Cara Membuat Mie Lidi Goreng.  Mie lidi atau dikenal juga dengan mie biting adalah salah satu makanan ringan atau jajanan yang umumnya dapat dijumpai dipenjual sekolah dasar atau SD, atau bisa juga ditemukan dipasar – pasar tradisional.

Nama mie lidi ini sendiri diberikan karena memang bentuk mie nya yang mirip dengan sapu lidi, yaitu kecil dan panjang. Namun selain disebut dengan nama mie lidi, jajanan yang satu ini juga sering disebut dengan nama mie biting.

Satu lagi jajanan kota Pemalang yang ngehitz dan populer dimana-mana setelah buah nanas dan selai nanas. Bernama mie lidi yang sering disebut mie lidi-lidian, mie biting dan mie lidi kering ini merupakan salah satu klethikan alias camilan unik melegenda di sana. Jajanan sederhana yang berupa mie berbentuk seperti lidi ini ada di daerah Cokra, Mulyoharjo Pemalang.

Di lansir dari kuliner Pemalang situs kabarpemalang.com, mie lidi ini merupakan mie kering yang memiliki bentuk bermacam-macam dengan variasi ukuran yang bisa di atur sesuai selera. Mulai dari mie lidi biting kering yang berdiameter kecil, sedang sampai mie lidi yang bentuknya agak besar. Untuk panjang mie lidi rata-rata kurang lebih 10 cm.

Mie lidi original menurut saya rasanya sepeti mie pada umumnya, yaitu hambar yang sedikit ada rasa gurihnya. Namun kini mie lidi di sulap menjadi camilan yang memiliki aneka rasa yang menggoda. Mulai dari mie lidi asin gurih, mie lidi pedas, mie lidi balado, mie lidi setan alias super pedas, mie lidi baberque, jagung dan masih banyak pilihan rasa lainnya.

Satu bungkus mie lidi pada umumnya di jual sekitar Rp 8.000,- hingga Rp 15.000,- per bungkus-nya. Harga mungkin di pengaruhi oleh rasa serta kemasan yang di pakai. Jadi harganya pun bervariasi dengan berat dan rasa yang bervariasi pula. Terlepas dari itu semua jajanan era 90-an ini memang layak untuk dicoba.

Cara Membuat Mie Lidi Goreng

Bahan dan Bumbu

  1. Mie Lidi 250 gr
  2. Air bersih 1 liter, dipakai untuk merebus mie
  3. Air bersih 100 ml
  4. Telur ayam 1 butir
  5. Cabai rawit 10 buah
  6. Jahe2 cm
  7. Bawang putih 4 siung
  8. Merica bubuk ½ sdt
  9. Ebi 1 sdm
  10. Kecap asin 2 sdm
  11. Gula pasir 1 sdt
  12. Daun bawang 1 batang, iris
  13. Saus tiram 1 sdm
  14. Minyak goreng 4 sdm

Cara Membuat Masakan Mie Lidi Bumbu Pedas Enak

  1. Masak mie lidi dengan cara direbus dalam 1 liter air mendidih. Tunggu sekitar 10 menit lamanua hingga mie merekah dan terasa kenyal, kemudian angkat dan tiriskan.
  2. Buat bumbu halus dengan cara mengulek halus cabai rawit, jahe, ebi dan bawang putih.
  3. Tumis bumbu halus yang sudah dibuat sampai tercium harumnya.
  4. Tambahkan tumis bumbu halus dengan telur ayam, orak-arik lalu bubuhi dengan gula pasir, merica bubuk serta siraman saus tiram, kecap manis dan air. Aduk merata.
  5. Tambahkan kembali masakan dengan mie lidi yang sudah direbus tadi, kemudian aduk merata supaya tercampur dengan bumbunya.
  6. Lengkapi masakan mie lidi goreng dengan irisan daun bawang. Aduk sekali lagi dan angkat setelah matang.
  7. Hidangkan mie lidi dengan pelengkap taburan irisan bawang merah goreng, acar timun, irisan tomat dan atau kerupuk udang.

Demikian artikel tentang Cara Membuat Mie Lidi Goreng .. hmmmm patinya lezat dan nikmat. Untuk kalian yang belum tau, semoga bermanfaat dan bisa membantun

Terimakasih.