemur. Akan kering dan kenyal dengan sendirinya.

mulai sekarang Anda sudah tidak perlu membeli permen jelly tanpa dijemur, karena Anda sudah bisa membuatnya dengan langkah dan cara yang kami sampaikan ini.

Tektur kenyal pada permen jelly ini bersumber pada gelatin ini. Makanan manis ini biasannya sebagai sajian penutup saat makan sudah selesai.

Baiklah artikel yang kami sampaikan tentang cara membuat permen jelly tanpa dijemur semoga bermanfaat bagi Anda.

Selamat mencoba dan semoga berhasil.