Cara Membuat Kerupuk Bawang

Cara Membuat Kerupuk Bawang, Kerupuk Bawang merupakan makanan ringan  asli Indonesia. Makanan ringan yang satu ini terbuat dari tepung terigu dengan tambahan bawang putih sehingga memiliki rasa bawang putih, gurih, dan lezat. Cara umum pembuatan kerupuk melewati 3 proses persiapan yaitu, pengeringan kemudian pemasakan dengan digoreng atau dibakar. 

Kerupuk pada umumnya dibuat dari tepung tapioka yang dicampur dengan bahan seperti perasa udang atau ikan. Namun belakangan kerupuk tak hanya dibuat dari udang maupun ikan, ada pula dari jengkol maupun bawang.

Baca Juga: cara memotong bawang yang benar

Cara Pembuatan Kerupuk Bawang

Jika kalian termasuk penikmat kerupuk, bisa juga dijadikan sebagai makanan camilan. Meski mudah, tak ada salahnya untuk mencoba membuat kerupuk sendiri ditemukan di rumah agar lebih higienis. Selain dapat dikonsumsi sendiri, bisa juga untuk dibagikan ke tetangga ataupun dijual belikan.

Berikut ini ada beberapa cara membuat  kerupuk bawang  hingga ikan yang enak, gurih, dan praktis 

Tidak perlu repot beli jika bisa buat sendiri, termasuk jika kamu suka banget sama kerupuk bawang putih. Bahan dan cara buatnya mudah, ini resepnya.

Bahan-Bahan Pembuatan Kerupuk Bawang:

  • 500 gr tepung terigu
  • 5 siung bawang putih
  • 5 siung bawang merah
  • 2 sdt garam
  • 1/2 sdt bubuk merica
  • 1 sdt ketumbar bubuk
  • udara matang secukupnya
  • minyak untuk menggoreng
  • 1 sdt soda kue

Cara Pembuatan Kerupuk Bawang:

  1. Haluskan bumbu bawang putih dan bawang merah.
  2. Campur dengan tepung, bumbu merica, ketumbar, soda kue, garam dan air.
  3. Uleni hingga jadi adonan kalis.
  4. Bungkus dengan adonan plastik atau daun pisang.
  5. Kukus kurang lebih 3 sampai dengan 4 jam hingga adonan matang.
  6. Setelah matang, keluarkan dari pengukus dan iris tipis hingga habis.
  7. Kemudian tata di tampah lalu jemur hingga kering.
  8. Setelah benar-benar kering, goreng kerupuk hingga mereka.
  9. Angkat dan tiriskan.

Kerupuk bawang putih siap disajikan sebagai camilan atau pendamping makanan.

Pemasaran Usaha Kerupuk Bawang

Supaya usaha kerupuk bawang dapat berjalan dengan maksimal tentunya perlu strategi pemasaran yang tepat. Strategi pemasaran keripik bawang dapat di lakukan dengan cara membuat  cita rasa kerupuk bawang yang nikmat. Dengan membuat cita rasa yang nikmat maka bisa menarik minat dari konsumen sendiri.

Sebenarnya kerupuk bawang juga bisa di jual secara langsung kepada konsumen. Selain itu, Anda bisa menitipkan produk keripik bawang pada warung-warung disekitar. Pemasaran sebuah bisnis kini juga bisa di lakukan melalui media sosial agar keberadaan bisnis kerupuk bawang mudah di ketahui masyarakat luas.

Persiapan Ketika Memulai Usaha Kerupuk Bawang

Ketika ingin menjalani usaha kerupuk bawang juga perlu menyiapkan modal usaha. Modal usaha ini yang nantinya di gunakan untuk membeli bahan baku , peralatan maupun perlengkapan dalam sebuah usaha. Mengenai modal usaha dalam memulai bisnis keripik bawang memang tidak perlu berfikir pusing. Hal ini di karenakan usaha produksi kerupuk bawang ini bisa di mulai dalam skala kecil.

Info Usaha Kerupuk Bawang

Produk kerupuk bawang menjadi sebuah produk yang kini banyak di minati oleh berbagai kalangan. Kerupuk bawang pun kini juga sangat mudah di produksi, di mana pengolahan kerupuk bawang memang sangat simpel. Memulai usaha kerupuk bawang bisa di awali dengan modal yang tidak terlalu besar.

Sehingga membuat usaha kerupuk bawang kini banyak di tekuni masyarakat luas. Peluang usaha kerupuk bawang juga masih terbuka lebar untuk siapa saja yang ingin memperoleh laba yang lebih besar.

Demikian informasi menarik mengenai cara membuat kerupuk bawang dan contoh analisa usahanya. Nah, Semoga dengan artikel yang telah kami sampaikan mengenai peluang usaha di atas bisa bermanfaat serta berguna untuk Anda semua. Anda juga bisa mencari informasi cara mengiris bawang dengan cepat disini

Semoga informasi ini dapat memberi referensi untuk acuan bagi Anda yang saat ini masih bingung dalam mencari maupun memilih usaha makanan maupun minuman apa yang sesuai untuk Anda jalani. Terima kasih semoga bermanfaat