Resep Alternatif Cara Membuat Pakan Lele Dari Daun Pepaya

Resep Alternatif Cara Membuat Pakan Lele Dari Daun Pepaya – Pakan lele adalah makanan untuk ikan lele yang akan berguna untuk pertumbuhan dan kualitasnya.
Pakan lele di alam adalah hewan-hewan kecil yang terdapat di sekitar habitat lele, di antaranya cacing, anak katak, plankton, jasad renik, dan hewan-hewan kecil lainnya.
Seiring perkembangan teknologi, maka pakan lele ini telah banyak diproduksi secara masal oleh pabrik.
Dengan pakan lele pabrikan ini, maka lele semakin mudah untuk dibudidayakan sebagai alternatif usaha untuk menambah penghasilan keluarga.
Namun pakan pabrik terbilang cukup mahal oleh karena itu, berikut ini kami sampaikan trik dan tips bagaimana cara membuat pakan lele berkualitas dengan bahan yang murah yang mudah kita dapatkan di lingkungan sekitar kita.
Resep ini telah banyak dipraktikan oleh para peternak lele dan hasilnya cukup memuaskan, jika ingin mencobanya, inilah resepnya:

Resep Alternatif Cara Membuat Pakan Lele Dari Daun Pepaya

Bahan-Bahan :

Daun :

  • turi
  • lamtoro
  • Daun pepaya
  • Daun kangkung
Resep ini tetap masih membutuhkan sumbangan protein dari pelet, namun jumlah pelet yang dibutuhkan tidak begitu banyak.
Dalam waktu 2 bulan ini dengan bibit lele sebanyak sekitar 1000 ekor hanya membutuhkan pelet pabrikan kurang lebih sebanyak 42 kg.
Sementara jika budidaya lele murninya menggunakan pakan dari pelet, untuk 1000 ekor lele sampai panen membutuhkan pelet sekitar 80 kg.

Cara Pemberian Pakan Lele

  1. Pada minggu I ini, benih lele ukuran sekitar 5-7 cm diberi pakan pelet sebanyak 2 kg, pada minggu II ini diberi pakan pelet sekitar 3 kg, pada minggu III diberi pakan sebanyak 4 kg.
  2. Minggu IV ini lele sudah mulai diberi makan berupa daun-daunan dan juga masih tetap diberi pakan berupa pelet. Pada minggu IV diberi pakan berupa peletnya 4 kg, daun turi 2 kg, lamtoro 1 kg, pepayanya 2 kg, dan juga kangkung 1 kg. Daun-daun itu harus dipotong dengan kecil-kecil agar lele mudah untuk memakannya nanti.
  3. Pada minggu V ini diberi pakan peletnya 5 kg, turi 2 kg, lamtoro 1 kg, pepaya 2 kg, dan juga kangkung sekitar 2 kg.
  4. Pada minggu VI diberi pakan pelet sekitar 6 kg, turi 3 kg, lamtoro 2 kg, pepaya 3 kg, dan juga kangkung 3 kgan.
  5. Minggu VII diberi pakan pelet 8 kg, turi 4 kg, lamtoro 2 kg, pepaya 4 kg, dan kangkung 4 kg.
  6. Minggu VIII diberi pakan berupa pelet 10 kg, turi 5 kg, lamtoro 3 kg, daun pepaya 5 kg, dan juga kangkung 5 kg.

Setelah lele berumur sekitar IV mingguan, pemberian daun-daunannya dapat langsung diberikan tanpa harus dipotong kecil-kecil, karena pada umur IV minggu lele ini sudah mulai besar dan lebih kuat. Daun kangkung dapat diganti menggunakan daun enceng gondok atau pun daun singkong.

5 Manfaat Daun Pepaya Bagi  Lele

1. Sterilisasi Air Kolam

Lele yang baru saja dimasukkan ke dalam kolam perlu untuk beradaptasi dan terbebas dari beragam penyakit pada ikan.

Untuk memperkecil kemungkinan terjadinya kerugian akibat banyak lele yang mati saat penebaran benih atau saat pembesaran dan pemeliharaan.

Maka kolam yang akan di gunakan perlu di strerilkan terlebih dahulu dengan cara menggunakan daun pepaya dan tangkainya di tumbuk halus terlebih dahulu, kemudian tebarkan ke seluruh kolam ikan lele dengan perbandingan 1 genggam untuk 1 m 2.

Dengan begitu maka kolam ikan ini akan terbebas dari berbagai jenis penyakit.

2. Daun Pepaya Obat Untuk Ikan Lele Agar Tetap Tenang Dan Juga Tidak Stress

Bukan hanya manusia saja yang membutuhkan ketenangan, namun ikan lele juga membutuhkannya.

Ikan lele yang baru di beli bisa dimasukan ke dalam kolam pembenihan atau penebaran yang telah di sterilkan terlebih dahulu.

Agar ikan tetap tenang maka perlu suatu cara, dan cara untuk  menenangkan ikan lele yaitu dengan menggunakan daun pepaya yang di rajang halus hingga mengeluarkan air, kemudian tebarkan air ke dalam kolam sebagai pakan ikan lele dan obat penenang.

3. Meningkatkan Kekebalan Tubuh Ikan Lele

Dalam suatu penelitian, daun pepaya terbukti sangatlah ampuh memiliki beragam manfaat.

Selain itu, ada juga kandungan tocophenol dan flavonoid yang memiliki daya antimikroba.

4. Daun Pepaya Penghilang Sifat Dari Kanibalisme Antar Ikan Lele

Ikan lele merupakan salah satu ikan yang memiliki sifat akan kanibalisme yang tinggi.

Untuk menghilangkannya yaitu dengan memberikan daun pepaya yang telah di cincang halus dengan campuran sedikit tetesan molase atau tebu.

Aduk hingga ramuan merata diamkan ±15 menit kemudian ramuan siap di sajikan dan di berikan kepada ikan lele.

5. Pakan Alami Ikan Lele

Tidak hanya dapat di gunakan sebagai penstabilan pH dari kolam, daun pepaya juga sangat bermanfaat sebagai pakan alami ikan lele.

Daun pepaya yang dimasukkan ke dalam kolam ini akan ditumbuhi dengan lumut dimana lumut tersebut akan dimakan oleh ikan-ikan lele yang sudah pasti makanan tersebut baik dan juga mengandung kandungan yang sangat menyehatkan ikan lele.

Sekian informasi tentang : Resep Alternatif Cara Membuat Pakan Lele Dari Daun Pepaya. Jika anda menginginkan informasi lainya anda bisa mengunjunggi artikel tentang : Cara Membuat Pakan Lele Dari Dedak Sederhana Dan Berkualitas