Cara Membuat Minyak Kelapa Untuk Wajah Dan Rambut

Cara Membuat Minyak Kelapa Untuk Wajah Dan Rambut itulah pembahasan kita pada kali ini.

Minyak kelapa murni / virgin coconut oil adalah minyak kelapa yang dibuat dari bahan baku kelapa segar, diproses dengan pemanasan terkendali atau tanpa pemanasan sama sekali, tanpa bahan kimia dan RDB.

Penyulingan minyak kelapa seperti di atas berakibat kandungan senyawa-senyawa esensial yang dibutuhkan tubuh tetap utuh.

Minyak kelapa murni dengan kandungan utama asam laurat ini memiliki sifat antibiotik, anti bakteri dan jamur.

Minyak kelapa murni, atau lebih dikenal dengan Virgin Coconut Oil (VCO), adalah modifikasi proses pembuatan minyak kelapa sehingga dihasilkan produk dengan kadar air dan kadar asam lemak bebas yang rendah, berwarna bening, berbau harum, serta mempunyai daya simpan yang cukup lama yaitu lebih dari 12 bulan.

Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Journal of Cosmetic Science tahun 2005 melaporkan bahwa minyak kelapa mampu menembus folikel rambut lebih banyak daripada bahan lain yang umum dalam conditioner.

Sehingga, minyak kelapa dapat menjaga kelembaban rambut dan membuat kulit kepala lebih sehat.

Minyak kelapa bebas silikon,alkohol,dan bahan kimia lainya yang dapat membuat ramput kita lebih buruk.

minyak kelapa juga dikatakan sebagai pencegah rambut agar tidak berketombe. Minyak kelapa akn mengurangi kadar minyak dengan menambahkan protein dan vitamin E pada rambut.

Kandungan utama dalam minyak kelapa murni adalah asam laurat. Dalam tubuh, asam laurat akan diubah menjadi senyawa monolaurin, sebuah senyawa monoglycine yang dapat merusak lapisan lipid pada virus seperti HIV, hepatitis, influenza dan bakteri patogen lainnya.

Cara Membuat Minyak Kelapa Untuk Wajah Dan Rambut

Keunggulan Minyak Kelapa

Tidak membutuhkan biaya yang mahal, karena bahan baku mudah didapat dengan harga yang murah
pengolahan yang sederhana dan tidak terlalu rumit.

Dan penggunaan energi yang minimal, karena tidak menggunakan bahan bakar, sehingga
kandungan kimia dan nutrisinya tetap terjaga terutama asam lemak dalam minyak.

Manfaat Minyak Kelapa Untuk Rambut

1.Untuk Melembutkan Rambut

Untuk membuat rambut anda lebih halus dari ujung pangkal sampai ujung rambut.

2.Dapat Melembabkan Rambut

Jika anda rutin menggunakan setiap hari,rambut anda akan lebih lembab dan lebih bagus. Kalau tidak percaya boleh dibuktikan sediri.

3.Untuk Mengatasi Rambut Bercabang

Dengan pemakain rutin setiap hari perlahan rambut anda yang bercabang akan hilang. Oleh karena itu anda harus coba agar rambut anda tidak bercabang. Sehingga anda tidak usah repot-repot memotong rambut anda yang bercabang

4.Untuk Conditioner Rambut Alami

Cara penggunannya cukup mudah yaitu dengan mengoleskan minyak kelapa keseluruh bagian rambut hingga merata, diamkan kurang lebih 30 menit lalu bilas dengan air bersih.

5.Untuk Menghilangkan Ketombe

Bagi anda yag berketombe,anda wajib menggunakan minyak kelapa ini dengan teratur supaya rambut anda tidak berketombe lagi.

caranya sangat mudah yaitu cukup dengan mengoleskan minyak kelapa pada ujung jari lalu pijat-pijatkanlah pada kulit kepala anda secara perlahan. Dengan penggunaan rutin perlahan-lahan ketombe pada kepala anda akan menghilang

6.Untuk Pertumbuhan Rambut

Untuk anda yang bingung dengan rambut anda yang sulit untuk tumbuh. anda gunakan saja minyak kelapa ini,minyak kelapa dapat merangsang supaya pertumbuhan rambut anda dengan cepat.

caranya sama dengan menghilangkan ketombe cukup anda oleskan di bagian kulit kepala anda dengan perlahan-lahan dan memijatnya agar merata.

7.Untuk Mengatasi Rambut Rontok

Bagi anda yang suka mengeluh kenpa rambut anda rontok terus, mungkin anda salah memakai sampo. Pakai aja minyak kelapa,caranya mudah sekali dengan mengoleskan minyak di bagaian kepala.

8.Dapat Mencegah Rambut Beruban

Untuk anda yang masih muda dan beruban gunakan saja minyak kelapa. Minyak kelapa ini dapat mengubah rambut anda yang sedang beruban agar menjadi hitam lagi.

Komposisi Minyak Kelapa Murni

Minyak kelapa terdiri dari lebih dari sembilan puluh persen dari lemak jenuh (Ups! Jangan panik dulu), dan dengan beberapa jenis asam lemak tak jenuh, seperti asam lemak tak jenuh tunggal dan asam lemak tak jenuh ganda. Minyak kelapa murnipun tidak jauh berbeda.

Poly-fenol: kelapa mengandung asam galat, yaitu asam fenolat. Yaitu poli-fenol yang seharusnya bertanggung jawab atas aroma dan rasa minyak kelapa. Minyak kelapa murni kaya akan poli-fenol.

Derivatif tertentudari asam lemak lain seperti betain, ethanolamide, etoksilat, ester lemak, polisorbat lemak, monogliserida dan poliol ester.

Klorida lemak, lemak alkohol sulfat dan asam lemak alk*hol eter sulfat, yang semuanya adalah turunan dari alkohol lemak.Vitamin-E , vitamin K dan mineral seperti zat besi.

Cara Membuat Minyak Kelapa Untuk Rambut

1.Cara Fermentasi Alami

Cara Membuat Minyak Kelapa Untuk Rambut yang tak kalah mudah adalah dengan cara fermentasi alami.

Untuk membuat minyak kelapa dengan cara fermentasi, lebih baik Anda memulai dengan jumlah kecil terlebih dahulu.

Pertama, parut daging kelapa, kemudian peraslah. Setelah diperas, taruhlah hasil perasan itu ke dalam botol transparan.

Diamkan selama kurang lebih 20 menit pada suhu 32 derajat celcius.

2.Cara Pemanasan

Cara Membuat Minyak Kelapa Untuk Rambut yang tak kalah mudah adalah dengan cara pemanasan.

Melalui cara ini, Anda lakukan teknik pembuatan santan seperti di atas. Kemudian santan yang sudah jadi, dimasak dalam api kecil.

Ketika memasak, aduk terus santan tersebut. Setelah cairan santan itu menjadi tebal, minyak mulai memisahkan diri dari cairan yang lain. Air akan menguap meninggalkan minyak.

Masak selama beberapa waktu yang diperlukan. Saat sudah selesai, dinginkan hasil masakan tersebut di suhu ruangan biasa.

Jika sudah dingin, masukkan minyak tersebut ke dalam sebuah botol bersih. Kini Anda sudah mendapatkan minyak kelapa untuk rambut.

4.Cara Penghancuran Dengan Air

Cara Membuat Minyak Kelapa Untuk Rambut yang tak kalah mudah adalah dengan cara penghancuran dengan air.

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memilih kelapa yang sudah tua (berwarna kecoklatan, bukan hijau seperti kelapa muda).

Yang kedua, keruklah daging kelapa dari tempurungnya. Kemudian potong daging kelapa tersebut menjadi kecil-kecil.

Setelah semuanya terpotong, masukkan potongan daging kelapa tersebut ke dalam blender. Tambahkan sedikit air, lalu lumatkan.

Setelah beres, saringlah campuran air kelapa tersebut. Siapkan coffee filter (saringan kopi dari kertas) atau kain kasa di atas sebuah wadah yang lebar.

Tuangkan campuran air kelapa tersebut di atas saringan. Peraslah saringan tesebut agar santannya keluar semua. Ulangi terus sampai campuran air kelapanya terperas habis.

Diamkan santan itu selama minimal 24 jam. Saat sudah mengental, santan dan minyak akan terpisah dengan sendirinya.

Kemudian di bagian permukaan akan muncul lapisan kental. Ambil semua lapisan kental tersebut

4.Cara Pendinginan

Cara Membuat Minyak Kelapa Untuk Rambut yang tak kalah mudah adalah dengan cara pendinginan.

Jika ingin menggunakan cara ini, pilihlah kelapa yang telah kering. Untuk membuatnya, bisa dengan cara memotong daging kelapa kecil-kecil.

Kemudian masukkan ke dalam oven (pasang suhu paling rendah). Pangganglah selama 8 jam atau sampai kelapa benar-benar kering.

Setelah itu, masukkan kelapa ke dalam juicer sedikit demi sedikit. Hal ini dilakukan supaya kelapa tidak menyumbat juicer.

Juicer tersebut akan memisahkan lapisan kental santan dan minyak dari serat kelapa. Lanjutkan terus hingga semua kelapa diproses dalam juicer.

Masukkan minyak kelapa ke dalam toples, lalu simpan di ruangan yang hangat. Tunggulah hingga kira-kira 24 jam.

Lapisan kental akan mengendap di dalam toples bagian bawah, sedangkan di bagian permukaan toples akan muncul minyak kelapa murni. Kemudian pisahkan lapisan tersebut.

5.Cara Perebusan

Cara Membuat Minyak Kelapa Untuk Rambut yang tak kalah mudah adalah dengan cara perebusan.

Siapkan satu liter air, kemudian rebus hingga muncul uap air. Kemudian siapkan dua buah kelapa yang sudah benar-benar tua dan berwarna cokelat (jangan gunakan kelapa muda lho, ya).

Setelah itu parutlah kedua kelapa tersebut. Masukkan hasil parutan kelapa ke dalam blender, lalu tuangkan air panas hasil rebusan tadi.

Jumlah air yang dimasukkan ke dalam blender jangan sampai melebihi setengah isi blender. Setelah selesai, siapkan kain kasa atau saringan di atas mangkuk.

Tuangkan hasil parutan kelapa dari dalam blender tadi di atas kain kasa atau saringan di atas mangkuk. Peras sekuat-kuatnya.

Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal lagi, tuangkan sisa air panas yang tadi sudah direbus ke atas parutan kelapa itu, kemudian peras lagi.

Setelah selesai, masaklah hasil perasan santan kelapa tadi di dalam panci dan aduk terus sampai airnya menguap dan lapisan kentalnya terpisah dari minyak dan warnanya berubah menjadi cokelat.

Proses memasak ini membutuhkan waktu satu jam. Jika ingin menggunakan proses yang lain, Anda bisa mendiamkan hasil saringan santan kelapa ini dalam suhu ruangan selama 24 jam.

Setelah didiamkan selama 24 jam, masukkan ke dalam kulkas supaya minyaknya menjadi padat dan mengembang di bagian permukaan mangkuk.

Ituah Cara Membuat Minyak Kelapa Untuk Rambut dan semoga bisa bermanfaat bagi anda semua

Disini kami tidak hanya menjelaskan tentang Cara Membuat Minyak Kelapa Untuk Rambut tapi kami juga menjelaskan penyebab rambut kering dan bagaimana mengatasinya.

Kelapa juga dapat kita jadikan sebagai tepung kelapa, yang nantinya dapat kita pakai sebagai bahan kue kelapa.

Sekian pembahasan kita pada kali ini semoga dapat bermanfaat bagi Anda, infopeluangusaharumahan sangat berterimakasih jika Anda dapat membagikan artikel ini kepada teman, kerabat Anda yang membutuhkan.