Cara Membuat Kripik Selai Pisang Renyah dan Gurih

Cara Membuat Kripik Selai Pisang Renyah dan Gurih – Pisang adalah jenis buah berry berbentuk bulat lonjong dan berwarna kuning, hijau, atau coklat dengan daging buah yang empuk dan umumnya manis. Pisang memiliki biji yang sangat halus bahkan aman ditelan.

Keripik pisang adalah makanan yang terbuat dari pisang yang diiris tipis kemudian digoreng dengan menggunakan tepung yang telah dibumbui. Biasanya rasanya adalah asin dengan aroma bawang yang gurih. Makanan ini tersebar hampir merata di seluruh Pulau Jawa

Cara Membuat Kripik Selai Pisang

Siapakan bahan-bahan

  1. 7 Pisang tanduk/sungu matang
  2. 3 sendok makan tepung beras
  3. 3 sendok makan tepung goreng pisang
  4. Air matang secukup nya
  5. Minyak untuk menggoreng

 

Langkah-langkah cara membuat kripik selai pisang

  1. Kupas pisang lalu iris tipis . mau panjang atau pendek sesuai selera. Lalu tata di nampah/ papan sambil di penyet pelan. Jemur di terik matahari min 2 hari. Bolak balik. Tips bolak baliknya pas pagi aja pas pisang agak lembab gak lengket.
  2. Buat adonan dengan mencampur tp beras dan tp goreng pisang dengan air. Encer saja biar gak tebal.
  3. Panaskan minyak api kecil saja.
  4. Celupkan pisang di adonan kibaskan sebelum masuk minyak biar tipis bisa renyah kriuk. Goreng sampai kekuningan jangan sampai gosong. Rawan soalnya pisangnya manis masih mengandung gula jadi gampang gosong

 

Manfaat Pisang Sangat Baik Untuk Kesehatan

Menambahkan pisang dalam menu diet harian, memiliki berbagai manfaat dalam tubuh. Pisang membantu tubuh mencapai tujuan penurunan berat, menjaga perut tetap sehat, memberikan nutrisi yang mengatur irama jantung dan memiliki senyawa vitamin untuk kesehatan mata.

 

1. Melancarkan peredaran darah

Pisang memiliki kandungan potasium yang baik untuk peredaran darah. Kandungan kalium mebantu mengatur tekanan darah. Hal ini dapat menekan resiko stroke yang menyebabkan timbulnya gejala penyakit jantung.

 

2. Membantu pencernaan pada usus

Serat yang terkandung dalam pisang sangat baik untuk mengurangi resiko sembelit. Tidak perlu menggunakan obat pencahar, cukup konsumsi saja buah pisang.

Mencampur pisang dengan segelas susu, membantu mengurangi resiko penyakit usus seperti yang berbahaya seperti terjadiya gejala kanker usus besar. Pisang digunakan untuk menahan inflamasi karena proses tersebut dapat dipercepat dengan vitamin C pisang.

 

3. Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat pisang membantu menjaga kesehatan mata. Pisang memiliki sejumlah vitamin A, yang larut dalam lemak dan sangat penting untuk melindungi mata. Senyawa ini melestarikan membran yang mengelilingi mata dan merupakan komponen dari salah satu protein yang membawa cahaya ke kornea.

Asupan vitamin A yang cukup juga mengurangi risiko kebutaan dan sangat penting untuk penglihatan sehari-hari.

Wanita membutuhkan 700 mikro gram vitamin A setiap hari, dan pria membutuhkan 900 mikro gram Satu pisang sebesar 6 inci, memiliki hampir 10 mikro gram vitamin A. Pisang juga mengandung alpha karoten dan beta karoten, yang diubah menjadi vitamin A untuk lebih menjaga kesehatan mata.

 

4. Menormalkan Fungsi Jantung

Mengkonsumsi pisang saat sarapan setiap hari, akan menambah nutrisi untuk tubuh yang mendukung fungsi jantung. Pisang kaya mineral yang disebut elektrolit kalium.

Ketika kalium masuk ke dalam tubuh, akan langsung ke dalam aliran darah melalui dinding usus. Kalium berjalan disekitar sel-sel di seluruh tubuh dan larut dalam cairan sel.

Proses ini terus mengalir di seluruh sistem tubuh, yang diperlukan untuk membuat jantung tetap berdetak. Dalam kasus kekurangan kalium yang parah, irama jantung mungkin menjadi tidak teratur, yang dapat mematikan.

 

5. Anemia

Kandungan FE ( zat besi)  menjadikan buah ini baik dikonsumsi untuk penderita kurang darah. Konsumsi 2 buah pisang perhari.

 

6. Asma

Sebuah studi yang dilakukan oleh Imperial College London menemukan bahwa anak-anak yang makan hanya satu buah pisang per hari memiliki peluang 34% lebih kecil untuk mengalami asma.

 

7. Liver

Buah pisang yang dicampur dengan madu, memberikan stimulan untuk nafsu makan bagi penderita lever.

 

8. Diabetes

Penelitian telah menunjukkan bahwa diabetes tipe 1, yang menkonsumsi diet tinggi serat memiliki kadar glukosa darah dan meningkatkan lipid dan insulin. Satu pisang ukuran sedang menyediakan sekitar 3 gram serat.

 

9. Diare

Jenis makanan seperti saus apel dan pisang, direkomendasikan untuk perawatan diare. Elektrolit seperti kalium, akan hilang dalam jumlah besar selama masa diare, sehingga dapat membuat penderita yang terkena dampak merasa lemah.