Resep Juragan Manisan! Cara Membuat Manisan Kedondong Enak

Cara Membuat Manisan Kedondong

Cara Membuat Manisan Kedondong – Kebayakan dari masyarakat Indonesia mengetahui tentang buah kedondong hanya sebatas buah yang dapat dikonsumsi. Padahal dalam buah kedondong terdapat banyak kandugan gizi, manfaat, dan dapat diolah menjadi berbagai jenis-jenis makanan yang tentunya dapat menambah cita rasa dari buah kedondong tersebut. Untuk itu rasanya perlu untuk membahas segala hal yang berkaitan dengan buah kedondong.

"<yoastmark

Buah Kedondong

Kedondong merupakan tanaman buah yang dapat ditemui di daerah khatulistiwa atau tropis, buahnya mengandung lubang berserat yang dapat dimakan. Kedondong adalah tanaman buah yang tergolong ke dalam suku mangga-manggaan

Nilai Gizi Pada Buah Kedondong

Setelah mengetahui mengenai buah kedondong, mari kita simak apa saja sih gizi/nutrisi yang terkandung dalam buah ini :

  1. Kalsium

Buah kedondong, meskipun kecil, ternyata menurut penelitian memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi. Setiap 100 gram buah kedondong yang sudah matang, mengandung 15 mg kalsium. Manfaat kalsium yang terkandung di dalam buah  ini berguna untuk :

  • Menjaga kesehatan tulang
  • Mencegah terjadinya osteoporosis
  • Mencegah terjadinya penyakit jantung
  • Meninggikan badan / perkembangan tulang
  • Memperkuat struktur tulang
  1. Fosfor

Zat fosfor merupakan salah satu zat yang berdampingan dengan kalsium guna menjaga kesehatan tulang dan gigi. Setiap 100 gram buah kedondong yang sudah matang, mengandung 22 mg fosfor yang bermanfaat bagi tubuh. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari fosfor :

  • Meningkatkan kesehatan tulang dan gigi
  1. Zat besi

Zat besi merupakan salah satu zat yang terkandung dalam buah kedondong. Setiap 100 gram buah kedondong yang sudah matang mengandung sekitar 3 mg. Manfaat zat besi sendiri memiliki peran penting dalam tubuh, antara lain :

  • Meningkatkan kandungan darah di dalam tubuh
  • Mencegah terjadinya anemia
  • Mempercepat penyembuhan luka
  1. Vitamin A

Kedondong juga memiliki kandungan vitamin A. Setiap 100 gram buah kedondong yang sudah matang, terdapat 233 IU manfaat vitamin A, yang berfungsi untuk :

  • Menjaga kesehatan tubuh
  • Meningkatkan imunitas dan kekebalan tubuh
  • Menjaga kesehatan mata
  • Pencegah terjadinya gangguan pada mata
  • Dapat berfungsi sebagai manfaat antioksidan yang menangkal radikal bebas
  • Mencegah terjadinya penyakit kanker
  1. Vitamin B1

Bukan hanya Vitamin A, buah kedondong juga mengandung vitamin B, terutama vitamin B1. Jenis vitamin ini memiliki kandungan yang relatif kecil apabila dibandingkan dengan kandungan nutrisi buah kedondong lainnya, yaitu hanya sekitar 0.08 mg per 100 gr buah kedondong yang sudah matang.

Namun demikian, tetap saja vitamin B1 dapat memberikan manfaat bagi tubuh, antara lain :

  • Menjaga kesehatan tubuh
  • Menjaga kesehatan kulit
  • Membantu proses oksidasi di dalam tubuh
  1. Vitamin C

Vitamin C merupakan salah satu penyumbang nutrisi dari buah kedondong yang terbesar. Selain itu, vitamin C pada buah kedondong ini juga memberikan peran besar dalam menimbulkan rasa asam pada buah kedondong. Dalam 100 gr buah kedondong, terkandung vitamin C sebanyak 30 mg. Vitamin C memiliki banyak manfaat bagi tubuh, antara lain:

  • Baik untuk kesehatan tubuh kita
  • Pencegah terjadinya pendarahan
  • Mempercepat penyembuhan luka
  • Sebagai antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas
  • Mencegah terjadinya sariawan atau infeksi
  • Melancarkan pencernaan
  • Meningkatkan daya tahan dan imunitas tubuh

Manfaat Buah Kedondong

Manfaat dari buah kedondong tentu sangat banyak, yaitu :

  1. Obat batuk

Salah satu manfaat kedondong untuk penderita batuk adalah sebagai obat peredanya. Pengobatan dengan kedondong dapat dilakukan dengan mengolah kedondong menjadi halus kemudian menambah sedikit garam. Ramuan ini bisa diminum penderita batuk sehari dua kali.

2. Mengatasi diare

Buah kedondong juga ampuh untuk mengatasi diare. Hal ini karena buah yang satu ini memiliki kandungan anti bakteri yang bisa membunuh bakteri yang masuk ke dalam tubuh, termasuk bakteri yang ada pada pencernaan yang dapat memicu diare.

3. Obat anemia

Manfaat kedondong selanjutnya yaitu berkaitan dengan kandungan zat besi yang ada pada buah ini. Zat besi berfungsi sebagai senyawa untuk obat anemia karena penambahan sel darah merah dapat dibantu dengan mengonsumsi makanan dengan kandungan zat besi.

4. Menyehatkan mata

Buah kedondong juga memiliki kandungan vitamin A yang cukup bagus untuk membuat mata jauh lebih sehat. Buah ini cocok untuk penderita mata minus sejak kecil sehingga bisa mengurangi penurunan ketajaman mata.

5. Penyembuh luka

Kandungan vitamin A dalam buah kedondong juga bermanfaat untuk membantu proses penyembuhan luka dari dalam. Jika penyembuhan menggunakan obat luar untuk luka di kulit sudah dilakukan, Anda bisa mengimbanginya dengan mengonsumsi kedondong.

6. Meningkatkan daya tahan tubuh

Manfaat selanjutnya dari buah kedondong yaitu dapat dijadikan sebagai sumber makanan penguat daya tahan tubuh. Hal ini diperkuat dengan kandungan vitamin C. Daya tahan tubuh Anda akan semakin meningkat jika Anda memakan buah ini dengan teratur.

7. Mencegah penuaan dini

Kandungan vitamin C yang terdapat dalam kedondong akan bekerja melindungi sel dan molekul tubuh, sehingga penuaan dini yang terlalu cepat dapat dicegah. Dengan kandungan vitamin C yang cukup tinggi buah kedondong memiliki fungsi sebagai makanan yang bisa mencegah penuaan dini.

8. Mengontrol kadar kolesterol

Vitamin C yang terdapat dalam kedondong juga dapat berperan sebagai pengontrol kadar kolesterol dalam tubuh, karena vitamin C bisa membantu tubuh untuk meningkatkan kerja metabolisme, sehingga kadar kolesterol dapat lebih seimbang.

9. Anti oksidan

Vitamin C juga mampu menjadi penangkal radikal bebas. Sehingga sebagai buah yang memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi, buah kedondong merupakan buah yang cukup baik sebagai anti oksidan bagi tubuh.

Cara Membuat Manisan Kedondong

Cara Membuat Manisan Kedondong – Selain buah kedondong enak dinikmati langsung, ada beberapa cara yang dapat meningkatkan cita rasa buah kedondong yaotu dengan mengolah buah ini menjadi berbagai macam makanan lain yang tentukan tidak kalah lezat dengan menyantap buah kedondong secara langsung.

"<yoastmark

Salah satu olahan yang dapat kita coba yaitu manisan kedondong. Sesuai judul artikel Cara Membuat Manisan Kedondong, maka mari kita simak cara membuatnya.

Cara Membuat Manisan Kedondong

Bahan

  • 1/4 kg kedondong
  • 100 gram gula pasir
  • 2 sendok teh air kapur sirih
  • 1 sendok teh pewarna makanan, nggak pakai juga boleh
  • 1 sendok teh garam

Cara membuat

  1. Kupas buah kedondong, kemudian potong kecil memanjang, lalu cuci sampai bersih.
  2. Campurkan air dengan kapur sirih, lalu rendam kedondong selama 1 jam. Setelah itu angkat dan tiriskan.
  3. Setelah itu cuci lagi kedondong hingga benar-benar bersih lalu tiriskan lagi.
  4. Kemudian rebus air, lalu masukkan gula, garam, dan juga pewarna makanan, aduk hingga gula menjadi larut.
  5. Masukkan kedondong, tunggu sampai mendidih, lalu angkat dan dinginkan.
  6. Simpan manisan kedondong di dalam kulkas.
  7. Manisan kedondong siap untuk disajikan.

 

Demikian informasi mengenai Cara Membuat Manisan Kedondong yang bisa kami sampaikan. Semoga ini bisa menjadi referensi bagi anda jika ingin mencoba membuat dan memproduksi manisan kedondong buatan anda sendiri.

Selain bisa dikonsumsi sehari-hari, manisan kedondong ini bisa anda jadikan sebagai peluang bisnis yang menguntungkan, karena manisan kedondong menjadi salah satu makanan olahan dari buah kedondong yang cukup banyak digemari oleh masyarakat dari berbagai kalangan.

Tentu untuk menjadikan manisan kedondong sebagai bisnis, manisan kedondong perlu dikemas dengan menarik. Untuk mengemas makanan dapat menggunakan mesin label untuk memudahkan pengemasan. Anda juga bisa mencoba 3 usaha potensial di desa yang bisa bikin sukses.