CARA MEMBUAT KERUPUK TULANG LELE YANG NIKMAT

Cara membuat kerupuk tulang lele – Lele mengandung banyak gizi dan protein yang membantu kecerdasan otak anak. Banyak mengkonsumsi ikan lele juga dapat membatu meningkatkan kesuburan pria dan wanita.

Sumber Protein

ikan lele terkandung semua asam amino esensial lisin, metionin dan leusin dengan kadar protein yang tinggi.80% ikan tawar darat mengandung protein dengan kadar sistin dan metionin yang tinggi. Leusin membantu proses pertumbuhan pada anak, juga berguna untuk pembentukan dan perombakan otot. Lisin membantu proses pertumbuhan anak.

Kaya phospor

Phospor pada ikan lele yang mencapai 168 mg/ 100 gram terbukti lebih tinggi daripada yang terdapat di telur yang hanya 100 mg. Phospor berfungsi untuk memberi kekuatan dan energi dalam metabolisme lemak dan pati, menjadi penunjang kesehatan gusi dan gigi, membantu sistesis DNA, serta membantu penyerapan kalsium.

Rendah lemak

Lemak yang rendah ini banyak terdapat di bagian perut, terutama pada tubuh ikan bagian sebelah bawah serta yang terdapat di dalam hati ikan. Terdapat juga lemak yang bersifat komplek. Karena rendah lemak maka akan menekan kolesterol pada tubuh kita.

Berikut ini bahan-bahan yang dibutuhkan untuk pembuatan Kerupuk Tulang Ikan Lele. Agar apa yang diolah sesuai dengan harapan, perhatikan dengan seksama jumlah takarannya.

Bahan-bahan Kerupuk Tulang Lele:

  • Tulang-tulang ikan lele yang sudah di ambil dagingnya 50%
  • Tepung terigu 50%
  • Garam
  • Bawang

Selanjutnya langkah-langkah yang Anda harus lakukan dalam proses pengolahan Kerupuk Tulang Lele. Perhatikan setiap langkah dengan cermat, terutama pada hal-hal yang berkaitan dengan durasi pemrosesan dan takarannya, agar menghindarkan masakan Anda dari kegagalan hanya karena kurang teliti.

 

Cara Membuat Kerupuk Tulang Lele : 

  1. Rebus tulang ikan lele sampai lunak
  2. Blender tulang ikan yang sudah direbus
  3. Campur dengan bumbu-bumbu yang telah disiapkan
  4. Campurkan terigu takaran harus sama dengan tulang ikan lele
  5. Aduk sampai kais
  6. Bungkus dengan plastik
  7. Kukus adonan kerupuk tulang ikan lele dalam plastik hingga tercium harum
  8. kemudian tunggu sampai dingin
  9. Potong-potong sesuai selera dan keringkan
  10. Jadilah kerupuk tulang lele siap untuk digoreng

Baca juga :

Cemilan unik resep stik bawang ubi yg kekinian