Cara Membuat Kipas Dari Bambu

Sebagai orang yang tinggal d Negara Indonesia, akhir-akhir ini kita pasti dihadapkan dengan cuaca yang tak menentu. Sering kali kita merasakan pagi yang begitu cerah, siang yang begitu panas hingga terasa membakar tubuh, kemudian sore yang hujan lebat tanpa henti.

Saat panas menerpa, kita pasti membutuhkan sesuatu yang dapat membuat tubuh kita sedikit merasa dingin. Salah satu benda itu adalah kipas.

cara membuat kipas dari bambu

Di Indonesia yang kaya dan subur akan tanahnya, menjadikan banyak tanaman tumbuh dengan baik. Tanaman yang tumbuh baik itu salah satunya adalah pohon bambu.

Berada di Negara ini, jika kita berkunjung ke desa-desa, pasti sangat mudah menemukan pohon bambu yang bergerombol. Bambu dapat digunakan untuk membuat kerajinan tangan.

Salah satu kerajinan tangan yang terbuat dari bambu adalah kipas. Pasti kita pernah berkipas-kipas menggunakan kipas dari bambu.

Mungkin bagi anda yang sering kondangan, pasti anda pernah mendapatkan kipas yang terbuat dari bambu dengan balutan kain. Jika anda berada di angkutan umum, banyak penjual yang juga menawarkan kipas bambunya.

Nah, artikel ini akan mengajak anda untuk mengetahui bagaimana cara membuat kipas dari bambu. Dengan mengetahui bagaimana cara membuat kipas dari bambu ini, mungkin anda jadi tertarik untuk berbisnis souvenir pernikahan kipas dari bambu!

Tanpa banyak basa-basi lagi, yuk simak tutorialnya berikut ini!

Cara membuat kipas dari bambu

Bahan-bahan untuk pembuatan kipas dari bambu

  • Bambu
  • Gergaji kecil
  • Pisau
  • Gunting
  • Lem
  • Kawat
  • Alat Bor
  • Pensil
  • Amplas
  • Tang

Cara membuat kipas dari bambu

  1. Langkah pertama dalam pembuatan kipas dari bambu adalah pemotongan bambu menggunakan gergaji kecil. Ukuran bambu dapat disesuaikan sesuai selera anda.
  2. Setelah bambu dipotong, langkah selanjutnya adalah pembelahan bambu menggunakan pisau. Bambu-bambu tersebut dibelah tipis-tipis menjadi beberapa bagian. Untuk pembuatan kipas dari bambu ini anda cukup menyiapkan sepuluh bambu yang sudah dibelah tipis-tipis.
  3. Sepuluh bambu yang sudah dibelah tipis-tipis diamplas agar menjadi halus dan jika dipegang, tangan anda tidak akan terluka. Jika anda merasa kesulitan dalam hal pemotongan dan pembelahan bambu, anda tidak perlu khawatir karena teknologi saat ini sudah cukup canggih sehingga anda dapat menggunakan mesin pengolah bambu.
  4. Sepuluh bambu yang sudah halus kemudian dilubangi bagian ujungnya menggunakan alat bor. Lubang tersebut berguna untuk menyatukan belahan bamboo yang satu dengan belahan bambu lainnya. Caranya satukan semua bambu kemudian masukkan kawat ke dalam lubangnya lalu dirapikan menggunakan tang.
  5. Jika semua bambu sudah bersatu, kini saatnya anda rentangkan bambu tersebut di lantai.
  6. Potong kain sesuai dengan bambu yang sudah anda rentangkan dan tempelkan kain tersebut pada bambu menggunaka lem sampai merekat.
  7. Kipas yang terbuat dari bambu sudah jadi dan sudah dapat anda gunakan!

Begitulah cara membuat kipas dari bambu. Caranya sangat mudah, bukan?

Jika anda masih merasa bingung bagaimana cara mendapatkan bambu-nya, anda dapat memotongnya sendiri di desa-desa yang memiliki banyak pohon bambu.

Tentunya anda harus berhati-hati karena pohon bambu memiliki ‘lugut’ yang dapat membuat tangan anda terluka atau gatal-gatal. Sebaiknya pemotongan bambu dilakukan oleh orang yang professional dalam bidang tersebut.

Jika anda kesulitan mencari bambunya, anda dapat membeli bambu di pasar-pasar tradisional. Banyak pasar-pasar tradisional yang menyediakan bambu-bambu dengan harga yang relatiif murah sehingga anda tidak perlu pusing-pusing mencari bambunya.

Setelah mengetahui bagaimana cara membuat bambu dari kipas, sebaiknya anda juga cari tahu tentang contoh kerajinan tangan dari bahan bambu ini. Anda dapat membuat macam-macam kreasi bambu yang unik dan menarik. Selamat mencoba!