Cara Membuat Kue Cucur Berserat | Kue cucur adalah kue tradisional di kawasan Asia Tenggara, termasuk Indonesia, Malaysia dan Thailand Selatan . Di Indonesia sendiri, kue cucur dapat ditemukan di seluruh pasar tradisional, akan tetapi, versi popularnya, adalah versi Betawi dari Jakarta.

Kue cucur memiliki sifat yang tebal di bagian tengah dan tipis di pinggirannya. Di Indonesia, khususnya daerah Ibu Kota Jakarta, makanan ini termasuk makanan adat yang mempunyai arti pada upacara-upacara adat budaya Betawi, kue cucur ini wajib dihidangkan dan harus ada.

Sedangkan di luar negeri seperti di Thailand Selatan, kue cucur ini sering sekali dihidangkan di festival dan upacara pernikahan. Sementara di Malaysia, kue cucur ini lebih ditujukan untuk jenis kudapan goreng.

Cara Membuat Kue Cucur Berserat

cara membuat kue cucur berserat

Bahan dalam Cara Membuat Kue Cucur Berserat

  • 125 gram gula merah
  • 2 lembar daun pandan
  • 1/4 sendok teh garam
  • 230 ml air
  • 125 gram tepung beras
  • 30 gram tepung terigu protein sedang

 Langkah dan Resep Membuat Kue Cucur Berserat :

  1. Hal pertama yang harus dilakukan adalah mendidihkan air sebanyak 200 ml, daun pandan dan gula merah hingga gula larut dan mendidih. Setelah itu saring dan diamkan sampai air rebusan tadi hangat.
  2. Kemudian, campurlah tepung beras, garam dan tepung terigu. Kemudian kita tuang larutan gula merah sedikit demi sedikit kemudian di aduk-aduk sampai semua adonan tadi tercampur merata.
  3. Setelah adonan kue yang dibuat tadi agak mengental, lalu pukul-pukulah adonan tadi selama kurang lebih 30 menit sambil diberi larutan gula merah sedikit hingga habis.
  4. Setelah proses pengadukan, lalu diamkan adonan kue cucur selama kurang lebih 40 menit.
  5. Langkah selanjutnya yaitu panaskan minyak goreng sebanyak 4 sendok makan kedalam cetakan kue cucur, yaitu wajan yang cekung.
  6. Langkah selanjutnya yaitu tuangkan adonan ke dalam cetakan dan siramlah dengan minyak panas sampai kue cucur mengembang dan berserat.
  7. Tusuk bagian tengah dari kue cucur dengan tusukan gigi. Lakukan sambil diputar putar agar bagian mentah pada kue cucur ikut matang. Dan juga di putar-putar.
  8. Angkatlah jika adonan kue cucur sudah matang
  9. Kue cucur siap untuk dihidangkan.

 

Tips Dalam Cara Membuat Kue Cucur Berserat

Untuk membuat kue cucur yang berserat dan menggelembung bagian tengah, pada umumnya tidaklah terlalu sulit. Hanya, kita harus mengetahui teknik pembuatannya dengan benar dan menggunakan bahan baku yang tepat, ini dia tips membuat kue cucur yang berserat dipinggiran kue yang membuat renda cantic pada kue ini:

  1. Memilih bahan

Tepung beras

Lebih baiknya jika kalian memilih tepung beras yang berasal dari beras pera yang  digiling halus. Karena terdapat kandungan gluten dalam jenis tepung beras  tersebut yang tergolong rendah, sehingga kue yang dihasilkan nantinya tidak akan keras.

Untuk memilih tepung beras yang berkualitas, pilihlah tepung beras yang kemasannya tidak berlubang, karena sekecil apapun lubang, tepung beras akan rentan terhadap udara lembab, mudah rusak, berbau dan berkutu, sehingga memengaruhi hasil kue yang nantinya dibuat.

Selanjutnya agar adonan tepung beras tidak keras, bias ditambahkan sedikit tepung terigu protein sedang. Dengan perbandingan antara tepung beras dan tepung terigu ialah 1 kg tepung beras : ½ kg tepung terigu.  Komposisi tersebut akan menghasilkan tekstur kue cucur yang tidak begitu keras dan akan terasa lentur saat digigit.

  1. Proses Pengadukan

Pada saat semua bahan dicampur jadi satu sambil dikepuk-kepuk alias di pukul-pukul dengan tangan selama kurang lebih 30 menit, hingga adonan terasa licin. Semakin lama mengepuk/ memukul adonan, akan semakin bagus serat yang nanti dihasilkan. Selanjutnya, diamkan adonan selama kurang lebih 8 hingga 10 jam dalam kulkas agar lebih rileks teksturnya.

  1. Proses Mengoreng

Untuk mengoreng adonan kue cucur, sebaiknya gunakan wajan yang tebal dan  cekung, agar bisa mengantarkan panas yang baik, dan agar tidak cepat gosong, karena jika menggunakan wajan biasa, kandungan gula dalam kue cucur akan membuatnya mudah gosong.

Saat menggoreng adonan, diamkan hingga melembung dan berserat pada bagian pinggirnya, lalu setelah ½  matang bagian tengah adonan ditusuk menggunakan tusuk sate, hingga mengeluarkan adonan mentah. Kemudian kue cucur digoyang-goyangkan agar mempercepat proses pematangan kue cucur ini.

  1. Penggunaan Minyak Goreng

         Terlebih dahulu panaskan minyak goreng di atas api kecil, lalu tuangkan adonan sebanyak   1 sendok sayur. Mengoreng kue cucur tidak dianjurkan menggunakan minyak goreng yang terlalu banyak, cukup 50 ml per satu buah kue cucur.

Minyak goreng yang kurang panas akan membuat serat kue cucur tidak terbentuk baik, sedangkan jika minyak terlalu panas,akan menghasilkan adonan gosong karena adanya kandungan gula di dalam kue cucur yang membuat mudah gosong sehingga tidak terbentuknya kue cucur yang berserat.

 

  1. Penyimpanan

       Pada umumnya kue cucur memiliki daya simpan yang relatif sangat singkat, karena kue ini termasuk kategori kue basah. Kue cucur yang matang sebaiknya jangan dibiarkan di keadaan terbuka, tetapi harus disimpan dalam wadah tertutup rapat, agar kue terhindar dari bakteri sehingga  tidak mudah berjamur atau kering karena tergolong kue basah.

 

Kandungan Gizi Dalam Cara Membuat Kue Cucur  Berserat:

  • mengandung energi sebesar 145 kilokalori
  • protein 2,39 gram
  • karbohidrat 31,36 gram
  • lemak 1,28 gram
  • kalsium 10 miligram
  • fosfor 31 miligram
  • dan zat besi 0,53 miligram.

 

Selain kandungan diatas tadi, di dalam Kue Cucur juga terkandung vitamin A sebanyak 0 IU, vitamin B1 0,02 miligram dan vitamin C 0 miligram.

 

Tepung beras sebagai bahan utama pembuatan kue ucur ini, memiliki berbagai manfaat antara lain yaitu

Tepung beras memiliki kandungan yang sama dengan beras asli yaitu sebagai berikut :

  • Karbohidrat merupakan salah satu sumber energi bagi tubuh. Energi yang diperlukan untuk membakar kalori pada lemak saat tubuh melakukan aktifitas seperti olahraga.
  • Zat besi yang memiliki fungsi untuk membantu sel darah merah mengikat oksigen untuk mencegah penyakit anemia.
  • Kalsium yang berfungsi baik untuk tulang dan mencegah penyakit lansia yaitu osteoporosis.
  • Protein yang berfungsi bagi kecantikan berguna untuk membantu meregenerasi sel – sel kulit mati untuk diganti dengan sel kulit baru yang lebih kenyal dan cerah. Juga mencegah timbulnya jerawat pada kulit.
  • Vitamin c yang berfungsi baik untuk mengatasi penyakit sariawan dan panas dalam.

Manfaat Tepung Beras Dalam Cara Membuat Kue Cucur Berserat

Selain untuk kesehatan, manfaat lainnya juga untuk kecantikan, yaitu sebagai berikut:

  1. Mengurangi noda hitam

Untuk mencegah dan juga mengurangi noda hitam pada wajah cobalah bahan alami seperti tepung beras. Penggunaannya bias diaplikasikan untuk masker wajah.

  1. Jerawat

Cara alami menghilangkan jerawat yang aman tanpa efek samping adalah tepung beras. Karena tepung beras memiliki senyawa protein yang membantu proses penyembuhan jerawat lebih cepat.

Jika Anda ingin kulit bersih maka banyak – banyaklah konsumsi vitamin C. Terutama yang alami, Anda juga dapat membaca cara membuat minuman lemon.

 

Peluang Usaha Kue Cucur Berserat

Konsumen

Peminat makanan kue cucur memang banyak disukai. Sebagian besar masyarakat sangat menyukai kue cucur ini. Mulai dari kalangan anak-anak hingga orang tua.

Persiapan Modal Untuk Usaha Kue Cucur

Modal usaha kue cucur nantinya digunakan untuk membeli bahan baku dan alat pendukung kelancaran menjalankan usaha. Modal yang diperlukan juga tidak terlalu besar, bisnis ini dapat dimulai dengan skala rumahan menggunakan modal kecil. Peralatan usaha kue cucur sebagian besar sudah dimiliki para ibu rumah tangga.

Pemilihan Mesin Yang Digunakan

Kue cucur dapat dijalankan dengan maksimal menggunakan mesin penepung disk mill. Penggunaan alat ini untuk memproduksi tepung. Hasil tepung yang diperoleh juga akan lebih halus, lembut sehingga dapat memproduksi kue cucur yang mengembang dengan sempurna.

Lokasi Berjualan

Untuk menjualkan kue cucur dilakukan dilokasi strategis tentu akan bisa mudah diketahui banyak orang dan juga ditempat yang ramai agar tidak sepi dari konsumen.