Cara Membuat Permen Coklat Kurma Nikmat dan Mudah

Permen coklat adalah salah satu jenis permen yang sangat digemari oleh semua kalangan karena rasanya dan cara membuat permen coklat ini yang sangat simpel. Makanan yang satu ini tidak bisa dipisahkan dari rasanya yang manis dan dapat dipadukan dengan berbagai rasa. Permen coklat sering dibuat semenarik mungkin dari penampilannya yaitu dari segi warna. Anak-anak lebih tertarik dengan warna warni dan juga bentuk serta karakter permen yang beraneka ragam. Kali ini mari kita ulas bersama berbagai informasi dan cara membuat permen coklat kurma.

Image result for cara membuat permen coklat kurma

Pengertian Permen

Permen atau gula-gula adalah makanan berkalori tinggi yang berbahan dasar gula, air, dan sirup fruktosa. Tingginya kadar gula dalam permen menjadi salah satu penyebab gigi berlubang.

Kandungan Permen

1. Sukrosa dan Glukosa

Bahan utama untuk membuat permen adalah gula. Dalam bahasa ilmiahnya gula disebut juga dengan sukrosa. Sebagian besar permen memiliki rasa yang manis karena mengandung sukrosa atau gula pasir. Ini juga alasan mengapa nama lain permen adalah gula-gula. Selain itu, permen juga mengandung glukosa agar tekstur permen terasa lembut saat kita nikmati.

2. Sakarin atau Siklamat

Permen juga menganduk sakarin atau siklamat, yang merupakan gula buatan dan menghasilkan rasa yang sangat manis. Efek dari gula buatan ini menimbulkan rasa pahit di lidah kita. Sehingga, kebanyakan permen sekarang sudah tidak menggunakan bahan ini lagi.

3. Asam Malat atau Asam Sitrat

Asam Malat adalah kandungan asam organik yang ditambahkan pada permen untuk membuat rasa asam atau segar seperti strowberi, jeruk, atau rasa buah segar lainnya.

4. Zat Pewarna

Agar permen memiliki warna seperti yang sering dilihat, pemen juga mengandung zat pewarna. Seperti warna kuning menggunakan tartazin, atau warna merah menggunakan erythrosine atau karmin.

5. Zat Tambahan Lainnya

Sebagian permen juga diberikan kandungan tambahan seperti susu. Namun dengan kadar yang cukup sedikit, hanya untuk menambah cita rasa permen. Selain susu, dapat menggunakan ekstrak kopi, vanili, lemak sayuran leticin yang terdapat pada kacang kedelai, dan lainnya. Apabila jenis permen gel yang kenyal, biasa ditambahkan zat serat, terutama serat larut air seperti gel. Gel ini biasa berasal dari sari buah dan gelatin atau agar-agar.

Mengenal Kurma Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Kurma adalah tanaman palma (Arecaceae) dalam genus Phoenix, dan buahnya dapat dimakan. Tempat asalnya tidak diketahui karena telah lama dibudidayakan, kemungkinan tanaman ini berasal dari tanah sekitar Teluk Persia.

Pohonnya berukuran sedang dengan tinggi sekitar 15-25 m, tumbuh secara tunggal atau membentuk rumpun pada sejumlah batang dari sebuah sistem akar tunggal. Daunnya memiliki panjang 3-5 m, dengan duri pada tangkai daun, berbentuk menyirip dan mempunyai sekitar 150 pucuk daun muda. Sementara itu daun mudanya berukuran dengan panjang 30 cm dan lebar 2 cm. Rentangan penuh mahkotanya berkisar dari 6-10 m.

Manfaat mengkonsumsi kurma bagi kesehatan antara lain:

1. Melancarkan Pencernaan

Kurma termasuk dalam buah yang dapat “mencuci” perut, alias melancarkan pencernaan kamu. Tak heran kalau buah ini sangat direkomendasikan untuk kamu yang sering mengalami sembelit. Kurma mempunyai tingkat serat yang tinggi, sehingga mempermudah usus untuk mencerna makanan.

2. Memperkuat Tulang

Kurma yang telah dikeringkan mengandung selium, mangan, tembaga, dan magnesium yang mana jadi hal yang penting untuk pertumbuhan dan kekuatan tulang. Mengingat wanita lebih mudah terkena penyakit tulang seperti osteoporosis, tidak ada salahnya untuk rutin memasukkan buah kurma ke menu makanan.

3. Mengontrol Tekanan Darah

Kurma kaya akan potasium, dan mineral lainnya yang bisa menurunkan tekanan darah kamu. Belum lagi kurma juga mengandung serat yang tinggi. Serat sendiri dapat berfungsi untuk menstablikan level gula darah tubuh. Ada pula magnesium yang bisa melemaskan otot di jantung dan pembuluh darah kamu, membuat tekanan darah pun lebih terkontrol.

4. Meningkatkan Energi

Buah ini mempunyai kandungan gula alami yang tinggi, yaitu glukosa, fruktosa, dan sukrosa. Hal ini membuat kurma dapat meningkatkan energi dengan cepat, juga menjadikan kurma makanan yang identik saat bulan Ramadhan.

5. Meningkatkan Kemampuan Otak

Buah kurma dapat meningkatkan kecepatan dan kewaspadaan otak. Berkat kandungan potasium yang ada di dalamnya, kurma jadi buah yang ideal untuk mendorong kesehatan dan fungsi sistem saraf tubuh. Termasuk pula sistem saraf otak.

Kurma juga bermanfaat untuk mencegah timbulnya plak pada otak, sehingga kamu tidak rentan terkena penyakit Alzheimer. Meskipun untuk manfaat yang satu ini masih memerlukan penelitian yang lebih lanjut.

Cara Membuat Permen Kurma

Bahan Yang Digunakan:

  • 10 buah kurma, buang biji
  • 10 buah kacang mede utuh, goreng
  • 50 gram kacang almond, sangrai/panggang, remukkan
  • 100 gram cokelat masak/cokelat batang, potong-potong

Cara Membuat:

  1. Pilih kurma yang bertekstur agak keras dan keluarkan bijinya dengan cara memotong setengah bagian, namun jangan sampai terpotong keseluruhan.
  2. Masukan kacang mede utuh yang sudah digoreng hingga matang ke dalam kurma sebagai pengganti biji yang telah dikeluarkan tadi.
  3. Potong kurma menjadi dua bagian dan keluarkan bijinya, kemudian masukan kacang mede ke dalamnya sebagai pengganti biji, kemudian rapatkan.
  4. Lelehkan cokelat dengan cara ditim. Jangan menggunakan air mendidih untuk mengetim cokelat karena dapat menyebabkan cokelat menggumpal.
  5. Setelah kedua proses selesai, celupkan kurma yang telah berisi kacang mede tadi ke dalam cokelat yang telah dilelehkan satu per satu.
  6. Kurma yang telah berisi kacang mede tadi dicelupkan ke cokelat leleh. Dapat juga ditaburi dengan kacang almond setelah proses pencelupan selesai semua.
  7. Bekukan dengan memasukkan ke dalam kulkas.
  8. Permen kurma siap dinikmti.
  9. Selamat mencoba!

Cara Membuat Permen Coklat Keju

Bahan Yang Digunakan:

  • 100 gram buah kurma, potong kecil
  • 100 gram butter 25 gram maizena
  • 50 gram margarin
  • 50 gram palm sugar
  • 50 gram tepung gula
  • 1 sendok teh vanili bubuk
  • 100 gram keju (parut kasar)
  • 25 gram susu bubuk full cream
  • 1 butir telur ambil bagian kuningnya
  • 200 gram tepung terigu protein rendah

Bahan Toping:

  • 200 gram coklat warna putih (lelehkan)
  • 100 gram dark chocolate classic (lelehkan)

Cara Membuat:

  1. Siapkan mixer dan sebuah wadah berukuran cukup besar.
  2. Masukan butter, margarin, gula tepung, gula palem dan vanili ke dalam wadah.
  3. Aduk bahan dengan mixer hingga bahan benar-benar merata.
  4. Setelah bahan tersebu merata, tambahkan telur ke dalam adonan dan aduk lagi.
  5. Masukan kurma dan keju parut ke dalam adonan lalu aduk.
  6. Tambahkan tepung terigu, tepung maizena dan susu secara bertahap.
  7. Aduk adonan dengan spatula hingga adonan menjadi kalis.
  8. Jika sudah kalis, maka bentuk bulat-bulat memanjang adonan tersebut.
  9. Susun di atas loyang lalu olesi dengan mentega.
  10. Masukan dalam oven kemudian panggang hingga matang.
  11. Keluarkan adonan yang sudah matang di dalam oven.
  12. Dinginkan sebentar.
  13. Ambil coklat yang telah dilelehkan.
  14. Celupkan kurma ke dalam coklat leleh secara merata.
  15. Diamkan coklat selama beberapa saat hingga coklat mengeras.
  16. Hidangkan dan santap.
  17. Selamat mencoba!

Kunjungi juga Berikut Ini Cara Membuat Permen Jelly Tanpa Dijemur