Minyak kelapa memang banyak sekali manfaatnya. Tidak hanya untuk dikonsumsi, tetapi juga bisa untuk merawat kecantikan.

Termasuk salah satunya adalah untuk merawat rambut agar tetap cantik dan sehat. Merawat rambut memang paling mudah datang ke salon.

Akan tetapi, untuk ke salon saja kita membutuhkan uang lebih. Selain itu, perawatan di salon tentunya tidak menggunakan bahan alami.

Lalu bagaimana caranya agar kita tetap bisa merawat rambut dengan cara alami dan tidak ribet?

Berikut ini Cara Membuat Minyak Kelapa Untuk Rambut tanpa ribet! Check this out!

1. Cara Fermentasi Alami

Untuk membuat minyak kelapa dengan cara fermentasi, lebih baik Anda memulai dengan jumlah kecil terlebih dahulu.

Pertama, parut daging kelapa, kemudian peraslah. Setelah diperas, taruhlah hasil perasan itu ke dalam botol transparan.

Diamkan selama kurang lebih 20 menit pada suhu 32 derajat celcius.

2. Cara Pemanasan

Melalui cara ini, Anda lakukan teknik pembuatan santan seperti di atas. Kemudian santan yang sudah jadi, dimasak dalam api kecil.

Ketika memasak, aduk terus santan tersebut. Setelah cairan santan itu menjadi tebal, minyak mulai memisahkan diri dari cairan yang lain. Air akan menguap meninggalkan minyak.

Masak selama beberapa waktu  yang diperlukan. Saat sudah selesai, dinginkan hasil masakan tersebut di suhu ruangan biasa.

Jika sudah dingin, masukkan minyak tersebut ke dalam sebuah botol bersih. Kini Anda sudah mendapatkan minyak kelapa untuk rambut.

3. Cara Penghancuran dengan Air

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memilih kelapa yang sudah tua (berwarna kecoklatan, bukan hijau seperti kelapa muda).

Yang kedua, keruklah daging kelapa dari tempurungnya. Kemudian potong daging kelapa tersebut menjadi kecil-kecil.

Setelah semuanya terpotong, masukkan potongan daging kelapa tersebut ke dalam blender. Tambahkan sedikit air, lalu lumatkan.

Setelah beres, saringlah campuran air kelapa tersebut. Siapkan coffee filter (saringan kopi dari kertas) atau kain kasa di atas sebuah wadah yang lebar.

Tuangkan campuran air kelapa tersebut di atas saringan. Peraslah saringan tesebut agar santannya keluar semua. Ulangi terus sampai campuran air kelapanya terperas habis.

Diamkan santan itu selama minimal 24 jam. Saat sudah mengental, santan dan minyak akan terpisah dengan sendirinya.

Kemudian di bagian permukaan akan muncul lapisan kental. Ambil semua lapisan kental tersebut hingga hanya tersisa minyak kelapa murninya.

Begitulah Cara Membuat Minyak Kelapa Untuk Rambut dengan metode penghancuran. Mudah bukan?

4. Cara Pendinginan

Jika ingin menggunakan cara ini, pilihlah kelapa yang telah kering. Untuk membuatnya, bisa dengan cara memotong daging kelapa kecil-kecil.

Kemudian masukkan ke dalam oven (pasang suhu paling rendah). Pangganglah selama 8 jam atau sampai kelapa benar-benar kering.

Setelah itu, masukkan kelapa ke dalam juicer sedikit demi sedikit. Hal ini dilakukan supaya kelapa tidak menyumbat juicer.

Juicer tersebut akan memisahkan lapisan kental santan dan minyak dari serat kelapa. Lanjutkan terus hingga semua kelapa diproses dalam juicer.

Masukkan minyak kelapa ke dalam toples, lalu simpan di ruangan yang hangat. Tunggulah hingga kira-kira 24 jam.

Lapisan kental akan mengendap di dalam toples bagian bawah, sedangkan di bagian permukaan toples akan muncul minyak kelapa murni. Pisahkan lapisan itu, minyak kelapa murni siap digunakan.

5. Cara Perebusan

Cara Membuat Minyak Kelapa Untuk Rambut yang tak kalah mudah adalah dengan cara perebusan.

Siapkan satu liter air, kemudian rebus hingga muncul uap air. Kemudian siapkan dua buah kelapa yang sudah benar-benar tua dan berwarna cokelat (jangan gunakan kelapa muda lho, ya).

Setelah itu parutlah kedua kelapa tersebut. Masukkan hasil parutan kelapa ke dalam blender, lalu tuangkan air panas hasil rebusan tadi.

Jumlah air yang dimasukkan ke dalam blender jangan sampai melebihi setengah isi blender. Setelah selesai, siapkan kain kasa atau saringan di atas mangkuk.

Tuangkan hasil parutan kelapa dari dalam blender tadi di atas kain kasa atau saringan di atas mangkuk. Peras sekuat-kuatnya.

Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal lagi, tuangkan sisa air panas yang tadi sudah direbus ke atas parutan kelapa itu, kemudian peras lagi.

Setelah selesai, masaklah hasil perasan santan kelapa tadi di dalam panci dan aduk terus sampai airnya menguap dan lapisan kentalnya terpisah dari minyak dan warnanya berubah menjadi cokelat.

Proses memasak ini membutuhkan waktu satu jam. Jika ingin menggunakan proses yang lain, Anda bisa mendiamkan hasil saringan santan kelapa ini dalam suhu ruangan selama 24 jam.

Setelah didiamkan selama 24 jam, masukkan ke dalam kulkas supaya minyaknya menjadi padat dan mengembang di bagian permukaan mangkuk.

 

Itulah Cara Membuat Minyak Kelapa Untuk Rambut. Tidak sulit kan?

Selamat mencoba! 🙂